Obat Cacingan Tradisional

Obat Cacingan Tradisional

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Ramuan Alami Mengatasi Masuk Angin , Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol , Penyebab Penyakit Kaki Gajah , Penyebab Penyakit Cacingan , Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Mengobati Penyakit Bronkitis Pada Anak , Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Ginjal , Khasiat Mandi Subuh Untuk Kesehatan , Minuman Yang Meredakan Panas Dalam , Manfaat Daun Sukun Untuk Jantung , Manfaat Air Rebusan Ketumbar , Obat Diare Tradisional , Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Gigi , Obat Tradisional Epilepsi , Obat Memar Tradisional , Efek Samping Suntik Vitamin C , Dampak Buruk Daging Anjing , Obat Keseleo Lutut Tradisional , Obat Panu Tradisional , Tanda Penyakit Kista , Khasiat Jahe Putih Untuk Kesehatan , Bahaya Radiasi Smartphone Untuk Tubuh , Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan , Daftar Buah Pembunuh Sel Kanker , Kenali Gejala Penyakit Glaukoma , Manfaat Laos Putih Untuk Kesehatan , Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Puasa , Ramuan Mengatasi Kolesterol Tinggi , Obat Tradisional Biduran , Obat Cacingan Tradisional , Obat Lambung Luka Tradisional

Obat Cacingan Tradisional

Cacingan biasanya memang terjadi pada anak-anak, namun tidak dipungkiri jika orang dewasa pun terkadang tidak luput dari kondisi yang satu ini. Ada berbagai jenis cacing yang dapat menyebabkan cacingan pada manusia, salah satu yang paling umum adalah cacing kremi. Faktor-faktor yang sangat berpengaruh pada kasus cacingan ini antara lain kurangnya kebersihan, sanitasi, pasokan air, serta suhu yang lembap. Selain menerapkan pola perilaku hidup bersih dan sehat, pencegahan infeksi cacing dapat dilakukan dengan pemberian obat cacing kremi.

Cacing kremi adalah parasit kecil yang dapat hidup di pencernaan manusia, khusunya di usus besar dan rektum. Cacing ini memiliki fisik berwarna putih dan sekilas memang terlihat nampak seperti benang putih yang rata-rata memiliki panjang tubuh 5 sampai 13 milimeter.

Anda bisa terinfeksi cacing kremi karena secara tidak sadar telah memakan telur cacing kremi dari makanan ataupun benda lainya yang sudah terkontaminasi dengan cacing tersebut. Setelah tertelan, cacing ini akan melakukan perjalan melalui sistem pencernaan Anda dan akan meletakkan telurnya di lipatan kulit di sekitar anus saat Anda sedang tertidur. Meskipun cacingan bukan termasuk kondisi yang serius, namun hal ini akan menimbulkan gejala yang sedikit mengganggu, yaitu munculnya rasa gatal di sekitar anus atau pantat. Selain itu, gejala lain yang memungkinkan muncul adalah iritasi kulit di sekitar anus, sulit tidur, dan kadang cacing akan menyebar dari area anus menuju ke vagina. Nah, jika ini terjadi akan menimbulkan gatal di daerah vagina dan Anda akan lebih rentan mengalami komplikasi, contohnya peradangan vagina atau disebut dengan vaginitis. Berikut adalah Obat Cacingan Tradisional  :

  1. Biji pepaya matang

Biji pepaya salah satu obat yang sangat efektif untuk mengobati cacing kremi dan cacing gelang. Biji pepaya mengandung berbagai jenis bahan alami yang sangat baik untuk membunuh cacing atau telur cacing yang berkembang pada saluran pencernaan. Beberapa senyawa ini seperti carpaine, hentriacontane, caricin, benzylisothiocyanate, benzylthiourea, benzylglucosinolate, sitosterol dan glucotropacolin. Semua bahan ini sangat penting untuk membunuh parasit yang menyebabkan cacingan. Selain itu juga bisa membantu menyembuhnya peradangan pada bagian usus yang disebabkan oleh perkembangan cacing dan telur cacing.

Cara perawatan: hancurkan biji pepaya yang sudah dikeringkan kemudian campurkan dengan susu atau air hangat. Saring lalu minum saat perut masih kosong dipagi hari. Jika terlalu pahit maka Anda juga bisa menambahkan madu.

