Obat Tradisional Mengatasi Wasir

Obat Tradisional Mengatasi Wasir

Ambeien atau wasir merupakan penyakit yang terdapat pada daerah anus atau dubur yaitu terjadi pembengkakan pembuluh darah pada area tersebut. Hal ini terjadi disebabkan oleh terjadinya peningkatan tekanan dalam pembuluh darah vena di sekitar anus atau dubur yang menghalangi aliran darah menuju anus. Penyakit ambeien bisa disebabkan karena seseorang yang susah buang air besar atau seseorang yang duduk dalam posisi yang sama, waktu yang lama, dan terlalu sering. Bisa juga diakibatkan karena terlalu sering mengangkat beban yang berat, mengejan terlalu keras, obesitas, kebutuhan serat dalam tubuh yang tidak terpenuhi, batuk terus menerus, dan makan makanan yang terlalu pedas. Nah untuk itu berikut ini kami akan memberikan anda informasi mengenai Obat Tradisional Mengatasi Wasir yang wajib anda simak .

1. Air hangat dengan campuran garam epsom

Terbukti Ampuh, 7 Obat Tradisional untuk Mengatasi Wasir

Untuk menghilangkan rasa sakit akibat wasir yang tiba-tiba kambuh, cobalah mandi air hangat yang sudah ditambah dengan garam epsom. Campuran kedua bahan tersebut dipercaya dapat membantu meredakan iritasi akibat wasir. Usahakan seluruh wasir yang ada terendam dalam campuran tersebut.

2. Lidah buaya

Terbukti Ampuh, 7 Obat Tradisional untuk Mengatasi Wasir

Sifat anti-inflamasi yang terdapat pada lidah buaya nyatanya sudah digunakan sejak lama untuk mengobati wasir dan mengurangi iritasi serta berbagai kondisi kulit lainnya. Dilansir healthline.com, untuk mengobati wasir kamu hanya boleh menggunakan gel lidah buaya yang murni yang langsung dipanen pada tanaman lidah buaya tanpa ada penambahan bahan kimia lain.

3. Garam epsom dan gliserin

Terbukti Ampuh, 7 Obat Tradisional untuk Mengatasi Wasir

Selain dijadikan bahan campuran dengan air hangat untuk berendam, garam epsom juga dapat dioleskan langsung ke area wasir yang sudah meradang. Caranya, campurkan dua sendok makan garam epsom dengan dua sendok makan gliserin.

Aplikasikan campuran tersebut dengan menggunakan kain kasa, dan letakkan kain kasa tersebut di area wasir. Ulangi setiap empat hingga enam jam hingga rasa nyeri mulai reda.

4. Witch hazel

Terbukti Ampuh, 7 Obat Tradisional untuk Mengatasi Wasir

Melansir medicalnewstoday.com, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Inflammation, witch hazel merupakan zat alami yang dapat membuat jaringan menyusut karena memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Tambahkan sejumlah kecil witch hazel murni ke bola kapas dan oleskan ke wasir secara langsung.

5. Sekam psyllium

Terbukti Ampuh, 7 Obat Tradisional untuk Mengatasi Wasir

Berdasarkan Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal yang dikutip healthline.com, pelunak tinja atau suplemen serat seperti spyllium dapat membantu mengurangi sembelit dan membuat tinja menjadi lebih lembut dan membuatnya lebih mudah untuk keluar tanpa mengakibatkan rasa nyeri. Namun, berhati-hatilah untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak suplemen pelunak tinja karena hal tersebut bisa menyebabkan kram perut.

6. Es batu

Terbukti Ampuh, 7 Obat Tradisional untuk Mengatasi Wasir

Sifat dasar wasir yang merupakan peradangan nyatanya dapat diatasi dengan melakukan kompres es untuk meringankan rasa sakit yang muncul. Bungkus es dengan handuk kecil agar tidak menyentuh kulit secara langsung dan menghindari kerusakan kulit. Kemudian biarkan bungkusan es tersebut selama 15 menit, dan ulangi dalam beberapa kali hingga rasa nyeri mulai hilang.

7. Minyak kelapa

Terbukti Ampuh, 7 Obat Tradisional untuk Mengatasi Wasir

Minyak kelapa merupakan pelembap alami yang dapat membantu mencegah gejala wasir. Sebab, kandungan dalam minyak kelapa dapat mengurangi iritasi dan pembengkakan, serta mengurangi keinginan untuk menggaruk. Oleskan langsung minyak kelapa pada wasir yang muncul di bagian anus, terutama saat rasa nyeri mulai hadir.

Nah itu dia beberapa obat tradisional untuk mengobati wasir yang mudah banget ditemukan dan tentunya bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Sebelum minum obat warung, coba salah satu di antaranya deh!

IndoPrimbon