Manfaat Centella Asiatica Untuk Kesehatan

Manfaat Centella Asiatica Untuk Kesehatan

Centella asiatica diklaim dapat mengatasi sejumlah keluhan pada kulit, seperti kulit kering, berjerawat, atau luka. Namun, benarkah demikian? Mari kenali apa itu Centella asiatica dan manfaatnya secara medis untuk kesehatan kulit.

Di Indonesia, Centella asiatica dikenal dengan nama daun pegagan. Akhir-akhir ini, Centella asiatica menjadi perbincangan di tengah masyarakat karena khasiatnya dinilai sangat baik untuk kecantikan, dan ada banyak produk perawatan wajah yang kini dibuat dengan menambahkan ekstrak tanaman ini. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Manfaat Centella Asiatica Untuk Kesehatan .

1. Bahan untuk perawatan wajah

Ini 7 Manfaat Centella Asiatica untuk Kesehatan, Sudah Pernah Tahu?

Centella asiatica sekarang menjadi bahan untuk produk perawatan wajah. Hal tersebut dikarenakan. Tumbuhan ini mengandung antidioksida dan punya kandungan yang dapat meningkatkan kulit. Biasanya ia terdapat pada produk yang bisa menghilangkan bekas luka, kerutan dan noda.

Jadi kandungan Centella asiatica akan membuat kulit kita tetap terlihat indah walaupun bekas luka. Melansir organicfacts.com¸ bisa juga untuk mengurangi tanda-tanda penuaan.

2. Bisa juga menyembuhkan luka

Ini 7 Manfaat Centella Asiatica untuk Kesehatan, Sudah Pernah Tahu?

Melansir dari webmd.comCentella asiatica dapat menambah jaringan kulit yang luka. Seperti mengoleskan suatu krim yang mengandung tumbuhan ini dengan dua kali sehari selama 6-8 minggu, dapat menghilangkan bekas jahitan.

Centella asiatica memiliki saponins (ekstrak jika kena air akan berbusa) dan kandungan organik lainnya yang dapat membantu dalam proses penyembuhan luka. Situs Organic Facts menuliskan bahwa ia akan membantu stimulasikan aliran darah ke sel, dan melindungi kulit dari infeksi. Bantu mempercepat juga proses penyembuhan.

Cara tradisional yang dilakukan adalah dengan mengunyah dahulu daunnya. Setelah jadi hijau gelap, taruh daunnya menjadi bungkus luka, dan tinggalkan selama sehari. Proses penyembuhan bergantung juga dengan luka yang ada.

3. Mengurangi rambut rontok

Ini 7 Manfaat Centella Asiatica untuk Kesehatan, Sudah Pernah Tahu?

Ada kandungan dalam tumbuhan ini yang dapat merendahkan stres dan kandungan radikal, yang biasanya menjadi penyebab rambut rontok. Melansir dari Organic Facts, sedikit campuran Centella asiatica, dengan dicampur aloe vera, dan beberapa hal lainnya, lalu oles di bagian rambutmu

4. Merendahkan emosi

Ini 7 Manfaat Centella Asiatica untuk Kesehatan, Sudah Pernah Tahu?

Tak hanya berkhasiat untuk kulit, Centella asiatica juga dapat merendahkan hormon stres dalam tubuh. Seperti mengurangi tingkat kortisol, serotonin, dan dopamin.

Tumbuhan ini memiliki sifat anti-inflamasi (dapat meredakan panas), dan berfungsi untuk menurunkan tanda depresi. Mengutip dari organicfacts, ada yang menganggap Centella asiatica meningkatkan kerohanian, jadi disebut ‘Ramuan Pencerahan’.

5. Membantu menjaga tingkat gula darah

Ini 7 Manfaat Centella Asiatica untuk Kesehatan, Sudah Pernah Tahu?

Orang Khasis mengenal bahwa Centella asiatica dapat bantu mengontrol tingkat gula darah. Caranya cukup mudah, hanya dengan merendam daun semalaman dalam air panas. Keesokan harinya, air hasil rendam dikonsumsi. Centella asiatica dapat membantu mencegah gejala diabetes.

6. Enak untuk persendian

Ini 7 Manfaat Centella Asiatica untuk Kesehatan, Sudah Pernah Tahu?

Akibat sifat Centella asiatica yang anti-inflamasi, dapat bantu meringankan sendi-sendi yang sakit. Melansir explorers.zizira.com, obat herbalnya dibuat untuk mengobati penyakit arthritis.

7. Dapat bantu menyamarkan scretch mark saat hamil

Ini 7 Manfaat Centella Asiatica untuk Kesehatan, Sudah Pernah Tahu?

Melansir dari webmd.com, ada penelitian yang menunjukkan bahwa menggunakan Centella asiatica dengan vitamin E, dan senyawa kolagen saat hamil 6 bulan, dapat mengurangi stretch mark. Namun, ada beberapa penelitian lainnya yang menunjukkan hal yang sama. Namun, belum dapat dikatakan jika efek tersebut akibat Centella asiatica atau kandungan yang lain.

Itulah tujuh manfaat yang dapat dihasilkan dengan menggunakan tumbuhan herbal, Centella asiatica. Coba cek, apakah Centella asiatica ada di dalam produk yang biasa kamu pakai?

Khasiat Daun Kelor

Khasiat Daun Kelor

Mungkin selama ini banyak masyarakat yang menganggap bahwa manfaat daun kelor identik dengan mistik. Itu memang benar, sebab kelor biasanya digunakan sebagai metode untuk mengusir makhluk tak kasatmata. Selain itu, daun kelor juga dikenal sebagai bahan untuk memandikan jenazah guna mengusir seluruh aura negatif yang masih menempel. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak khasiat daun kelor bagi kesehatan tubuh lho?

Daun kelor memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Hal tersebut juga dikuatkan dengan hasil yang dikeluarkan oleh data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengatakan bahwa manfaat daun kelor bagi kesehatan di antaranya dapat membantu perkembangan tubuh serta menjadi obat tradisional untuk berbagai macam penyakit. Apa yang menjadikan daun kelor bermanfaat adalah berbagai kandungannya yang begitu melimpah. Untuk itu berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Khasiat Daun Kelor .