  1. Jus daun pepaya

Selain bagian bijinya maka jus daun pepaya juga bisa membantu mengatasi cacingan yang sangat  buruk. Jus daun pepaya mengandung semua bahan alami yang bisa membunuh cacing. Selain itu jus daun pepaya bisa menjadi lebih efektif karena semua senyawa bisa masuk ke dalam tubuh sehingga juga menyembuhkan parasit di berbagai bagian tubuh yang lain. Anda cukup merebus daun pepaya yang sudah dibersihkan kemudian minum airnya saat perut masih kosong. Anda bisa menambahkan madu atau gula aren supaya jus tidak terlalu pahit. Biasanya minuman ini juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan untuk anak-anak.

  1. Jus nanas

Nanas termasuk buah yang mengandung vitamin C super tinggi dan juga kaya dengan serat yang sangat baik untuk meningkatkan fungsi pencernaan. Kemudian jus nanas juga mengandung bromelain yaitu sebuah enzim yang bisa bekerja untuk membunuh cacing kremi, cacing pita dan juga cacing gelang. Bromelain bisa menjadi senyawa yang membunuh radikal bebas sehingga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Selain itu juga bisa membantu menurunkan kadar gula berlebihan jika tubuh menderita kelebihan kadar gula atau untuk penderita diabetes. Jus nanas bisa diminum secara rutin, tanpa tambahan gula atau madu.

  1. Jus pisang dan melon

Anda juga bisa minum jus melon dan pisang yang bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan juga membersihkan telur cacing dan cacing dalam perut. Pisang mengandung bahan alami yang bisa memberikan efek pencahar. Ini sangat baik untuk membuang semua cacing dan bibit cacing dalam saluran pencernaan. Kemudian kandungan oligosakarida dalam melon sangat baik untuk merangsang kontraksi usus. Melon juga mengandung senyawa yang bersifat untuk membunuh bakteri dan kuman karena bersifat sebagai anti protozoa. Anda bisa membuat jus pisang dan melon seperti biasa namun jangan menambahkan air.

  1. Jus delima

Apakah Anda suka makan buah delima? Ternyata buah delima juga bisa menjadi obat yang sangat alami untuk penderita cacingan. Buah delima bisa membantu membersihkan usus dan membuang semua parasit lewat feces. Sebenarnya banyak bagian delima yang bisa digunakan untuk mengobati cacingan seperti bagian buah, biji, akar dan juga batang. Namun jika Anda sulit untuk mendapatkan semua bagian itu maka cukup menggunakan buah delima saja. Anda bisa mencoba untuk membuat jus delima dengan tambahan sedikit air namun tidak menggunakan madu atau gula. Kemudian Anda juga bisa mencoba untuk mengolah kulit delima dengan merebusnya. Minum air rebusan kulit delima selama tiga kali sehari hingga cacingan sembuh.

  1. Biji labu

Semua jenis biji labu mengandung senyawa yang sangat baik untuk membunuh cacing yaitu cucurbitacins dan histidin. Cucurbirtacins akan bekerja untuk melemahkan cacing dan semua induk cacing dalam usus. Kemudian secara perlahan cacing akan mati dan telur juga tidak akan  berkembang. Obat ini sangat baik karena jarang menyebabkan kekambuhan pada anak dan orang dewasa. Anda bisa mencoba untuk makan biji labu sebanyak 10 sampai 20 biji sehari. Selain bisa membunuh cacing maka biji labu juga sangat baik untuk kesehatan karena mengandung bahan alami seperti asam linoleat, flavonoid, palmitat dan juga oleat.

  1. Minyak jarak

Minyak jarak biasanya banyak digunakan untuk mengobati luka, cedera dan juga sakit gigi. Namun sekarang minyak jarakn juga digunakan untuk mengobati sakit gigi karena minyak jarak mengandung efek untuk membersihkan saluran pencernaan dengan cara yang sangat baik. Anda bisa mencoba untuk minum satu gelas air hangat yang sudah dicampur dengan minyak jarak. Kemudian setelah beberapa waktu maka biasanya minuman akan memicu keinginan untuk buang air besar. Sebaiknya perawatan ini dilakukan pada pagi hari saat perut masih kosong. Namun obat ini sebaiknya tidak digunakan bersama dengan obat cacingan yang berasal dari dokter.

