Cara Benar Merawat Miss V

Cara Benar Merawat Miss V

Kesehatan organ intim wanita atau vagina berpengaruh pada banyak hal. Antara lain kesuburan, kehidupan seks dan kemampuan wanita dalam mencapai orgasme. Masalah pada organ intim berpeluang untuk mendatangkan penyakit, juga memengaruhi kehidupan sosial, seperti kehilangan rasa percaya diri dan stres.

Sekilas vagina hanya tampak seperti organ kecil yang mudah dirawat. Namun, bila dilihat lebih jauh, vagina berhubungan langsung dengan leher rahim dan rahim. Organ ini lebih kompleks atau rumit dibandingkan kelihatannya. Oleh karena itu, perawatan harus dilakukan dengan tepat. Berikut ini kami akan membahas seputar Cara Benar Merawat Miss V .

1. Apa itu ratus?

6 Cara yang Benar Merawat Miss V dengan Ratus, Perhatikan Ya

Perawatan ratus vagina sebenarnya merupakan sebuah proses pengasapan organ intim wanita dengan alami. Bahan alami ini berasal dari rempah-rempah yang dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap pada vagina.

Jauh sebelumnya, ratus merupakan sebuah tradisi dari China dan hanya boleh dilakukan oleh wanita yang sudah menikah serta melahirkan. Kelebihan dari perawatan dengan ratus antara lain tidak hanya membuat wangi tetapi tetapi juga membuat seluruh tubuh terasa segar.

2. Kegunaan ratus

6 Cara yang Benar Merawat Miss V dengan Ratus, Perhatikan Ya

Ratus umumnya digunakan untuk spa dan bisa membuat vagina menjadi lebih wangi. Sudah banyak salon-salon yang menyediakan spa khusus untuk perawatan tubuh sekaligus perawatan organ intim wanita. Tujuan dari perawatan menggunakan ratus ini adalah untuk mengharumkan daerah intim wanita dan juga mengurangi lendir yang berlebih saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan.

Selain itu perawatan dengan ratus juga dapat membantu menghilangkan jamur juga bau amis setelah menstruasi, mengurangi keputihan dan mengencangkan otot vagina setelah melahirkan.

3. Cara perawatan

6 Cara yang Benar Merawat Miss V dengan Ratus, Perhatikan Ya

Perawatan dengan ratus dapat dilakukan sendiri di rumah dengan pengasapan menggunakan anglo. Selain perawatan di salon atau spa, kamu juga bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan menggunakan ratus.

Caranya, gunakan anglo dan kayu mayosi sebagai bahan bakarnya. Lalu, gunakan baju khusus untuk melakukan spa atau gunakan baju yang menutupi leher sampai kebawah seperti memakai sarung. Siapkan kursi ratus yang memiliki lubang ditengahnya tepat di bagian organ intim. Siapkan bahan ratus seperti daun sirih, kayu manis, kayu mayosi dan akar wangi.

Kemudian bakar ratus tersebut, letakkan tepat di bawah kursi yang berlubang. Posisikan agar asap hasil pembakaran tersebut tepat menuju ke vagina. Rapikan kain penutup agar pengasapan yang dilakukan dapat optimal. Lakukan selama 30 menit untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Cara lain yang bisa kamu coba

6 Cara yang Benar Merawat Miss V dengan Ratus, Perhatikan Ya

Cara yang lebih sederhana untuk melakukan perawatan ratus adalah dengan menggunakan panci sedang. Caranya, rebus bahan-bahan yang dibutuhkan (5 lembar daun sirih, 2-3 cm kayu manis, 5 butir cengkeh (jika tidak keputihan kurangi cengkehnya) dan ½ liter air. Setelah direbus selama 10-15 menit sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan.

Hampir sama dengan cara sebelumnya, gunakan kursi ratus dan biarkan uap dari rebusan ratus menguap. Dibutuhkan juga baju yang menutupi leher sampai ke bawah untuk mengoptimalkan penguapan dari rebusan ratus. Lakukan seminggu sekali saja, karena jika terlalu sering melakukan perawatan dengan ratus dapat mempengaruhi keseimbangan organ intim.

5. Apa sih manfaat ratus?

6 Cara yang Benar Merawat Miss V dengan Ratus, Perhatikan Ya

Tidak hanya menjaga kelembapan organ intim atau menjaganya tetap wangi, namun ada juga lho manfaat-manfaat lainnya. Berikut ini adalah manfaat ratus yang bisa kamu dapatkan, antara lain:

  • Melancarkan peredaran darah.
  • Menghilangkan jamur pada vagina yang menyebabkan keputihan.
  • Membersihkan vagina perempuan khususnya setelah melahirkan maupun setelah masa menstruasi.
  • Mengencangkan daerah organ intim.
  • Mengurangi lendir berlebih.
  • Dipercaya dapat mencegah kanker rahim.

6. Gunakan ratus di waktu yang aman

6 Cara yang Benar Merawat Miss V dengan Ratus, Perhatikan Ya

Perawatan menggunakan ratus tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebagai anjuran, ratus sebaiknya digunakan saat tidak sedang datang bulan. Selain itu, ratus juga baiknya hanya boleh digunakan oleh kamu yang berusia antara 20 hingga 60 tahun, serta tidak memiliki masalah penyakit kelamin.

Nah gimana? Tertarik untuk mencoba ratus?

Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel

Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel

Bekas luka, baik bekas cacar, bekas jerawat, lecet atau luka karena terjatuh atau teriris benda tajam, baik di badan maupun di wajah, bisa sangat memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Jika Anda pernah terjatuh dan punya bekas luka yang tak kunjung hilang, Anda pasti ingin mencari cara menghilangkan bekas luka. Artikel ini akan beri tahu Anda bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel .

1. Ampas teh kantong

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Doyan minum teh di pagi atau sore hari? Jangan langsung buang teh kantong sisa seduhan. Simpan dalam kulkas semalaman, lalu gunakan untuk mengompres bekas luka keesokan harinya.

Ampas teh juga dikenal ampuh menyamarkan warna gelap pada kantong mata. Kandungan polifenol di dalamnya, berperan sebagai antioksidan atau penangkal radikal bebas.

Senyawa aktif ini juga, yang berperan menyamarkan bekas luka pada kulit. Jika rutin dilakukan, bekas luka bahkan bisa hilang seluruhnya.

2. Teh hijau

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Manfaat teh hijau juga tinggi karna ada Kandungan polifenol dan juga bagus digunakan untuk menyamarkan bekas luka. Caranya, seduh daun teh hijau dengan sedikit air panas hingga mengembang. Tunggu hingga dingin, lalu gosokkan pada area bekas luka secara lembut.

Jika ingin mendapatkan sensasi dingin, simpan dulu daun teh hijau yang sudah diseduh selama beberapa jam dalam kulkas. Sensasi dingin ini juga baik untuk merelaksasi kulit. Rutin melakukan cara ini, bisa menghilangkan bekas luka dengan cepat dan alami lho!

3. Madu

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Selain sebagai suplemen makanan, madu memiliki khasiat untuk kesehatan kulit. Kandungan antioksidan dan antibakteri di dalamnya, membuat kulit lebih halus, sehat, dan tampak cerah.

Untuk membantu menghilangkan bekas luka, rutinlah mengoles madu di area yang diinginkan. Jadikan madu seperti masker dan biarkan selama 20-30 menit hingga membentuk lapisan yang agak mengeras. Bilas dengan air.

4. Minyak zaitun

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Sejak zaman dahulu minyak zaitun banyak digunakan oleh perempuan Timur Tengah dalam perawatan kulitnya. Minyak zaitun memang gak hanya berfungsi sebagai pelembap alami, tapi juga mampu menangkal radikal bebas.

Mengoleskan minyak zaitun secara rutin pada bekas luka, bisa membantu pemulihan lebih cepat. Kandungan senyawa aktif di dalamnya, merangsang regenerasi sel kulit dan mengembalikan warnanya seperti semula.

5. Cuka apel

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Populer sebagai obat jerawat alami, cuka apel mengandung asam asetat, sitrat, laktat, dan suksinat yang berperan sebagai anti bakteri. Cairan ini juga ampuh menghilangkan bekas luka. Cukup mengoleskannya secara rutin pada bagian yang diinginkan, bekas lukamu perlahan memudar.

6. Lidah buaya

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Gak salah jika lidah buaya dijuluki sebagai tumbuhan sejuta manfaat. Khasiatnya mulai dari menjaga kesehatan rambut, menyehatkan kulit, hingga membantu penyembuhan luka. Sensasi dingin dari gel lidah buaya, juga baik untuk merelaksasi kulit.

7. Kapsul vitamin E

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Vitamin E berperan sebagai antioksidan dan antiradikal alami untuk tubuh manusia. Gak heran, banyak produk perawatan tubuh yang menyertakan ekstrak vitamin E di dalamnya.

Agar bekas luka cepat hilang dan warna kulit kembali normal, kamu bisa menggunakan cairan dari kapsul vitamin E sebagai obat oles. Selain itu, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin E tinggi, seperti sayuran hijau dan kacang-kacangan.

8. Minyak kelapa

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Kulit di sekitar bekas luka, biasanya jadi lebih kering dan terasa gatal di tepiannya. Hasrat ingin menggaruk pasti sulit ditahan. Padahal jika INI dilakukan, akan berpotensi memperlebar bekas luka.

Mengoleskan minyak kelapa di area bekas luka, bagus untuk menjaga kelembapan kulit. Proses pemulihan juga bisa berlangsung lebih cepat. Selain minyak kelapa, bisa juga menggunakan virgin coconut oil (VCO).

9. Hindari mengelupas bekas luka

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Selain menggunakan bahan-bahan alami di atas, yang gak kalah penting adalah menahan keinginan mengelupas bekas luka. Rasanya memang gatal dan gak nyaman, apalagi melihat tepian luka mulai sedikit mengelupas.

Bekas luka yang dikelupas paksa, bisa memicu peradangan hingga infeksi. Bukannya sembuh, malah berpotensi terciptanya luka baru. Proses pemulihan pun jadi makin lama.

10. Tutup luka seperlunya

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

Menutup bekas luka yang masih basah, bukanlah cara terbaik untuk menyamarkannya. Justru penutupan ini membuat luka jadi lembap dan sulit kering.

Biarkan luka dalam kondisi terbuka namun tetap jaga kebersihannya. Tutup luka seperlunya dan hanya dalam kondisi mendesak. Misalnya, saat akan berolahraga, bepergian jauh, atau harus menggunakan pakaian tertentu.