1. Menyembuhkan edema

Intip 8 Manfaat Kesehatan Daun Kelor, Pencegah Kanker dan Diabetes

Edema adalah pembengkakan di bagian tubuh tertentu karena jaringan terisi oleh air. Biasanya ia menyerang kaki dan tangan. Biasanya edema dapat sembuh dengan sendirinya.

Akan tetapi untuk mempercepat proses tersebut kamu dapat mengonsumsi daun kelor. Sifat antiinflamasi yang dikandungnya dapat memperbaiki jaringan yang meradang.

2. Mencegah dan membantu penyembuhan kanker

Intip 8 Manfaat Kesehatan Daun Kelor, Pencegah Kanker dan Diabetes

Kandungan daun kelor ternyata dapat cocok untuk mencegah perkembangan kanker. Dilansir dari Medical News Today, tumbuhan tersebut mengandung niazimicin, senyawa yang dapat memerangi sel kanker. Tak hanya itu, kandungan beta-sitosterolnya pun mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker usus besar dan prostat.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Intip 8 Manfaat Kesehatan Daun Kelor, Pencegah Kanker dan Diabetes

Pada umumnya orang akan memperbanyak konsumsi wortel, tomat, dan pepaya untuk menyehatkan matanya. Namun ternyata daun kelor pun dapat melakukannya lho.

Ia kaya akan vitamin A dan antioksidan yang bagus untuk meningkatkan kesehatan penglihatan kita. Tak hanya itu, dilansir dari Health Line, daun kelor dapat mencegah disfungsi retina, penebalan kapiler pada mata, dan penebalan pembuluh retina.

4. Membantu mencegah diabetes

Intip 8 Manfaat Kesehatan Daun Kelor, Pencegah Kanker dan Diabetes

Tingginya kadar gula darah dapat menjadi masalah yang serius, salah satunya adalah diabetes. Daun kelor dapat menjadi solusi dari masalah tersebut. Khasiat ini sudah dibuktikan melalui beberapa studi medis.

Salah satunya adalah penelitian dari Journal of Food Science and Technology pada tahun 2014. Para peneliti meminta subjek penelitian untuk mengonsumsi 50 gram daun kelor setiap harinya. Alhasil, gula darah pun turun sebesar 21 persen dalam waktu tiga bulan.

5. Menurunkan kolesterol

Intip 8 Manfaat Kesehatan Daun Kelor, Pencegah Kanker dan Diabetes

Kadar kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit jantung. Untung saja, ada banyak cara untuk menurunkannnya, termasuk dengan mengonsumsi daun kelor. Studi dari Mahidol University di Thailand mengatakan bahwa tumbuhan tersebut memiliki sifat hypocholesterolemic, atau kaya akan kolesterol baik dan dapat menurunkan kolesterol jahat.

6. Memerangi inflamasi

Intip 8 Manfaat Kesehatan Daun Kelor, Pencegah Kanker dan Diabetes

Seperti kunyit, daun kelor memiliki sifat antiinflamasi yang sangat kuat. Daun kelor atau moringa dapat mengurangi dampak inflamasi dengan cara menekan enzim pemicu dan protein di dalam tubuh. Jadi ketika kamu menderita penyakit yang disebabkan karena radang dan pembengkakan, jangan ragu untuk mengonsumsinya.

7. Dapat memperlambat efek penuaan

Intip 8 Manfaat Kesehatan Daun Kelor, Pencegah Kanker dan Diabetes

Kandungan antioksidan di dalam daun kelor ternyata dapat memperlambat penuaan. Bagaimana caranya?

Dilansir dari LiveScience, zat tersebut mampu melindungi tubuh kita dari radikal bebas, salah satu penyebab penuaan. Selain itu, tumbuhan tersebut berperan dalam penyeimbangan hormon dalam tubuh kita.

8. Menjaga kesehatan otak

Intip 8 Manfaat Kesehatan Daun Kelor, Pencegah Kanker dan Diabetes

Dilansir dari Alz.org, setidaknya satu dari delapan orang berusia lebih dari 65 tahun mengalami penyakit alzheimer. Jika kamu tak ingin menjadi seperti itu di masa tua nanti, konsumsilah daun kelor secara rutin. Kandungan vitamin C dan E beserta antioksidan di dalamnya dapat melawan hormon stres oksidatif yang dapat memicu alzheimer.

Untuk cara mengonsumsinya, kamu dapat meminumnya setiap hari dalam bentuk kapsul atau daunnya langsung. Jika kamu mengalami penyakit yang kronis seperti diabetes, jantung, dan kanker, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Sejauh ini, daun kelor tidak memiliki efek samping yang berarti, asal dikonsumsi dengan cara dan takaran yang tepat. Yuk, mulai coba rasakan manfaatnya!

Khasiat Bunga Tapak Dara Buat Kesehatan

Khasiat Bunga Tapak Dara Buat Kesehatan

Tapak dara (Catharanthus roseus) adalah tumbuhan semak pendek yang termasuk jenis evergreen (tumbuhan hijau abadi). Tanaman ini berasal dari Madagaskar, tetapi telah menyebar ke berbagai wilayah tropis di seputar dunia. Di Indonesia sendiri tumbuhan ini biasa dijadikan penghias pekarangan rumah dan disebut dengan beberapa nama daerah: kembag tembaga (Sunda), kembang tapak dara (Jawa), dan sindapor (Sulawesi).

Karena riwayat panjang penggunaannya secara tradisional untuk mengobati berbagai penyakit, Catharanthus roseus menjadi salah satu tanaman obat yang paling banyak dipelajari dan diteliti. Untuk itu berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai Khasiat Bunga Tapak Dara Buat Kesehatan.

1. Menurunkan demam

Sering Diabaikan, Ini 8 Manfaat Bunga Tapak Dara Buat Kesehatan

Tak hanya balita atau anak-anak, penyakit demam juga bisa menyerang orang dewasa saat imunnya menurun. Salah satu cara untuk mengatasi penyakit demam secara alami adalah dengan mengonsumsi teh daun tapak dara.

Meski terdengar sepele, penyakit demam dapat berakibat fatal juga bagi kesehatan, lho! Demam tinggi jika tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat, tentunya dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih serius.

