Obat Kudis Tradisional

Obat Kudis Tradisional

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Tips Mengatasi Nyeri Haid , Obat Tradisional Nyeri Sendi , Obat Tradisional Saraf Kejepit , Ramuan Tradisional Susah Buang Air Kecil , Obat Tradisional Sakit Kuning , Obat Kudis Tradisional , Obat Tradisional Rahim Bengkak , Obat Tradisional Perut Kembung Dan Keras

Obat Kudis Tradisional

Penting diketahui, bahwa kudis menular terutama berasal dari anggota keluarga. Pada bayi, gejala yang khas yaitu adanya bisul pada telapak kaki dan telapak tangan. Sehingga apabila salah satu anggota keluarga mengidap penyakit kudis, maka perlu dilakukan pengobatan rutin agat tidak menjangkiti yang lain. Cara yang paling umum digunakan biasanya dengan memberikan obat medis seperti tetes KOH. Tetapi ada juga dengan cara perendaman dengan air campuran atau ramuan tradisional.
Infeksi pada awalnya berasal dari tungau betina yang membuat lubang di lapisan tanduk kulit. Disinilah tungau betina bertelur setiap hari, kemudian menetas dalam waktu 2 sampai 4 hari hingga menjadi larva berkaki 6. Dalam 1 hingga 2 hari, larva berubah menjadi tungau dari stadium pertama ke stadium kedua yang berkaki 8. Tungau dewasa berkembang dalam waktu 2 sampai 4 hari, hingga memulai fase berulang dan terus berkembang biak. Aktifitas ini membuat kulit tampak berlubang-lubang, sangat gatal dan permukaan kulit tampak kemerahan.

Gatal tanpa henti, ruam kulit, kemerahan dan lecet, ini merupakan gejala yang tidak menyenangkan dari kudis. Infeksi ini disebabkan oleh parasit sarcoptes scabiei yang dapat hidup di kulit. Infeksi ini juga cepat menular pada orang lain jika terjadi kontak langsung. Jika Anda sedang menderita, jangan panik, bahan-bahan alami berikut adalah Obat Kudis Tradisional :

Secara tradisional, orang tua kita telah mengajarkan cara mengobati kudis, salah satunya dengan daun Mindi. Mindi Kecil merupakan tanaman bercabang banyak dengan ciri kulit batang berwarna coklat tua. Batang tanaman silindris, dan tidak berbanir, kulit beralur membentuk garis-garis dan bersisik. Ciri daun majemuk, menyirip ganda, tumbuh berseling dengan panjang 20-80 cm.
Senyawa kimia yang terkandung dalam tanaman mindi diantaranya flavone glicoside, quercitrin, dan kaemferol. Tanaman ini mengandung protein tinggi dan bersifat insektisida terhadap nematoda. Adapun cara membuat ramuan obat kudis tradisional sebagai berikut:
  1. Siapkan kulit batang dan akar tanaman mindi, kemudian dicuci bersih.
  2. Iris atau dihaluskan, kemudian masukkan kedalam wadah yang berisi air hangat.
  3. Gunakan air ini untuk mencuci bagian kulit yang berkudis dan gatal, gosok ampasnya pada bagian tersebut.
  4. Lakukan dua kali sehari hingga kudis sembuh.
Ramuan ini bisa digunakan untuk semua usia tanpa efek samping. Obat kudis tradisional ini hanya digunakan untuk pemakaian luar kulit. Tanaman ini berasa pahit, dingin dan sedikit beracun jika tertelan. Pastikan untuk tidak menelan atau meminum air yang telah bercampur dengan tanaman Mindi.

IndoPrimbon