Dengan menerapkan 10 metode cara menghilangkan bekas luka di atas, kamu gak perlu cemas lagi pada bekas luka yang membandel. Lakukan secara teratur biar hasilnya maksimal, yuk! Semoga bermanfaat ya!

Cara Tradisional Meredakan Mimisan

Cara Tradisional Meredakan Mimisan

Mimisan terjadi karena pendarahan dari lubang hidung. Dalam istilah kedokteran, kondisi ini disebut epistaksis. Meskipun demikian, nggak perlu panik berlebihan ya , karena mimisan tak membahayakan kesehatan. Biasanya, seseorang yang mengalaminya akan panik, karena takut melihat darah mengalir dari rongga hidung.  Nah, jika anak mimisan, anda jangan panik. Usahakan jangan terlalu histeris, sehingga membuat anak ketakutan. Anda coba tenangkan diri dan atasi dengan bahan alami yang ada di rumah. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, Cara Tradisional Meredakan Mimisan .

1. Cuka apel

10 Cara Tradisional untuk Meredakan Mimisan, Ampuh Nih!

Asam dalam cuka apel dapat membantu menyempitkan pembuluh darah, sehingga menghentikan pendarahan. Hal yang harus kamu lakukan adalah celupkan kapas ke dalam cuka apel dan tempatkan di lubang hidung yang sedang mengamati mimisan selama 10 menit.

2. Air garam

10 Cara Tradisional untuk Meredakan Mimisan, Ampuh Nih!

Kekeringan di selaput hidung adalah salah satu penyebab utama kenapa terjadinya mimisan. Oleh karena itu, cobalah menggunakan air garam dan teteskan beberapa tetes larutan garam ke dalam hidung kamu. Ini berguna untuk melembabkan saluran hidung kamu.

3. Daun jelatang

10 Cara Tradisional untuk Meredakan Mimisan, Ampuh Nih!

Daun jelatang adalah salah satu obat herbal yang baik untuk mimisan. Larutan jelatang dapat membantu mencegah alergi pada hidung. Caranya, seduh daun jelatang segar, setelah dingin celupkan kapas ke dalam larutan daun jelatang, kemudian letakkan di hidung selama 5 hingga 10 menit sampai pendarahan berhenti.

4. Kompres dengan es

10 Cara Tradisional untuk Meredakan Mimisan, Ampuh Nih!

Suhu es yang sangat dingin dapat menyempitkan pembuluh darah pada hidung dan memperlambat aliran darah dalam beberapa menit. Tapi, jangan pernah mengoleskan es secara langsung ke hidung. Sebelum mengapalikasikannya ke hidung kamu harus membungkus es tersebut handuk tipis. Lakukan pengompresan ini selama 10 menit sambil duduk dalam posisi tegak dan tempatkan posisi kepala kamu ke belakang.

5. Daun Ketumbar

10 Cara Tradisional untuk Meredakan Mimisan, Ampuh Nih!

Daun ketumbar memiliki banyak vitamin dan mineral yang sangat dianjurkan dalam menghentikan pendarahan pada hidung. Sifatnya yang mendinginkan dan menyejukkan dapat menghentikan pendarahan dalam waktu singkat. Selain itu, daun ketumbar dapat menyeimbangkan tekanan darah dan sifat anthistaanti pada ketumbar juga dapat mencegah alergi yang memicu mimisan.

Cara penggunaannya adalah jus daun ketumbar segar atau oleskan daun ketumbar segar di dahi.

6. Air lemon

10 Cara Tradisional untuk Meredakan Mimisan, Ampuh Nih!

Kandungan asam pada lemon yang tinggi dapat menghetikan pendarahan pada hidung. Tak banyak itu, kandungan vitamin C dari lemon juga akan memperkuat kapiler darah halus yang ada pada hidung.

Cara penggunaannya adalah gunakan pipet bersih untuk meneteskan beberapa tetes jus lemon segar di dalam kedua lubang hidung dan jangan lupa posisikan kepala ke arah belakang.

7. Bawang

10 Cara Tradisional untuk Meredakan Mimisan, Ampuh Nih!

Bawang mengandung vitamin C dan bioflavonoid yang dapat membantu memperkuat kapiler. Cara penggunaannya adalah potong bawang dengan irisan tebal, tekan satu irisan bawang tersebut di bawah lubang hidung, kemudian hirup bau dari bawang selama beberapa menit.

8. Penguapan

10 Cara Tradisional untuk Meredakan Mimisan, Ampuh Nih!

Menguapkan hidung dapat membantu menjaga membran hidung yang halus tetap lembab. Kamu dapat menggunakan uap dari secangkir teh yang akan kamu minum setiap pagi.

9. Bubuk cabai

10 Cara Tradisional untuk Meredakan Mimisan, Ampuh Nih!

Bubuk cabai bekerja sebagai stimulan sel dan dapat mengatur tekanan aliran darah, yang dimana ini dapat membantu menghilangkan tekanan berat dari area terjadinya pendarahan.

Cara penggunanya ambilah satu sendok teh bubuk cabai dan campur dalam air hangat dan minum larutan tersebut.

10. Minum air putih

10 Cara Tradisional untuk Meredakan Mimisan, Ampuh Nih!

Kurangnya asupan cairan sepanjang air dapat menyebabkan kekeringan pada selaput lendir yang dapat menyebabkan hidung berdarah. Jadi pastikan kamu tetap terhidrasi sepanjang hari.