2. Mengobati luka dan menghentikan pendarahan

Sering Diabaikan, Ini 8 Manfaat Bunga Tapak Dara Buat Kesehatan

Banyak aktivitas sehari-hari yang rawan menimbulkan luka, seperti terkena knalpot, setrika, kompor, maupun api. Salah satu cara alami yang dapat kalian lakukan untuk mengobati luka dan menghentikan pendarahan adalah dengan menggunakan daun tapak dara.

Caranya mudah, rebus daun tapak dara dan buat ekstraknya, setelahnya ambil kain yang sudah disterilkan kemudian celupkan pada ekstrak tapak dara. Kemudian, letakkan di atas luka kalian. Mudah bukan?

3. Mencegah kanker darah

Sering Diabaikan, Ini 8 Manfaat Bunga Tapak Dara Buat Kesehatan

Salah satu jenis penyakit mematikan adalah penyakit kanker darah. Penyakit ini patut kita waspadai supaya tidak tumbuh dan berkembang dalam tubuh. Untuk mencegahnya, selain dengan menerapkan gaya hidup sehat, juga dengan mengonsumsi secara rutin air rebusan daun tapak dara.

Ketika diminum sebagai teh, tanaman tapak dara membantu mencegah penyebaran sel kanker ke seluruh tubuh. Mencegah lebih baik dari mengobati bukan?

4. Menurunkan kadar gula darah

Sering Diabaikan, Ini 8 Manfaat Bunga Tapak Dara Buat Kesehatan

Salah satu jenis penyakit yang rentan menyerang kesehatan kita adalah diabetes. Penyakit diabetes sendiri terbagi menjadi dua, diabetes kering dan basah. Penyakit ini termasuk penyakit yang berbahaya karena menggerogoti sel tubuh secara perlahan-lahan.

Tapak dara sering dijadikan sebagai obat tradisional diabetes di beberapa negara seperti Filipina dan Cina. Untuk pencegahannya, kalian bisa mengonsumsi secara rutin air rebusan daun tapak dara.

Tentunya, air rebusan ini dapat membantu mengelola kadar insulin dalam tubuh dan meminimalkan tekanan darah tinggi.

5. Mencegah stres

Sering Diabaikan, Ini 8 Manfaat Bunga Tapak Dara Buat Kesehatan

Salah satu jenis penyakit yang rentan terhadap kita adalah stres. Seringkali kita mengalami galau dan penat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Tentunya, stres yang tak berkesudahan tak hanya berakibat pada psikis kita melainkan juga akan mengganggu kesehatan fisik kita.

Selain dengan memperbaiki pola pikir dan gaya hidup, kalian bisa menggunakan teh tapak dara sebagai sebagai salah satu pereda stres. Daun ini membantu untuk meningkatkan sirkulasi dan menurunkan tingkat tekanan darah.

Tentunya, memiliki pikiran tenang dan rileks akan membuat hidup lebih berwarna dan bersemangat menyambut aktivitas tiap hari.

6. Mencegah insomnia

Sering Diabaikan, Ini 8 Manfaat Bunga Tapak Dara Buat Kesehatan

Salah satu jenis gangguan kesehatan yang hampir dialami generasi millennials adalah insomnia. Tentunya bermain gadget yang berlebihan, dan pola pikir yang tidak sehat menjadi salah satu pemicunya.

Untuk mengobatinya, kalian bisa melakukan dengan mengonsumsi teh daun tapak dara. Di dalam daun tapak dara terdapat zat yang mampu menenangkan saraf otak sehingga menjadikan tidur kalian lebih berkualitas.

7. Mengatasi batuk pilek

Sering Diabaikan, Ini 8 Manfaat Bunga Tapak Dara Buat Kesehatan

Memiliki imun yang tidak cukup kuat, seringkali membuat kita rentan terhadap penyakit. Salah satu jenis penyakit yang mudah menghampiri adalah batuk dan pilek.

Tapak dara bisa menjadi solusi bagi kalian untuk menyembuhkan batuk pilek secara alami. Caranya mudah, cukup keringkan dan jadikan teh, kamu bisa mengonsumsinya secara teratur.

8. Menjaga kesehatan otak

Sering Diabaikan, Ini 8 Manfaat Bunga Tapak Dara Buat Kesehatan

Memiliki daya ingat yang baik tentunya menjadi keinginan semua orang. Dengan daya ingat yang baik sangatlah membantu dalam aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Salah satu manfaat dari tanaman tapak dara adalah membantu menyehatkan otak.

Beberapa kandungan yang terdapat dalam tanaman ini membantu memfasilitasi suplai darah ke otak. Selain itu, juga meningkatkan tingkat oksigen dan kadar glukosa yang dibutuhkan untuk fungsi otak yang sehat. Wah, banyak ya manfaatnya!

Obat Alami Radang Amandel

Obat Alami Radang Amandel

Radang amandel, yang dalam istilah medis disebut dengan tonsilitis, adalah pembengkakan dan peradangan pada amandel yang biasanya disebabkan oleh infeksi dari bakteri atau virus. Peradangan pada amandel adalah salah satu penyakit yang penularannya bisa sangat cepat dari satu orang ke orang lainnya. Maka dari itu, penderita radang amandel sebaiknya segera mengonsumsi obat radang amandel sebelum penularan dapat terjadi. Bahan-bahan alami untuk mengatasi radang amandel biasanya mudah ditemukan di rumah, sementara konsumsi obat-obatan memerlukan pemeriksaan dan resep dari dokter.

Amandel merupakan garis depan pertahanan tubuh dari serangan penyakit yang masuk melalui rongga mulut. Itu sebabnya jika amandel seseorang mengalami pembengkakan maka bibit penyakit akan mudah menyerang mulut, tenggorokan, paru-paru serta organ tubuh yang lain. Bila radang amandel telah bertambah parah, penggunaan obat menjadi tidak efektif dan Anda perlu menjalani prosedur operasi pengangkatan amandel. Nah berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Obat Alami Radang Amandel .

