Ramuan Mengatasi Kolesterol Tinggi

Ramuan Mengatasi Kolesterol Tinggi

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Ramuan Alami Mengatasi Masuk Angin , Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol , Penyebab Penyakit Kaki Gajah , Penyebab Penyakit Cacingan , Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Mengobati Penyakit Bronkitis Pada Anak , Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Ginjal , Khasiat Mandi Subuh Untuk Kesehatan , Minuman Yang Meredakan Panas Dalam , Manfaat Daun Sukun Untuk Jantung , Manfaat Air Rebusan Ketumbar , Obat Diare Tradisional , Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Gigi , Obat Tradisional Epilepsi , Obat Memar Tradisional , Efek Samping Suntik Vitamin C , Dampak Buruk Daging Anjing , Obat Keseleo Lutut Tradisional , Obat Panu Tradisional , Tanda Penyakit Kista , Khasiat Jahe Putih Untuk Kesehatan , Bahaya Radiasi Smartphone Untuk Tubuh , Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan , Daftar Buah Pembunuh Sel Kanker , Kenali Gejala Penyakit Glaukoma , Manfaat Laos Putih Untuk Kesehatan , Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Puasa , Ramuan Mengatasi Kolesterol Tinggi , Obat Tradisional Biduran , Obat Cacingan Tradisional , Obat Lambung Luka Tradisional

Ramuan Mengatasi Kolesterol Tinggi

Kolesterol terbentuk di dalam hati dan memiliki fungsi penting untuk tubuh. Semua orang memiliki kolesterol dalam tubuhnya. Ada dua jenis kolesterol yang terdapat dalam tubuh kita. Pertama adalah kolesterol LDL. Jenis kolesterol inilah yang berbahaya bagi tubuh. Sedangkan kolesterol HDL merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg saja. Jadi jangan buru-buru berpikir negatif soal kolesterol. Yang berbahaya adalah jika kolesterol dalam darah ternyata jauh lebih tinggi. Kadar kolestrol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit dan juga menyumbat aliran darah. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi.

Seiring dengan gaya hidup orang-orang masa kini, kolesterol tinggi tidak hanya mengincar orang tua saja, faktanya anak-anak pun bisa mempunyai kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan asupan makanan yang tidak terjaga. Terutama makanan yang berlemak. Semakin banyak makan berlemak yang masuk dalam tubuh, maka penumpukan lemak akan semakin memperbesar kadar kolesterol dalam tubuh. Contoh makanan berlemak adalah gorengan, daging kambing, susu, dan masih banyak lagi.

Ketika kadar kolesterol LDL tinggi, maka akan menimbulkan penyumbatan aliran darah. Tentu saja timbunan lemak jahat itu akan mengganggu suplai makan menuju jantung. Hal ini akan memicu penyakit jantung dan stroke. Kadar kolesterol tinggi seringkali dikaitkan pada mereka yang bertubuh besar atau obesitas, namun nyatanya orang kurus pun dapat mempunyai kolesterol tinggi jika asupan makanan yang masuk dalam tubuh tidak dijaga. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi.

Cara menurunkan kolesterol tinggi sebenarnya cukup beragam, mulai dari mengonsumsi obat-obatan hingga menggunakan cara yang alami. Nah, berikut ini Liputan6 rangkum dari berbagai sumber, cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan mudah. Cara alami di sini maksudnya dengan mengonsumsi bahan-bahan alami yang ada disekitar serta menjalani gaya hidup yang sehat. Berikut adalah Ramuan Mengatasi Kolesterol Tinggi :

1. Biji Ketumbar

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketumbar dapat menurunkan kadar kolesterol. Biji ketumbar juga memiliki hipoglikemik yang dapat berguna untuk mengatur diabetes kamu.

Kamu bisa membuat ramuan ketumbar di rumah. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu siapkan dua sendok teh bubuk biji ketumbar. Kemudian campurkan dengan satu cangkir air dan rebus. Setelah mendidih, saring dan ramuan siap diminum. Sebaiknya minum dua kali sehari. Kamu juga bisa menambahkan susu, gula atau kapulaga.

