Pengobatan Tradisional Mata Merah

Pengobatan Tradisional Mata Merah

Penyebab sakit mata biasanya terjadi disebabkan karena alergi, infeksi, atau kurangnya cairan pada mata yang mengakibatkan mata menjadi kering sehingga mata terasa perih. Terlalu fokus atau memandang obyek berlebihan dan jarang mengedipkan mata bisa menyebabkan mata kering sehingga mata pedih, ini biasa terjadi jika seseorang berada atau terlalu lama di depan komputer, main game, dan nonton televisi sehingga sampai lupa berkedip.

Nah, dengan sering mengedipkan mata akan terjadi proses pelumasan pada bagian mata sehingga bisa menghindari kekeringan yang membuat mata merah dan nyeri. Untuk itu berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Pengobatan Tradisional Mata Merah  :

Orang tua kita sejak dahulu telah mempersiapkan segala bentu herba untuk pengobatan penyakit ringan hingga penyakit kronis. Ketergantungan akan obat medis tampaknya terus meningkat sehingga resep dan rahasia terdahulu terlupakan. Dalam meracik obat tradisional sakit mata merah dan bengkak tidak terlalu sulit, cukup mempersiapkan herba alami. Salah satunya dengan ramuan herba daun Pegagan (Centella Asiatica).
Tanaman pegagan bersifat manis dan sejuk, digunakan sebagai anti infeksi, anti racun. Efek tanaman dapat menurunkan panas, sebagai asiaticoside dan vellarine. Daun pegagan bersifat sebagai Atringen dan tonikum, dikenal sebagai oabt untuk revitalisasi tubuh dan otak. Juga mampu memperbaiki sirkulasi dengan cara revitalisasi pembuluh darah.
Adapun cara membuat obat tradisional sakit mata merah, bengkak, dan belekan dari tanaman pegagan sebagai berikut:
  1. Ambil segenggam daun pegagan yang masih segar.
  2. Cuci bersih dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel.
  3. Haluskan herba ini, kemudian saring airnya.
  4. Gunakan air yang telah disaring halus untuk diteteskan pada mata.
  5. Lakukan pengobatan rutin 3-4 kali sehari hingga sembuh.
Tak jarang sakit mata yang diderita mengalami pembengkakan karena tidak menjaga kebersihan. Perawatan sakit mata karena virus dan bakteri harus rajin dibersihkan, jika tidak mata akan membengkak dan sakit. Ramuan ini bisa digunakan untuk anak dan dewasa tanpa efek samping.

Pencegahan Sakit Mata

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari beberapa penyebab umum sakit mata. Beberapa pencegahan sakit mata yang bisa dilakukan adalah:

  1. Mengenakan kacamata saat bekerja di lapangan atau pabrik, bahan kimia industri dan lainnya, di mana ada kemungkinan partikel kecil atau debu.
  2. Mengenakan kacamata pengaman selama aktivitas olahraga.
  3. Saat menggunakan segala jenis spray atau semprota, penting bahwa semprotan diarahkan Jauh daru area mata.
  4. Jika menggunakan lensa kontak, pemeriksaan rutin yang tepat harus dilakukan untuk mencegah cedera mata. Pengguna juga harus mengikuti instruksi dokter saat menerapkan, melepaskan, dan mencuci lensa.
  5. Mata harus dicuci dengan air secara teratur untuk menjaga mata tetap bersih.
  6. Kosmetik seperti eye shadows, eyeliner dan alat kosmetik lainnya, tidak boleh berbagi dengan orang lain.
  7. Berenang di air memiliki kandungan klorin harus dihindari karena ini dapat menyebabkan infeksi mata.

Image result for Mata Merah

IndoPrimbon