1. Jeruk nipis

Bahan alami pertama yang bisa kamu jadikan obat amandel kamu adalah jeruk nipis. Memang bukan rahasia lagi bahwa buah yang satu ini memiliki khasiat yang sangat baik buat kesehatan tubuh. Kandungan zat anti-bakteri yang terkandung dalam jeruk nipis dipercaya ampuh untuk mengusir virus jahat yang mengganggu amandel kamu.

Dengan cara membuat ramuan perasaan jeruk nipis dengan sedikit kapur sirih, dijamin deh radang amandel kamu bakal membaik. Ingat kamu harus rutin minum ramuan ini sampai bengkak amandel kamu hilang.

2. Mengkudu

4 Obat Alami Atasi Radang Amandel, Gak Perlu Operasi!

Walaupun rasanya pahit, tanaman khas Indonesia ini juga dipercaya ampuh mengatasi radang amandel lhoYups, buah mengkudu atau juga sering disebut pace ini emang diketahui memiliki kandungan zat yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah  zat antibakteri seperti antrakuninon, acubin, dan alizarin yang diduga mampu mengatasi radang amandel.

Cara membuat ramuan untuk radang amandel dari tumbuhan ini gampang kok. Kamu cukup mengambil dua buah mengkudu, lalu cuci bersih, setelah itu parut dan peras buah mengkudu. Setelah itu campurkan dengan air hangat dan aduk rata.

Kalau kamu gak tahan dengan rasa pahitnya, kamu bisa kok menambahkan madu di dalamnya. Dijamin radang amandel kamu bakal sembuh kalo kamu rajin mengonsumsinya.

3. Kulit manggis

4 Obat Alami Atasi Radang Amandel, Gak Perlu Operasi!

Gak cuma rasa daging buahnya aja yang enak untuk dimakan, ternyata kulit dari buah berbentuk bulat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat lho.

Yups, kulit manggis diketahui memiliki segudang zat yang baik untuk tubuh. Gak cuma kaya dengan antioksidan, kulit manggis juga mengandung zat anti-peradangan dan anti-bakteri yang mampu membunuh kuman yang menyebabkan radang.

Cara membuat ramuan dari kulit manggis ini mudah kok guys. Kamu cuma perlu merebus kulit manggis hingga mendidih, lalu angkat dan tiriskan. Setelah hangat, ramuan ini bisa kamu gunakan untuk kumur-kumur. Lakukan sampai radang amandel kamu reda ya.

4. Madu

4 Obat Alami Atasi Radang Amandel, Gak Perlu Operasi!

Terakhir, cara alami yang bisa membuat radang amandel kamu sembuh adalah dengan mengonsumsi madu secara rutin.

Yups, madu emang sudah teruji sebagai antibiotik alami yang ampuh banget mengusir virus maupun bakteri jahat dalam tubuh. Kamu cuma perlu mencampurkan beberapa sendok dalam air hangat, lalu aduk hingga rata dan minum secara rutin. Dijamin deh, sakit di tenggorokanmu bakalan membaik secara perlahan. Kalo mau lebih enak, tambahkan perasan lemon di dalamnya.

Ingat guys, selain minum ramuan dari bahan alami yang bisa mengatasi radang amandel di atas, kamu juga perlu memperhatikan makanan dan minuman apa saja yang masuk ke tubuh kamu agar penyakit radang amandel kamu cepat sembuh.

Cara Benar Merawat Miss V

Cara Benar Merawat Miss V

Kesehatan organ intim wanita atau vagina berpengaruh pada banyak hal. Antara lain kesuburan, kehidupan seks dan kemampuan wanita dalam mencapai orgasme. Masalah pada organ intim berpeluang untuk mendatangkan penyakit, juga memengaruhi kehidupan sosial, seperti kehilangan rasa percaya diri dan stres.

Sekilas vagina hanya tampak seperti organ kecil yang mudah dirawat. Namun, bila dilihat lebih jauh, vagina berhubungan langsung dengan leher rahim dan rahim. Organ ini lebih kompleks atau rumit dibandingkan kelihatannya. Oleh karena itu, perawatan harus dilakukan dengan tepat. Berikut ini kami akan membahas seputar Cara Benar Merawat Miss V .

1. Apa itu ratus?

6 Cara yang Benar Merawat Miss V dengan Ratus, Perhatikan Ya

Perawatan ratus vagina sebenarnya merupakan sebuah proses pengasapan organ intim wanita dengan alami. Bahan alami ini berasal dari rempah-rempah yang dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap pada vagina.

Jauh sebelumnya, ratus merupakan sebuah tradisi dari China dan hanya boleh dilakukan oleh wanita yang sudah menikah serta melahirkan. Kelebihan dari perawatan dengan ratus antara lain tidak hanya membuat wangi tetapi tetapi juga membuat seluruh tubuh terasa segar.

2. Kegunaan ratus

6 Cara yang Benar Merawat Miss V dengan Ratus, Perhatikan Ya

Ratus umumnya digunakan untuk spa dan bisa membuat vagina menjadi lebih wangi. Sudah banyak salon-salon yang menyediakan spa khusus untuk perawatan tubuh sekaligus perawatan organ intim wanita. Tujuan dari perawatan menggunakan ratus ini adalah untuk mengharumkan daerah intim wanita dan juga mengurangi lendir yang berlebih saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan.

Selain itu perawatan dengan ratus juga dapat membantu menghilangkan jamur juga bau amis setelah menstruasi, mengurangi keputihan dan mengencangkan otot vagina setelah melahirkan.

3. Cara perawatan

6 Cara yang Benar Merawat Miss V dengan Ratus, Perhatikan Ya

Perawatan dengan ratus dapat dilakukan sendiri di rumah dengan pengasapan menggunakan anglo. Selain perawatan di salon atau spa, kamu juga bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan menggunakan ratus.

Caranya, gunakan anglo dan kayu mayosi sebagai bahan bakarnya. Lalu, gunakan baju khusus untuk melakukan spa atau gunakan baju yang menutupi leher sampai kebawah seperti memakai sarung. Siapkan kursi ratus yang memiliki lubang ditengahnya tepat di bagian organ intim. Siapkan bahan ratus seperti daun sirih, kayu manis, kayu mayosi dan akar wangi.