Jangan lupa selalu jaga kesehatan hidung kamu juga, ya .

Jamu Indonesia Yang Baik Untuk Kesehatan

Jamu Indonesia Yang Baik Untuk Kesehatan

Zaman dahulu, sebelum ada banyak obat kimia seperti sekarang, nenek moyang kita mengolah bahan-bahan alami menjadi jamu untuk mengobati berbagai macam penyakit. Nah, jamu ini terdiri dari beberapa jenis dengan beragam manfaatnya bagi tubuh kita. Kira-kira, apa saja nama jamu tradisional ini? Yuk, kita cari tahu , berikut ini merupakan Jamu Indonesia Yang Baik Untuk Kesehatan .

1. Jamu Kunyit Asam

Inilah Manfaat 5 Jenis Jamu Indonesia yang Baik Buat Kesehatanmu

Jamu kunyit asam dapat digunakan sebagai penawar racun dan mampu membuang racun yang mengendap di dalam tubuh, akibat penggunaan obat-obatan kimia secara berlebihan dan jangka panjang, racikan jamu kunyit asam juga dapat mengatasi pegal-pegal. Selain itu  jamu kunyit asam mengandung vitamin C yang membuat kulitmu semakin halus dan bercahaya. Wah, banyak banget ya manfaatnya.

2. Jamu Beras Kencur

Inilah Manfaat 5 Jenis Jamu Indonesia yang Baik Buat Kesehatanmu

Kalau kamu mengkonsumsi beras kencur, maka efek yang dihasilkan seperti zat analgesik. Zat analgesik itu bisa meredakan nyeri dan berbagai macam penyakit lainnya selain itu Kandungan kencur di dalam jamu beras kencur bisa bermanfaat dalam meningkatkan nafsu makan. Wah, bagus banget nih buat adik atau keponakan kamu yang sedang dalam masa pertumbuhan.

3. Jamu Temulawak

Inilah Manfaat 5 Jenis Jamu Indonesia yang Baik Buat Kesehatanmu

Pada temulawak terdapat kandungan zat yang bernama katatoga. Katatoga ini sangat baik untuk kesehatan hati dan membantu memperbaiki sel hati yang rusak.

4. Jamu Brotowali atau Pahitan

Brotowali mengandung alkaloid barberin dan columbina yang berfungsi sebagai pembunuh bakteri pada luka. Selain itu zat pikroretin merupakan zat yang memberikan rasa pahit pada brotowali yang dapat merangsang kerja urat saraf dan menjadikan sistem pernafasan dapat bekerja dengan baik, bersamaan dengan zat palmatin, glikosida, harsa, kolulin, dan zat patiWalaupun rasanya pahit, ternyata brotowali menyimpan banyak manfaat loh milenials.

5. Jamu Cabe Puyang

Inilah Manfaat 5 Jenis Jamu Indonesia yang Baik Buat Kesehatanmu

Manfaat utama tanaman lempuyang yaitu mampu mencegah munculnya sel-sel kanker, selain itu ramuan jamu ini juga  bisa menyembuhkan sakit gigi.

Nah, itu dia berbagai manfaat yang dapat kita peroleh dari jamu. Gimana nih milenials? Jika kamu berlebihan mengkonsumsi minuman soda dan minuman berbahan pengawet, yuk kurangi porsinya dan mulai beralih ke minuman sehat seperti jamu.

Khasiat Daun Sambiloto

Khasiat Daun Sambiloto

Sambiloto merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki berbagai manfaat. Beberapa dari Anda mungkin baru mendengar tumbuhan ini. Namun, jangan salah, walaupun terdengar asing di telinga Anda tetapi sebenarnya sudah banyak obat jamu tradisional yang terbuat dari tanaman ini. Apa saja sih khasiat sambiloto untuk kesehatan? Sebelum mengetahui khasiatnya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu sambiloto. Sambiloto atau Andrographis paniculata merupakan tanaman yang mempunyai rasa sangat pahit. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah Asia dan India. Sudah lama tanaman ini dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu menyembuhkan banyak penyakit. Berikut merupakan Khasiat Daun Sambiloto .

1. Melancarkan peredaran darah

6 Khasiat Daun Sambiloto yang Jarang Diketahui, Pahit Tapi Bikin Sehat

Menurut Chinese Medical Journal  dalam penelitian tahun 1994, berhasil mengungkap fakta bahwa ekstrak daun sambiloto mampu mencegah pembuluh darah menyempit dan memperlambat terjadinya penggumpalan darah. Hal inilah yang membuat peredaran darah menjadi lancar dan meminimalisir terjadinya berbagai penyakit kardiovaskular. Khasiat sambiloto dalam menurunkan kadar kolesterol juga mampu mencegah terjadinya penyakit jantung.

2. Kaya asam lemak tak jenuh yang baik untuk mencegah kardiovaskular

6 Khasiat Daun Sambiloto yang Jarang Diketahui, Pahit Tapi Bikin Sehat

Daun sambiloto adalah sumber asam lemak tak jenuh yang berlimpah, yaitu asam linoleat dan linolenat. Karena tubuh tidak dapat membuat dua lemak ini, diperlukan nutrisi dari asupan makanan yang mendukung. Sebuah studi yang ditemukan dalam American Journal of Clinical Nutrition edisi November 2001, menemukan bahwa diet yang kaya akan dua asam lemak ini mampu melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular. Dalam studi ini, dijelaskan bahwa orang yang sering mengonsumsi asam lemak linoleat dan linolenat memiliki risiko penyakit kardiovaskular 40 persen lebih rendah dibandingkan dengan orang yang jarang mengonsumsi dua lemak ini.

