Tips Mengatasi Nyeri Haid

Tips Mengatasi Nyeri Haid

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Tips Mengatasi Nyeri Haid , Obat Tradisional Nyeri Sendi , Obat Tradisional Saraf Kejepit , Ramuan Tradisional Susah Buang Air Kecil , Obat Tradisional Sakit Kuning , Obat Kudis Tradisional , Obat Tradisional Rahim Bengkak , Obat Tradisional Perut Kembung Dan Keras

Tips Mengatasi Nyeri Haid

Menstruasihaid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. Selain manusia, periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar, sementara binatang-binatang menyusui lainnya mengalami siklus estrus. Nah tentu saja saat datang haid pasti kebanyakan dai anda mengalami nyeri haid , nah untuk itu bagi anda yang ingin mengatasi nyeri haid , kami akan memberikan anda solusinya , berikut ini adalah ulasan mengenai Tips Mengatasi Nyeri Haid  :

  • Air hangat
    Memberikan kompres hangat pada perut yang sakit mampu melemaskan otot yang kram, mencegah rasa begah saat menstruasi, dan meningkatkan aliran darah di tubuh. Selain dikompres, Anda juga bisa memanfaatkan obat nyeri haid alami ini dengan cara minum air hangat untuk mengurangi nyeri haid.
  • Pijat
    Memberikan pijatan pada perut dan punggung bagian bawah dengan gerakan memutar secara perlahan dapat membantu mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi. Anda juga bisa berbaring terlentang sambil menaikkan kaki ke atas atau berbaring miring dengan menekuk lutut sebagai obat nyeri haid alami.
  • Makanan bergizi
    Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen atau makanan yang kaya akan magnesium, vitamin B6, vitamin B1, asam lemak omega-3, dan vitamin E diduga dapat mengurangi kram ketika menstruasi secara efektif. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Anda pun dianjurkan untuk menghindari minuman beralkohol dan rokok karena hanya akan membuat nyeri haid menjadi semakin parah.
  • Olahraga
    Nyeri haid bisa membuat Anda menjadi enggan beranjak dari tempat tidur. Namun ternyata, bergerak dan berolahraga justru bisa membuat rasa sakit menghilang. Ketika berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang bekerja sebagai penghilang rasa sakit. Anda bisa mempraktikkan olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga, jogging, berenang, atau bersepeda.
  • Teh herbal
    Penelitian menunjukkan bahwa minum teh herbal seperti teh chamomile dan teh jahe bisa menjadi obat nyeri haid alami karena membantu melemaskan otot-otot yang tegang serta menghilangkan rasa nyeri selama haid.
  • Aromaterapi
    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menggosokkan minyak aromaterapi mawar, lavender, cengkeh, dan kayu manis ke daerah yang sakit dapat meredakan kram menstruasi secara signifikan.

Selain dengan cara alami, meredakan sakit perut ketika menstruasi juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat pereda nyeri haid seperti paracetamol, ibuprofen, dan asam mefenamat. Tentunya tidak melebihi dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Obat nyeri haid alami di atas bisa Anda coba untuk mengurangi rasa sakit yang muncul selama haid. Jangan sungkan untuk memeriksakan diri ke dokter apabila kram dan nyeri haid yang Anda rasakan sangat parah. Terkadang, nyeri haid juga dapat disebabkan oleh kondisi medis, seperti endometriosis, radang panggul, fibroid, atau adenomiosis.

IndoPrimbon