Kemudian bakar ratus tersebut, letakkan tepat di bawah kursi yang berlubang. Posisikan agar asap hasil pembakaran tersebut tepat menuju ke vagina. Rapikan kain penutup agar pengasapan yang dilakukan dapat optimal. Lakukan selama 30 menit untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Cara lain yang bisa kamu coba

6 Cara yang Benar Merawat Miss V dengan Ratus, Perhatikan Ya

Cara yang lebih sederhana untuk melakukan perawatan ratus adalah dengan menggunakan panci sedang. Caranya, rebus bahan-bahan yang dibutuhkan (5 lembar daun sirih, 2-3 cm kayu manis, 5 butir cengkeh (jika tidak keputihan kurangi cengkehnya) dan ½ liter air. Setelah direbus selama 10-15 menit sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan.

Hampir sama dengan cara sebelumnya, gunakan kursi ratus dan biarkan uap dari rebusan ratus menguap. Dibutuhkan juga baju yang menutupi leher sampai ke bawah untuk mengoptimalkan penguapan dari rebusan ratus. Lakukan seminggu sekali saja, karena jika terlalu sering melakukan perawatan dengan ratus dapat mempengaruhi keseimbangan organ intim.

5. Apa sih manfaat ratus?

6 Cara yang Benar Merawat Miss V dengan Ratus, Perhatikan Ya

Tidak hanya menjaga kelembapan organ intim atau menjaganya tetap wangi, namun ada juga lho manfaat-manfaat lainnya. Berikut ini adalah manfaat ratus yang bisa kamu dapatkan, antara lain:

  • Melancarkan peredaran darah.
  • Menghilangkan jamur pada vagina yang menyebabkan keputihan.
  • Membersihkan vagina perempuan khususnya setelah melahirkan maupun setelah masa menstruasi.
  • Mengencangkan daerah organ intim.
  • Mengurangi lendir berlebih.
  • Dipercaya dapat mencegah kanker rahim.

6. Gunakan ratus di waktu yang aman

6 Cara yang Benar Merawat Miss V dengan Ratus, Perhatikan Ya

Perawatan menggunakan ratus tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebagai anjuran, ratus sebaiknya digunakan saat tidak sedang datang bulan. Selain itu, ratus juga baiknya hanya boleh digunakan oleh kamu yang berusia antara 20 hingga 60 tahun, serta tidak memiliki masalah penyakit kelamin.

Nah gimana? Tertarik untuk mencoba ratus?

Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel

Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel

Bekas luka, baik bekas cacar, bekas jerawat, lecet atau luka karena terjatuh atau teriris benda tajam, baik di badan maupun di wajah, bisa sangat memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Jika Anda pernah terjatuh dan punya bekas luka yang tak kunjung hilang, Anda pasti ingin mencari cara menghilangkan bekas luka. Artikel ini akan beri tahu Anda bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel .

1. Ampas teh kantong

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Doyan minum teh di pagi atau sore hari? Jangan langsung buang teh kantong sisa seduhan. Simpan dalam kulkas semalaman, lalu gunakan untuk mengompres bekas luka keesokan harinya.

Ampas teh juga dikenal ampuh menyamarkan warna gelap pada kantong mata. Kandungan polifenol di dalamnya, berperan sebagai antioksidan atau penangkal radikal bebas.

Senyawa aktif ini juga, yang berperan menyamarkan bekas luka pada kulit. Jika rutin dilakukan, bekas luka bahkan bisa hilang seluruhnya.

2. Teh hijau

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Manfaat teh hijau juga tinggi karna ada Kandungan polifenol dan juga bagus digunakan untuk menyamarkan bekas luka. Caranya, seduh daun teh hijau dengan sedikit air panas hingga mengembang. Tunggu hingga dingin, lalu gosokkan pada area bekas luka secara lembut.

Jika ingin mendapatkan sensasi dingin, simpan dulu daun teh hijau yang sudah diseduh selama beberapa jam dalam kulkas. Sensasi dingin ini juga baik untuk merelaksasi kulit. Rutin melakukan cara ini, bisa menghilangkan bekas luka dengan cepat dan alami lho!

3. Madu

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Selain sebagai suplemen makanan, madu memiliki khasiat untuk kesehatan kulit. Kandungan antioksidan dan antibakteri di dalamnya, membuat kulit lebih halus, sehat, dan tampak cerah.

Untuk membantu menghilangkan bekas luka, rutinlah mengoles madu di area yang diinginkan. Jadikan madu seperti masker dan biarkan selama 20-30 menit hingga membentuk lapisan yang agak mengeras. Bilas dengan air.

4. Minyak zaitun

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Sejak zaman dahulu minyak zaitun banyak digunakan oleh perempuan Timur Tengah dalam perawatan kulitnya. Minyak zaitun memang gak hanya berfungsi sebagai pelembap alami, tapi juga mampu menangkal radikal bebas.

Mengoleskan minyak zaitun secara rutin pada bekas luka, bisa membantu pemulihan lebih cepat. Kandungan senyawa aktif di dalamnya, merangsang regenerasi sel kulit dan mengembalikan warnanya seperti semula.

5. Cuka apel

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Populer sebagai obat jerawat alami, cuka apel mengandung asam asetat, sitrat, laktat, dan suksinat yang berperan sebagai anti bakteri. Cairan ini juga ampuh menghilangkan bekas luka. Cukup mengoleskannya secara rutin pada bagian yang diinginkan, bekas lukamu perlahan memudar.

6. Lidah buaya

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Gak salah jika lidah buaya dijuluki sebagai tumbuhan sejuta manfaat. Khasiatnya mulai dari menjaga kesehatan rambut, menyehatkan kulit, hingga membantu penyembuhan luka. Sensasi dingin dari gel lidah buaya, juga baik untuk merelaksasi kulit.

7. Kapsul vitamin E

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Vitamin E berperan sebagai antioksidan dan antiradikal alami untuk tubuh manusia. Gak heran, banyak produk perawatan tubuh yang menyertakan ekstrak vitamin E di dalamnya.

Agar bekas luka cepat hilang dan warna kulit kembali normal, kamu bisa menggunakan cairan dari kapsul vitamin E sebagai obat oles. Selain itu, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin E tinggi, seperti sayuran hijau dan kacang-kacangan.