3. Menurunkan hipertensi

6 Khasiat Daun Sambiloto yang Jarang Diketahui, Pahit Tapi Bikin Sehat

Kalau kamu punya tekanan darah di atas 140/80, kemungkinan kamu mengalami hipertensi karena melebihi batas normal tekanan darah. Meminum rebusan daun kaya kalium ini mampu menghilangkan akumulasi garam yang meningkatkan jumlah natrium dalam aliran darah dan menjadi penyebab hipertensi. Kandungan andrografolida juga berkontribusi terhadap pengurangan gula dalam darah yang mengurangi risiko diabetes.

4. Mampu melawan pertumbuhan sel kanker payudara

6 Khasiat Daun Sambiloto yang Jarang Diketahui, Pahit Tapi Bikin Sehat

Untuk mengurangi risiko kanker payudara, kamu perlu tetap aktif secara fisik, mengonsumsi makanan rendah lemak dan mempertahankan berat badan yang sehat. Selain itu, menurut Experimental Biology and Medicine  pada Februari 2004, mengonsumsi daun pahit sambiloto dapat memerangi pertumbuhan sel kanker payudara. Dalam studi yang dilakukan para ilmuwan dari Jackson State University  yang meneliti tabung reaksi sel kanker payudara manusia, menemukan bahwa daun pahit sambiloto mampu menghambat pertumbuhan dan proliferasi sel kanker payudara.

5. Kaya antioksidan

6 Khasiat Daun Sambiloto yang Jarang Diketahui, Pahit Tapi Bikin Sehat

Tahukah kamu kalau sel-sel tubuh kita hampir secara konstan mengalami serangan dari proses berbahaya yang disebut oksidasi? Oksidasi dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya pembentukan sel prakanker. Menurut laporan Food Chemistry edisi Desember 2006, daun sambiloto adalah sumber antioksidan yang melimpah. Para peneliti menambahkan bahwa sifat antioksidan dalam daun pahit ini bisa melawan penyakit dan baik untuk diet.

6. Menurunkan kolesterol jahat yang memicu serangan jantung

6 Khasiat Daun Sambiloto yang Jarang Diketahui, Pahit Tapi Bikin Sehat

Kolesterol yang tinggi, terutama kolesterol “jahat” LDL adalah faktor risiko terjadinya serangan jantung, stroke, dan penyakit alzheimer. Menurut Journal of Vascular Health and Risk Management edisi Februari 2008, daun sambiloto yang pahit ampuh mengurangi kolesterol jahat. Dalam penelitian yang menjadikan hewan sebagai model, suplemen dengan ekstrak daun sambiloto mampu mengurangi kolesterol LDL hingga 50 persen, sekaligus juga meningkatkan kolesterol “baik” HDL. Namun, belum ada penelitian yang langsung diujicobakan pada manusia terkait penurunan kolesterol ini.

Meski pahit, daun sambiloto memiliki manfaat yang hebat bagi kesehatan. Siap pilih jamu pahitan yang mengandung daun ini?

Jamu Tradisional Untuk Kecantikan

Jamu Tradisional Untuk Kecantikan

Minuman tradisional, atau yang dikenal dengan jamu ini sudah dimanfaatkan nenek moyang kita untuk menjaga kesehatan, mengobati penyakit, dan juga menjaga penampilan agar senantiasa tampil cantik alami. Jamu bukanlah sembarang minuman, karena jamu yang merupakan minuman tradisional ini menggunakan rempah-rempah alami asli Indonesia yang memiliki berbagai macam khasiat. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Jamu Tradisional Untuk Kecantikan .

1. Jamu kunyit asam

5 Jamu Tradisional yang Bisa Memancarkan Cantikmu dari Dalam

Cara membuatnya mudah sekali yaitu parut dua ruas kunyit. Masukkan ke dalam panci bersama asam jawa dan gula jawa. Masukkan sedikit air dan rebus hingga mendidih.

Kandungan vitamin pada kunyit asam berupa minyak atsiri, vitamin C, protein, kalium, kurkuminoid, fosfor dan besi membuat kulit wajah kamu semakin cerah dan segar. Selain itu jamu kunyit asam juga bisa meredakan nyeri haid kamu.

2. Jamu daun sinom

5 Jamu Tradisional yang Bisa Memancarkan Cantikmu dari Dalam

Dengan di campur kunyit, temulawak, kayu manis, gula merah, dan kapulaga, jamu ini bisa mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan semakin sehat, cerah dan bebas dari jerawat.

3. Jamu daun sambiloto

5 Jamu Tradisional yang Bisa Memancarkan Cantikmu dari Dalam

Kandungan jamu daun sambiloto dipercaya sebagai penghambat penuaan. Hal ini karena andrografin, androfolit (zat pahit), dan panikulin yang ada pada daun sambiloto berfungsi sebagai antibiotik sehingga bisa menghambat penuaan kulit serta membersihkan racun dalam tubuh.

