Penyebab Puting Susu Terasa Gatal

Penyebab Puting Susu Terasa Gatal

Cara menjaga kesehatanRemove term: kesehatan kesehatanRemove term: makanan yang menyehatkan tubuh makanan yang menyehatkan tubuhRemove term: minuman penyehat tubuh minuman penyehat tubuhRemove term: penyebab puting susu terasa gatal penyebab puting susu terasa gatalRemove term: gatal pada puting susu gatal pada puting susu

Penyebab Puting Susu Terasa Gatal

Gatal (dikenal juga sebagai pruritus) adalah suatu sensasi yang menimbulkan keinginan atau refleks menggaruk. Terjadi perdebatan apakan gatal dapat diklasifikasikan sebagai salah satu jenis pengalaman sensoris. Ilmu pengetahuan modern telah menunjukkan bahwa gatal memiliki banyak kesamaan dengan rasa nyeri, dan keduanya merupakan pengalaman sensorik yang tidak menyenangkan, tetapi memiliki pola perilaku respons yang berbeda. Rasa nyeri menyebabkan refleks menarik diri, sedangkan gatal mengarah ke refleks menggaruk. Pada informasi yang akan kami sampaikan kali ini yaitu mengenai penyebab Rasa Gatal Di Puting Susu . Nah bagi para wanita sangat penting untuk mencari tahu penyebabnya lho , langsung aja ya kita simak apa saja penyebabnya :

1. Cuaca kering

Cuaca dingin dan kering dapat menyebabkan rasa gatal di seluruh tubuh termasuk di payudara dan puting. Hal itu biasanya membuat puting menjadi kering hingga mengelupas. Bila cuaca menjadi penyebabnya, disarankan untuk mandi dengan air hangat atau air dengan suhu ruangan dibawah 10 menit. Kemudian, bagian payudara atau puting yang kering sebaiknya dioleskan dengan krim atau salep pelembab.

2. Eksim

Eksim dapat menyebabkan ruam berkerak pada puting dan bagian payudara lainnya. Bila penyebab gatal pada puting dikarenakan eksim maka sebaiknya gunakan pelembab tebal dengan kandungan ceramide, yaitu bahan lilin yang dapat membantu menyembuhkan kulit. Krim steroid topikal seperti hidrokortison pun dapat membantu pembengkakan dan gatal. Bila semakin terasa gatal dan kering, sebaiknya segera konsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

3. Sabun mandi

Bahan kimia yang terkandung dalam sabun dapat menjadi penyebab ruam dan kering pada puting payudara bila tidak sesuai dengan kulit Anda. Sebaiknya, gunakan sabun dan pembersih yang hipoalergik, tidak beraroma, dan bebas peawarna. Selanjutnya Anda akan mengetahui apakah sabun mandi yang menjadi penyebabnya atau tidak.

4. Pakaian dalam atau bra

Kesehatan payudara wanita dapat dipengaruhi oleh bahan elastis atau pewarna yang digunakan untuk membuat bra atau pakaian dalam. Dermatitis kontak dapat menyebabkan kemerahan dan gatal pada area kulit yang menyentuh kain, sehingga dapat menyebabkan puting terasa gatal.

5. Kehamilan

Perubahan hormon dan peregangan pada kulit yang terjadi selama kehamilan dapat menyebakan payudara dan puting membesar. Unutk membantu mengurangi rasa gatal pada puting dapat menggunakan minyak kelapa atau salep lanolin yang dioleskan pada puting.

6. Radiasi

Radiasi membunuh sel-sel kulit dan menyebabkan kekeringan, rasa terbakar, dan gatal saat kulit terkelupas. Minumlah banyak cairan dan gunakan pakaian longgar dan lembut. Selain itu, Dokter Anda juga dapat meresepkan kortikosteroid untuk digosokkan pada kulit.

7. Tumor jinak

Terkadang Tumor nonkanker di duktus payudara dapat menyebabkan puting menjadi gatal dan berkrusta. Anda mungkin merasakan benjolan kecil atau melihat keluarnya cairan yang jelas atau berdarah dari puting. Untuk memastikannya, sebaiknya konsultasikan pada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

 

IndoPrimbon