8. Minyak kelapa

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Kulit di sekitar bekas luka, biasanya jadi lebih kering dan terasa gatal di tepiannya. Hasrat ingin menggaruk pasti sulit ditahan. Padahal jika INI dilakukan, akan berpotensi memperlebar bekas luka.

Mengoleskan minyak kelapa di area bekas luka, bagus untuk menjaga kelembapan kulit. Proses pemulihan juga bisa berlangsung lebih cepat. Selain minyak kelapa, bisa juga menggunakan virgin coconut oil (VCO).

9. Hindari mengelupas bekas luka

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Selain menggunakan bahan-bahan alami di atas, yang gak kalah penting adalah menahan keinginan mengelupas bekas luka. Rasanya memang gatal dan gak nyaman, apalagi melihat tepian luka mulai sedikit mengelupas.

Bekas luka yang dikelupas paksa, bisa memicu peradangan hingga infeksi. Bukannya sembuh, malah berpotensi terciptanya luka baru. Proses pemulihan pun jadi makin lama.

10. Tutup luka seperlunya

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Menutup bekas luka yang masih basah, bukanlah cara terbaik untuk menyamarkannya. Justru penutupan ini membuat luka jadi lembap dan sulit kering.

Biarkan luka dalam kondisi terbuka namun tetap jaga kebersihannya. Tutup luka seperlunya dan hanya dalam kondisi mendesak. Misalnya, saat akan berolahraga, bepergian jauh, atau harus menggunakan pakaian tertentu.

Dengan menerapkan 10 metode cara menghilangkan bekas luka di atas, kamu gak perlu cemas lagi pada bekas luka yang membandel. Lakukan secara teratur biar hasilnya maksimal, yuk! Semoga bermanfaat ya!

Cara Tradisional Meredakan Mimisan

Cara Tradisional Meredakan Mimisan

Mimisan terjadi karena pendarahan dari lubang hidung. Dalam istilah kedokteran, kondisi ini disebut epistaksis. Meskipun demikian, nggak perlu panik berlebihan ya , karena mimisan tak membahayakan kesehatan. Biasanya, seseorang yang mengalaminya akan panik, karena takut melihat darah mengalir dari rongga hidung.  Nah, jika anak mimisan, anda jangan panik. Usahakan jangan terlalu histeris, sehingga membuat anak ketakutan. Anda coba tenangkan diri dan atasi dengan bahan alami yang ada di rumah. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, Cara Tradisional Meredakan Mimisan .

1. Cuka apel

10 Cara Tradisional untuk Meredakan Mimisan, Ampuh Nih!

Asam dalam cuka apel dapat membantu menyempitkan pembuluh darah, sehingga menghentikan pendarahan. Hal yang harus kamu lakukan adalah celupkan kapas ke dalam cuka apel dan tempatkan di lubang hidung yang sedang mengamati mimisan selama 10 menit.

2. Air garam

10 Cara Tradisional untuk Meredakan Mimisan, Ampuh Nih!

Kekeringan di selaput hidung adalah salah satu penyebab utama kenapa terjadinya mimisan. Oleh karena itu, cobalah menggunakan air garam dan teteskan beberapa tetes larutan garam ke dalam hidung kamu. Ini berguna untuk melembabkan saluran hidung kamu.

3. Daun jelatang

10 Cara Tradisional untuk Meredakan Mimisan, Ampuh Nih!

Daun jelatang adalah salah satu obat herbal yang baik untuk mimisan. Larutan jelatang dapat membantu mencegah alergi pada hidung. Caranya, seduh daun jelatang segar, setelah dingin celupkan kapas ke dalam larutan daun jelatang, kemudian letakkan di hidung selama 5 hingga 10 menit sampai pendarahan berhenti.

4. Kompres dengan es

10 Cara Tradisional untuk Meredakan Mimisan, Ampuh Nih!

Suhu es yang sangat dingin dapat menyempitkan pembuluh darah pada hidung dan memperlambat aliran darah dalam beberapa menit. Tapi, jangan pernah mengoleskan es secara langsung ke hidung. Sebelum mengapalikasikannya ke hidung kamu harus membungkus es tersebut handuk tipis. Lakukan pengompresan ini selama 10 menit sambil duduk dalam posisi tegak dan tempatkan posisi kepala kamu ke belakang.

5. Daun Ketumbar

10 Cara Tradisional untuk Meredakan Mimisan, Ampuh Nih!

Daun ketumbar memiliki banyak vitamin dan mineral yang sangat dianjurkan dalam menghentikan pendarahan pada hidung. Sifatnya yang mendinginkan dan menyejukkan dapat menghentikan pendarahan dalam waktu singkat. Selain itu, daun ketumbar dapat menyeimbangkan tekanan darah dan sifat anthistaanti pada ketumbar juga dapat mencegah alergi yang memicu mimisan.

Cara penggunaannya adalah jus daun ketumbar segar atau oleskan daun ketumbar segar di dahi.

6. Air lemon

10 Cara Tradisional untuk Meredakan Mimisan, Ampuh Nih!

Kandungan asam pada lemon yang tinggi dapat menghetikan pendarahan pada hidung. Tak banyak itu, kandungan vitamin C dari lemon juga akan memperkuat kapiler darah halus yang ada pada hidung.

Cara penggunaannya adalah gunakan pipet bersih untuk meneteskan beberapa tetes jus lemon segar di dalam kedua lubang hidung dan jangan lupa posisikan kepala ke arah belakang.

7. Bawang

10 Cara Tradisional untuk Meredakan Mimisan, Ampuh Nih!

Bawang mengandung vitamin C dan bioflavonoid yang dapat membantu memperkuat kapiler. Cara penggunaannya adalah potong bawang dengan irisan tebal, tekan satu irisan bawang tersebut di bawah lubang hidung, kemudian hirup bau dari bawang selama beberapa menit.

8. Penguapan

10 Cara Tradisional untuk Meredakan Mimisan, Ampuh Nih!

Menguapkan hidung dapat membantu menjaga membran hidung yang halus tetap lembab. Kamu dapat menggunakan uap dari secangkir teh yang akan kamu minum setiap pagi.