Jika kamu tidak memiliki bubuk biji ketumbar, maka cukup menggunakan biji ketumbar dan panggang kering. Kemudian giling biji ketumbar yang sudah dipanggang untuk dijadikan bubuk.

2. Bawang Merah

Para ilmuwan di Hong Kong menemukan bahwa bawang merah dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Hal ini juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Cukup campurkan satu sendok teh bawang merah yang sudah dijus dengan madu. Kamu juga bisa menambahkan jahe. Minum sehari sekali secara teratur.

3. Gooseberry India

Gooseberry India bertindak sebagai agen hipolipidemik alami, yang berarti bahwa Gooseberry India dapat mengurangi konsentrasi lipid dalam serum. Campurkan satu sendok teh bubuk gooseberry India dengan segelas air hangat. Kamu bisa minum di setiap pagi pada saat perut masih kosong.

4. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel membantu menurunkan kadar kolesterol total. Selain itu, cuka sari apel juga dapat berfungsi sebagai obat rumah untuk penyakit tekanan darah tinggi, asam urat, infeksi saluran pernapasan atas, dan lain-lain.

Campurkan satu sendok teh cuka sari apel organik dalam segelas air. Minum dua atau tiga kali sehari setidaknya selama satu bulan. Kamu bisa menambahkan kadar cuka sari apel secara bertahap. Jika kamu tidak suka dengan rasanya, kamu bisa mencampurnya dengan jus jeruk, jus apel, jus anggur, atau jus buah lainnya.

5. Jus Jeruk

Minum tiga cangkir jus jeruk setiap hari, hal ini bisa membantumu untuk mengurangi kadar kolesterol ecara alami. Karena jeruk mengandung banyak vitamin C, folat, dan flavonoid.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa minum 750 ml jus jeruk murni setiap hari dapat meningkatkan kolesterol HDL dan trigliserida, dan menurunkan LDL / rasio HDL pada pasien hiperkolesterolemia.

6. Minyak Kelapa

Meskipun berlawanan dengan intuisi, minyak kelapa dianggap sebagai obat rumah yang bermanfaat untuk mengatasi kolesterol tinggi. Kamu bisa menambahkan minyak kelapa organik pada resep diet kamu, kurang lebih satu sampai dua sendok makan saja setiap hari. Jangan gunakan minyak kelapa olahan atau yang sudah diproses.

7. Oatmeal

Menikmati semangkuk oatmeal adalah cara mudah dan efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Karena oatmel penuh dengan serat larut, sehingga dapat mengurangi penyerapan kolesterol dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kamu bisa tambahkan buah-buahan dan kacang-kacangan seperti apel, pisang, stroberi, dan kenari untuk oatmeal kamu.

8. Minyak Ikan

Minyak ikan dapat membantu menurunkan trigliserida (lemak dalam darah) dan mencegah penyakit jantung. Kamu bisa mengkonsumsinya sekitar 1-4 gram minyak ikan per hari.

9. Ragi Beras Merah

Ragi beras merah mengandung senyawa monacolins yang dapat menghambat sintesis kolesterol. Sebenarnya ragi beras merah adalah beras yang yang difermentasi oleh ragi merah.

Selain itu, beberapa produk ragi beras merah mengandung lovastatin dan bahan kimia lainnya yang dapat menyebabkan efek samping. Cara terbaik sebelum mengkonsumsi ini sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Jangan mengambil mengkonsumsi ini saat hamil, menyusui atau ketika menderita masalah hati.

10. Kacang-kacangan

Kenari, almond, kacang, hazelnut, pistachio, pecan, dan kacang-kacangan lainnya berguna dalam mengendalikan kolesterol tinggi karena mereka kaya akan sterol dan serat. Kenari, khususnya, telah ditemukan untuk membantu kadar kolesterol total dan trigliserida. Jadi, sekarang kamu bisa mempunyai asalan untuk dapat mengkonsumsi ini. Namun jangan mengkonsumsi terlalu berlebihan.

Selain pengobatan ini, penting bagi kamu untuk mengatur gaya hidup sehat. Karena dengan hidup sehat akan sangat membantu untuk menurunkan kolesteral.

IndoPrimbon