4. Jamu beras kencur

5 Jamu Tradisional yang Bisa Memancarkan Cantikmu dari Dalam

Mau diet dengan jamu? Bisa. Jamu beras kencur dipercaya sebagai pelangsing alami. Tidak hanya itu, jika kamu rajin meminumnya, maka jerawatmu akan hilang dan kulit akan semakin kencang.

5. Jamu daun pepaya

5 Jamu Tradisional yang Bisa Memancarkan Cantikmu dari Dalam

Banyak sekali manfaat jamu daun pepaya bagi kesehatan maupun kecantikan. Di antaranya mengatasi rambut rontok, anti penuaan, bebas jerawat, dan mencegah risiko kanker. Pengolahannya tidak terlalu sulit, kamu tinggal merebusnya maupun dijus.

Meskipun jamu memiliki kesan jadul tapi jangan remehkan manfaatnya yang beragam. Untuk meminumnya kamu bisa membelinya atau bahkan membuatnya sendiri. Yuk, minum jamu!

Khasiat Biji Teratai

Khasiat Biji Teratai

Perayaan Imlek tiba, sederet sajian istimewa pun dihidangkan di atas meja makan. Salah satu hidangan yang kerap disajikan adalah sup delapan bentuk. Sup khas Imlek ini disantap dengan harapan agar bisnis yang dijalankan mampu berkembang dengan cepat saat tahun baru tiba. Sup delapan bentuk terdiri dari teripang, jamur tungku, ikan, udang, perut ikan, kerang kering, abalone, jamur hitam, kacang ginko, serta biji lotus. Anda mungkin jarang mendengar tentang nama yang terakhir tersebut, namun manfaat biji lotus bagi kesehatan sangat luas.

Biji lotus berasal dari tanaman lotus, sejenis teratai. Sama halnya dengan jenis biji-bijian lainnya, biji lotus juga memiliki manfaat yang penting bagi kesehatan. Kandungan protein nabatinya memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Nah berikut ini merupakan Khasiat Biji Teratai yang wajib anda ketahui .

1. Meringankan penyakit diabetes

5 Manfaat Biji Teratai, Ampuh Obati Diabetes Hingga Penuaan Dini

Biji teratai memiliki kalori yang cukup rendah dan kaya akan serat. Serat makanan berpotensi menurunkan kadar gula dalam darah. Mineral yang terkandung dalam biji teratai membantu meringankan faktor yang menjadi penyebab diabetes tipe II.

Para ahli gizi, menyarankan bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi biji teratai setidaknya tiga kali dalam seminggu. Biji teratai bisa dijadikan camilan sehat dan mengurangi rasa lapar.

Namun, meskipun manfaat ini berguna untuk penderita diabetes, kamu harus tetap berkonsultasi dengan dokter jika kadar gula dalam darah tinggi.

2. Mengobati insomnia

5 Manfaat Biji Teratai, Ampuh Obati Diabetes Hingga Penuaan Dini

Insomnia dan sleep apnea menjadi masalah gangguan tidur yang merusak kualitas tidur. Stres menjadi alasan besar yang memicu kualitas tidur yang buruk.

Biji teratai bisa dijadikan obat penenang alami yang dapat mengatasi insomnia. Kandungan pada biji teratai meredakan kegelisahan dan kecemasan.

3. Menjaga kesehatan perut

5 Manfaat Biji Teratai, Ampuh Obati Diabetes Hingga Penuaan Dini

Biji teratai dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah perut. Diare, mual, dan gangguan pencernaan lainnya bisa diatasi dengan vitamin dan mineral penting pada biji teratai.

4. Menjaga kesehatan mulut

5 Manfaat Biji Teratai, Ampuh Obati Diabetes Hingga Penuaan Dini

Kesehatan mulut juga bisa kamu atasi dengan mengonsumsi biji teratai. Contohnya adalah pendarahan gusi. Sifat penyembuhan pada biji teratai dapat menghambat pendarahan konstan dan mencegah iritasi pada gusi.

5. Agen anti penuaan dini

5 Manfaat Biji Teratai, Ampuh Obati Diabetes Hingga Penuaan Dini

Biji teratai ternyata berguna bagi dunia kecantikan. Beberapa biji teratai bisa dijadikan krim alami yang menghambat penuaan dini. Biji teratai memproduksi banyak kolagen dan mengembalikan protein yang hilang pada kulit sehingga kulit akan lebih awet muda dan kenyal.

Khasiat Undur Undur Untuk Kesehatan

Khasiat Undur Undur Untuk Kesehatan

Apakah Anda tahu binatang undur-undur? Ya, undur-undur merupakan hewan yang hidup di daerah berpasir dan berdebu. Disebut sebagai undur-undur karena memang binatang ini berjalan mundur, namun hal ini hanya berlaku untuk undur-undur yang masih kecil. Sedangkan, undur-undur dewasa akan berjalan maju dan terbang layaknya capung. Keunikan hewan yang masuk dalam jenis serangga ini tidak sampai hanya di situ saja. Pasalnya, binatang yang kecil ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Ada yang bisa menyembuhkan penyakit kuning, menurunkan kolestrol, hingga menyembuhkan asma lho. Ingin tahu beberapa hebat Khasiat Undur Undur Untuk Kesehatan  , mari kita simak ulasan berikut ini .