9. Bubuk cabai

10 Cara Tradisional untuk Meredakan Mimisan, Ampuh Nih!

Bubuk cabai bekerja sebagai stimulan sel dan dapat mengatur tekanan aliran darah, yang dimana ini dapat membantu menghilangkan tekanan berat dari area terjadinya pendarahan.

Cara penggunanya ambilah satu sendok teh bubuk cabai dan campur dalam air hangat dan minum larutan tersebut.

10. Minum air putih

10 Cara Tradisional untuk Meredakan Mimisan, Ampuh Nih!

Kurangnya asupan cairan sepanjang air dapat menyebabkan kekeringan pada selaput lendir yang dapat menyebabkan hidung berdarah. Jadi pastikan kamu tetap terhidrasi sepanjang hari.

Jangan lupa selalu jaga kesehatan hidung kamu juga, ya .

Jamu Indonesia Yang Baik Untuk Kesehatan

Jamu Indonesia Yang Baik Untuk Kesehatan

Zaman dahulu, sebelum ada banyak obat kimia seperti sekarang, nenek moyang kita mengolah bahan-bahan alami menjadi jamu untuk mengobati berbagai macam penyakit. Nah, jamu ini terdiri dari beberapa jenis dengan beragam manfaatnya bagi tubuh kita. Kira-kira, apa saja nama jamu tradisional ini? Yuk, kita cari tahu , berikut ini merupakan Jamu Indonesia Yang Baik Untuk Kesehatan .

1. Jamu Kunyit Asam

Inilah Manfaat 5 Jenis Jamu Indonesia yang Baik Buat Kesehatanmu

Jamu kunyit asam dapat digunakan sebagai penawar racun dan mampu membuang racun yang mengendap di dalam tubuh, akibat penggunaan obat-obatan kimia secara berlebihan dan jangka panjang, racikan jamu kunyit asam juga dapat mengatasi pegal-pegal. Selain itu  jamu kunyit asam mengandung vitamin C yang membuat kulitmu semakin halus dan bercahaya. Wah, banyak banget ya manfaatnya.

2. Jamu Beras Kencur

Inilah Manfaat 5 Jenis Jamu Indonesia yang Baik Buat Kesehatanmu

Kalau kamu mengkonsumsi beras kencur, maka efek yang dihasilkan seperti zat analgesik. Zat analgesik itu bisa meredakan nyeri dan berbagai macam penyakit lainnya selain itu Kandungan kencur di dalam jamu beras kencur bisa bermanfaat dalam meningkatkan nafsu makan. Wah, bagus banget nih buat adik atau keponakan kamu yang sedang dalam masa pertumbuhan.

3. Jamu Temulawak

Inilah Manfaat 5 Jenis Jamu Indonesia yang Baik Buat Kesehatanmu

Pada temulawak terdapat kandungan zat yang bernama katatoga. Katatoga ini sangat baik untuk kesehatan hati dan membantu memperbaiki sel hati yang rusak.

4. Jamu Brotowali atau Pahitan

Brotowali mengandung alkaloid barberin dan columbina yang berfungsi sebagai pembunuh bakteri pada luka. Selain itu zat pikroretin merupakan zat yang memberikan rasa pahit pada brotowali yang dapat merangsang kerja urat saraf dan menjadikan sistem pernafasan dapat bekerja dengan baik, bersamaan dengan zat palmatin, glikosida, harsa, kolulin, dan zat patiWalaupun rasanya pahit, ternyata brotowali menyimpan banyak manfaat loh milenials.

5. Jamu Cabe Puyang

Inilah Manfaat 5 Jenis Jamu Indonesia yang Baik Buat Kesehatanmu

Manfaat utama tanaman lempuyang yaitu mampu mencegah munculnya sel-sel kanker, selain itu ramuan jamu ini juga  bisa menyembuhkan sakit gigi.

Nah, itu dia berbagai manfaat yang dapat kita peroleh dari jamu. Gimana nih milenials? Jika kamu berlebihan mengkonsumsi minuman soda dan minuman berbahan pengawet, yuk kurangi porsinya dan mulai beralih ke minuman sehat seperti jamu.

Khasiat Daun Sambiloto

Khasiat Daun Sambiloto

Sambiloto merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki berbagai manfaat. Beberapa dari Anda mungkin baru mendengar tumbuhan ini. Namun, jangan salah, walaupun terdengar asing di telinga Anda tetapi sebenarnya sudah banyak obat jamu tradisional yang terbuat dari tanaman ini. Apa saja sih khasiat sambiloto untuk kesehatan? Sebelum mengetahui khasiatnya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu sambiloto. Sambiloto atau Andrographis paniculata merupakan tanaman yang mempunyai rasa sangat pahit. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah Asia dan India. Sudah lama tanaman ini dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu menyembuhkan banyak penyakit. Berikut merupakan Khasiat Daun Sambiloto .

1. Melancarkan peredaran darah

6 Khasiat Daun Sambiloto yang Jarang Diketahui, Pahit Tapi Bikin Sehat

Menurut Chinese Medical Journal  dalam penelitian tahun 1994, berhasil mengungkap fakta bahwa ekstrak daun sambiloto mampu mencegah pembuluh darah menyempit dan memperlambat terjadinya penggumpalan darah. Hal inilah yang membuat peredaran darah menjadi lancar dan meminimalisir terjadinya berbagai penyakit kardiovaskular. Khasiat sambiloto dalam menurunkan kadar kolesterol juga mampu mencegah terjadinya penyakit jantung.

2. Kaya asam lemak tak jenuh yang baik untuk mencegah kardiovaskular

6 Khasiat Daun Sambiloto yang Jarang Diketahui, Pahit Tapi Bikin Sehat

Daun sambiloto adalah sumber asam lemak tak jenuh yang berlimpah, yaitu asam linoleat dan linolenat. Karena tubuh tidak dapat membuat dua lemak ini, diperlukan nutrisi dari asupan makanan yang mendukung. Sebuah studi yang ditemukan dalam American Journal of Clinical Nutrition edisi November 2001, menemukan bahwa diet yang kaya akan dua asam lemak ini mampu melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular. Dalam studi ini, dijelaskan bahwa orang yang sering mengonsumsi asam lemak linoleat dan linolenat memiliki risiko penyakit kardiovaskular 40 persen lebih rendah dibandingkan dengan orang yang jarang mengonsumsi dua lemak ini.