1. Mencegah degenerasi makula

Jadi Obat Tradisional, Ini 5 Khasiat Undur-Undur untuk Kesehatan

Degenerasi makula merupakan gangguan pada mata yang menjadi penyebab kebutaan. Biasanya penyakit ini dialami oleh mereka yang berusia lanjut. Namun tak menutup kemungkinan penyakit ini bisa dialami pada usia muda. Untuk mencegah terjadinya degenerasi makula, mengonsumsi undur-undur bisa menjadi obat alternatif penyakit ini lho. Kandungan omega-3 yang ada pada undur-undur dipercaya baik untuk mencegah dari kebutaan.

2. Mengobati asma

Jadi Obat Tradisional, Ini 5 Khasiat Undur-Undur untuk Kesehatan

Asma terjadi karena adanya pembengkakan paru-paru dan penyumbatan pada saluran pernafasan. Mengonsumsi undur-undur ternyata dapat menangani pembengkakan pada paru-paru sehingga saluran pernafasan bisa kembali normal.

3. Menyembuhkan rematik dan asam urat

Jadi Obat Tradisional, Ini 5 Khasiat Undur-Undur untuk Kesehatan

Rematik dan asam urat terjadi karena peradangan dan sistem kekebalan tubuh yang sedang melemah. Kaya akan omega-3, undur-undur dipercaya dapat menyembuhkan asam urat, selain itu undur-undur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sehingga dapat menghidar dari serangan penyakit rematik.

4. Menyembuhkan diabetes

Jadi Obat Tradisional, Ini 5 Khasiat Undur-Undur untuk Kesehatan

Kandungan zat sulfonylurea pada undur-undur dapat membantu pankreas memproduksi insulin sehingga bisa menurunkan kadar gula pada tubuh. Dibeberapa negara terutama di Tiongkok, undur-undur dikenal sebagai salah satu bahan obat untuk penderita diabetes.

5. Mengobati stroke

Jadi Obat Tradisional, Ini 5 Khasiat Undur-Undur untuk Kesehatan

Stroke disebabkan karena meningkatknya tekanan darah terlalu tinggi yang menyebabkan pecahnya pembuluh darah pada tubuh. Nah, mengonsumsi undur-undur dipercaya dapat mencegah meningkatnya tekanan darah pada tubuh.

Obat Alami Asam Urat

Obat Alami Asam Urat

Ada banyak gejala yang ditimbulkan oleh kadar asam urat tinggi, salah satu yang paling sering adalah radang sendi asam urat atau dikenal dengan istilah gout arthritis. Pada kondisi seperti ini maka seseorang membutuhkan obat asam urat yang bisa diandalkan.

Seseorang yang mengalami penyakit gout akan merasakan rasa sakit luar biasa pada sendinya, tak jarang disertai dengan pembengkakan, dan sendi berubah menjadi kemerahan karena proses peradangan yang sedang terjadi.

Pada kondisi radang sendi asam urat seperti itu pemijatan tidak boleh dilakukan, sehingga obat asam urat menjadi alternatif utama, ada baiknya untuk memilih obat asam urat yang minim efek samping seperti obat asam urat yang bersumber dari bahan alami.

Ada banyak pilihan obat asam urat yang tersedia di pasaran, baik yang berupa tablet ataupun dalam bentuk bubuk ramuan jamu, namun jangan sembarangan menggunakan obat itu, karena salah-salah malah menimbulkan efek buruk terhadap kesehatan.

Konsultasikan dengan dokter untuk setiap obat asam urat yang akan Anda minum. Jika mungkin Anda seseorang yang menderita asam urat, beberapa obat asam urat alami dibawah ini mungkin bisa menjadi pertimbangan. Berikut ini merupakan Obat Alami Asam Urat  yang wajib anda ketahui .

1. Nimba

5 Bahan Alami untuk Obat Asam Urat Ini Mujarab

Nimba merupakan tanaman yang sering digunakan dalam Ayurveda untuk mengurangi peradangan dan meredakan asam urat serta artritis. Manfaat nimba sebagai obat antiinflamasi sendiri telah dibuktikan pada penelitian berjudul Anti-inflamatory, pro-apoptotic, and anti-proliferative effects of a methanolic neem (Azadiracta indica) leaf extract are mediated via modulation of the nuclear factor-kB pahtway pada tahun 2011. Untuk mendapatkan manfaat nimba atau neem, tanaman ini dibuat menjadi pasta terlebih dahulu kemudian diterapkan ke daerah yang terkena asam urat atau bengkak.

2. Kunyit

5 Bahan Alami untuk Obat Asam Urat Ini Mujarab

Kalau biasanya kunyit digunakan sebagai bumbu masakan. Dalam Ayurveda, kunyit diyakini memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Salah satunya karena curcumin, yaitu bahan aktif dalam kunyit, memiliki banyak kegunaan.

Sebuah penelitian berjudul Efficacy of Turmeric Extract and Curcumin for Alleviating the Symptoms of Joint Arthritis: A Systematic Review and Meta-Analysis of Randomized Clinical Trials pada tahun 2016, yang dipublikasikan di Journal of Medicinal Food, menunjukkan bahwa curcumin efektif untuk mengobati penyakit asam urat dan artritis.

Selain itu, pada penelitian berjudul Flexofytol, a Purified Curcumin Extract, in Fibromyalgia and Gout: A Retrospective Study yang dilakukan pada tahun 2013 dan diterbitkan oleh Scientific Research, menunjukan bahwa flexofytol, yang didapat dari ekstrak curcumin yang dimurnikan, sangat efektif dalam mengobati peradangan asam urat.

3. Jahe

5 Bahan Alami untuk Obat Asam Urat Ini Mujarab

Tanaman lain yang paling umum digunakan dalam Ayurveda adalah jahe. Jahe dikenal memiliki sejumlah manfaat kesehatan dan telah menjadi obat rumahan populer untuk mengatasi asam urat.

Menurut Pakistan Journal of Nutrition, jahe terbukti efektif dalam mengatasi peradangan termasuk yang disebabkan oleh asam urat.

4. Triphala

5 Bahan Alami untuk Obat Asam Urat Ini Mujarab

Triphala merupakan kata dalam bahasa Sansekerta yang memiliki arti tiga buah. Triphala iala pengobatan herbal yang terdiri dari tiga buah, yaitu bibhitaki, amalaki, dan haritaki. Salah satu manfaat triphala yang diketahui adalah memiliki sifat antiinflamasi, sehingga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh asam urat.

Hal ini didukung oleh salah satu penelitian yang diterbitkan di PubMed pada tahun 2015 dengan judul The anti-inflammatory effect of triphala in arthritic-induced rats yang berhasil membuktikan bahwa triphala memiliki sifat antiinflamasi. Saat ini kamu bisa mendapatkan triphala dalam bentuk suplemen yang dijual di berbagai toko obat herbal serta online shop.

5. Brotowali

5 Bahan Alami untuk Obat Asam Urat Ini Mujarab

Tak hanya dalam pengobatan Ayurveda, brotowali juga sudah lama populer sebagai obat tradisional di Indonesia. Sebuah penelitian pada tahun 2017 yang diterbitkan di Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research menjelaskan bahwa brotowali memiliki manfaat dalam dunia medis. Ekstrak jus dari batang brotowali efektif menetralkan kadar asam urat dalam tubuh.

Selain itu, menurut Journal of Clinical and Diagnostic Research menunjukkan bahwa brotowali memiliki efek antiinflamasi dan menghilangkan rasa sakit pada tikus. Sayangnya, penelitian ini tidak menjelaskan sifat antiinflamasi brotowali bagi manusia.

Cara Jitu Atasi Mata Merah

Cara Jitu Atasi Mata Merah

Iritasi, reaksi alergi, dan cedera ringan pada mata dapat menyebabkan pembengkakan pembuluh-pembuluh kecil pada mata Anda dan membuatnya tampak memerah. Mata merah yang muncul tanpa rasa sakit umumnya tidak berbahaya, tapi Anda mungkin merasakan sensasi tidak nyaman saat mengalaminya. Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi mata merah yang dapat Anda lakukan untuk mengantisipasi kondisi ini. Berikut merupakan Cara Jitu Atasi Mata Merah .

1. Air mawar

5 Tips Jitu Atasi Mata Merah, Bukan Hanya Pakai Obat Tetes

Karena air mawar memiliki sifat anti peradangan, maka banyak orang menggunakannya sebagai obat untuk mengatasi mata merah. Bisa diteteskan langsung pada mata atau dioleskan pada mata ke dalam air mawar yang sudah dicampur air bersih.

Tak memakan waktu lama, mata kamu akan terasa sejuk dan perlahan warna merah pada mata akan berkurang.

2. Gunakan mentimun, lidah buaya, atau teh bekas

5 Tips Jitu Atasi Mata Merah, Bukan Hanya Pakai Obat Tetes

Sudah sejak dulu, banyak orang menggunakan potongan timun, lidah buaya, atau teh bekas untuk mengatasi merah. Rasa sejuk yang ditimbulkan dari bahan-bahan tersebut mampu membuat mata lebih rileks dan terasa nyaman. Selain karena bahan-bahannya mudah didapatkan, pengobatan sederhana ini pun bisa dilakukan kapan dan dimana saja.

3. Kompres dengan air dingin

5 Tips Jitu Atasi Mata Merah, Bukan Hanya Pakai Obat Tetes

Selain mengatasi mata bengkak, kompresan air dingin juga dipercaya mampu mengatasi mata merah secara cepat.

Ambil handuk kecil yang bersih dan rendam dalam air dingin, peras lalu tempatkan tepat di atas mata selama beberapa menit. Ulangi beberapa kali sampai area mata benar-benar terasa sejuk.

4. Jangan sering-sering mengucek mata karena rasa gatal

5 Tips Jitu Atasi Mata Merah, Bukan Hanya Pakai Obat Tetes

Ingat ya, jangan sekali-kali mengucek mata saat rasa gatal mulai menyerang. Bukannya mengurangi mata merah, hal tersebut akan membuat sakit mata menjadi semakin parah.

Apalagi saat tangan tak bersih, risiko terjadinya iritasi pada mata pun tentu saja akan semakin besar.

Kamu tentu tidak ingin matamu semakin memerah karena tak tahan dengan rasa gatal kan?

5. Konsumsi makanan bervitamin E dan omega 3

5 Tips Jitu Atasi Mata Merah, Bukan Hanya Pakai Obat Tetes

Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin E dan omega 3 juga merupakan salah satu cara efektif mengurangi mata merah.

Makanan yang mengandung vitamin E terdapat pada kacang-kacangan, sementara yang mengandung omega 3 terdapat pada beberapa jenis ikan. Makanan yang mengandung omega 3 berkhasiat menjaga kestabilan mata dan mencegah peradangan pada mata.