3. Menurunkan hipertensi

6 Khasiat Daun Sambiloto yang Jarang Diketahui, Pahit Tapi Bikin Sehat

Kalau kamu punya tekanan darah di atas 140/80, kemungkinan kamu mengalami hipertensi karena melebihi batas normal tekanan darah. Meminum rebusan daun kaya kalium ini mampu menghilangkan akumulasi garam yang meningkatkan jumlah natrium dalam aliran darah dan menjadi penyebab hipertensi. Kandungan andrografolida juga berkontribusi terhadap pengurangan gula dalam darah yang mengurangi risiko diabetes.

4. Mampu melawan pertumbuhan sel kanker payudara

6 Khasiat Daun Sambiloto yang Jarang Diketahui, Pahit Tapi Bikin Sehat

Untuk mengurangi risiko kanker payudara, kamu perlu tetap aktif secara fisik, mengonsumsi makanan rendah lemak dan mempertahankan berat badan yang sehat. Selain itu, menurut Experimental Biology and Medicine  pada Februari 2004, mengonsumsi daun pahit sambiloto dapat memerangi pertumbuhan sel kanker payudara. Dalam studi yang dilakukan para ilmuwan dari Jackson State University  yang meneliti tabung reaksi sel kanker payudara manusia, menemukan bahwa daun pahit sambiloto mampu menghambat pertumbuhan dan proliferasi sel kanker payudara.

5. Kaya antioksidan

6 Khasiat Daun Sambiloto yang Jarang Diketahui, Pahit Tapi Bikin Sehat

Tahukah kamu kalau sel-sel tubuh kita hampir secara konstan mengalami serangan dari proses berbahaya yang disebut oksidasi? Oksidasi dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya pembentukan sel prakanker. Menurut laporan Food Chemistry edisi Desember 2006, daun sambiloto adalah sumber antioksidan yang melimpah. Para peneliti menambahkan bahwa sifat antioksidan dalam daun pahit ini bisa melawan penyakit dan baik untuk diet.

6. Menurunkan kolesterol jahat yang memicu serangan jantung

6 Khasiat Daun Sambiloto yang Jarang Diketahui, Pahit Tapi Bikin Sehat

Kolesterol yang tinggi, terutama kolesterol “jahat” LDL adalah faktor risiko terjadinya serangan jantung, stroke, dan penyakit alzheimer. Menurut Journal of Vascular Health and Risk Management edisi Februari 2008, daun sambiloto yang pahit ampuh mengurangi kolesterol jahat. Dalam penelitian yang menjadikan hewan sebagai model, suplemen dengan ekstrak daun sambiloto mampu mengurangi kolesterol LDL hingga 50 persen, sekaligus juga meningkatkan kolesterol “baik” HDL. Namun, belum ada penelitian yang langsung diujicobakan pada manusia terkait penurunan kolesterol ini.

Meski pahit, daun sambiloto memiliki manfaat yang hebat bagi kesehatan. Siap pilih jamu pahitan yang mengandung daun ini?

Jamu Tradisional Untuk Kecantikan

Jamu Tradisional Untuk Kecantikan

Minuman tradisional, atau yang dikenal dengan jamu ini sudah dimanfaatkan nenek moyang kita untuk menjaga kesehatan, mengobati penyakit, dan juga menjaga penampilan agar senantiasa tampil cantik alami. Jamu bukanlah sembarang minuman, karena jamu yang merupakan minuman tradisional ini menggunakan rempah-rempah alami asli Indonesia yang memiliki berbagai macam khasiat. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Jamu Tradisional Untuk Kecantikan .

1. Jamu kunyit asam

5 Jamu Tradisional yang Bisa Memancarkan Cantikmu dari Dalam

Cara membuatnya mudah sekali yaitu parut dua ruas kunyit. Masukkan ke dalam panci bersama asam jawa dan gula jawa. Masukkan sedikit air dan rebus hingga mendidih.

Kandungan vitamin pada kunyit asam berupa minyak atsiri, vitamin C, protein, kalium, kurkuminoid, fosfor dan besi membuat kulit wajah kamu semakin cerah dan segar. Selain itu jamu kunyit asam juga bisa meredakan nyeri haid kamu.

2. Jamu daun sinom

5 Jamu Tradisional yang Bisa Memancarkan Cantikmu dari Dalam

Dengan di campur kunyit, temulawak, kayu manis, gula merah, dan kapulaga, jamu ini bisa mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan semakin sehat, cerah dan bebas dari jerawat.

3. Jamu daun sambiloto

5 Jamu Tradisional yang Bisa Memancarkan Cantikmu dari Dalam

Kandungan jamu daun sambiloto dipercaya sebagai penghambat penuaan. Hal ini karena andrografin, androfolit (zat pahit), dan panikulin yang ada pada daun sambiloto berfungsi sebagai antibiotik sehingga bisa menghambat penuaan kulit serta membersihkan racun dalam tubuh.

4. Jamu beras kencur

5 Jamu Tradisional yang Bisa Memancarkan Cantikmu dari Dalam

Mau diet dengan jamu? Bisa. Jamu beras kencur dipercaya sebagai pelangsing alami. Tidak hanya itu, jika kamu rajin meminumnya, maka jerawatmu akan hilang dan kulit akan semakin kencang.

5. Jamu daun pepaya

5 Jamu Tradisional yang Bisa Memancarkan Cantikmu dari Dalam

Banyak sekali manfaat jamu daun pepaya bagi kesehatan maupun kecantikan. Di antaranya mengatasi rambut rontok, anti penuaan, bebas jerawat, dan mencegah risiko kanker. Pengolahannya tidak terlalu sulit, kamu tinggal merebusnya maupun dijus.

Meskipun jamu memiliki kesan jadul tapi jangan remehkan manfaatnya yang beragam. Untuk meminumnya kamu bisa membelinya atau bahkan membuatnya sendiri. Yuk, minum jamu!