8.Bawang putih

Bawang putih memang sudah sangat terkenal sebagai bahan obat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Bawang putih bisa mengobati cacingan karena mengandung bahan alami seperti alisin dan sulfur. Alisin sangat penting untuk membunuh cacing karena bisa berfungsi sebagai antibiotik dan juga membunuh cacing tanpa menyebabkan efek samping. Bawang putih juga sangat baik untuk tubuh karena bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mencoba untuk makan 1 sampai 2 siung bawang putih. Untuk anak-anak maka sedikit potongan bawang putih bisa dicampur dengan susu atau minuman anak.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu jenis obat kuno yang sering digunakan untuk merawat cacingan. Pada jaman dahulu minyak kelapa didapatkan secara alami denga memarut kelapa dan memanggang sehingga mengeluarkan minyak. Kemudian minyak digunakan secara langsung pada bagian anal, sehingga bisa memancing semua cacing keluar dari usus. Namun cara ini sering tidak efektif karena membuat anak rewel dan sulit tidur. Sekarang Anda bis mencoba untuk menggunakan jenis minyak murni dari kelapa yang dicampur dengan makanan atau minuman anak. Biasanya minyak kelapa akan membuat semua cacing dan telur keluar dari tubuh lewat feces. Minyak kelapa sangat sehat karena mengandung asam kaprilat yang bisa membunuh bakteri dan parasit dalam tubuh.

  1. Minyak oregano

Minyak oregano merupakan jenis minyak yang sangat baik untuk membasmi cacingan karena mengandung bahan anti mikroba dan juga anti bakteri. Senyawa utama yang bisa membersihkan cacing dan telur cacing dari minyak oregano adalah seperti timol dan carvacrol. Semua jenis minyak ini sangat baik untuk membunuh cacing dalam tubuh sehingga penyakit cacingan bisa bersih dari tubuh. Anda bisa menggunakan minyak oregano dengan makanan atau mencampur minyak dengan minuman. Penggunaan minyak oregano untuk anak-anak sangat aman sehingga Anda tidak perlu khawatir.

  1. Teh echinacea

Jika anak anak atau orang dewasa terkena cacingan maka itu bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh anak mengalami gangguan. Sekarang Anda tidak perlu khawatir karena bisa menggunakan minyak echinacea yang sangat baik untuk membantu membunuh cacing dan mikroorganisme lain dalam perut anak. Teh chinacea juga sangat aman untuk anak dan tidak menyebabkan efek samping. Teh bisa dikonsumsi dari echinacea yang sudah dikeringkan atau dalam bentuk serbuk. Sebaiknya teh dikonsumsi pada malam hari menjelang tidur karena bisa membuat anak tidur dengan baik. Kemudian teh echinacea bisa meningkatkan jumlah sel darah putih sehingga anak bisa menjadi lebih sehat. Biasanya cacing dan telur cacing akan keluar bersamaan dengan feces.

  1. Ekstrak kunyit

Kunyit adalah rimpang kuning yang mengandung khasiat sangat banyak. Sekarang Anda bisa menggunakan kunyit sebagai obat cacingan yang sangat baik untuk membunuh cacing dan membersihkan usus dari telur cacing. Kunyit juga bisa membantu membersihkan bakteri dan virus terutama yang tinggal dalam saluran pencernaan. Caranya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan ekstrak kunyit ke dalam susu atau air hangat. Air campuran kunyit bisa diminum malam hari menjelang tidur karena bisa membuang semua cacing dan telur cacing pada pagi hari.

  1. Daging buah pepaya muda

Apakah Anda sudah mencoba biji pepaya untuk mengobati cacingan? Sekarang Anda juga bisa mencoba untuk menggunakan daging buah pepaya yang masih muda. Kandungan enzim papain dalam daging pepaya yang muda bisa membantu mengobati cacingan dengan cara yang sangat alami. Biasanya daging pepaya yang muda bisa menghancurkan cacing dan telur cacing dalam perut, sehingga saat keluar bersama dengan feces maka cacing sudah mati. Anda bisa mencoba untuk memarut daging buah pepaya yang masih muda. Kemudian campurkan dengan makanan atau minuman anak.

Jika anak menderita infeksi cacing gelang maka campur daging pepaya muda yang sudah dihaluskan dan masih segar dengan madu. Kemudian minum saat masih segar sehingga bisa membunuh semua cacing gelang dan telur cacing dalam perut.

  1. Jus pare

Apakah Anda suka makan pare? Ya, pare memang tidak banyak disukai karena memiliki rasa yang sangat pahit. Pare sangat baik untuk membantu menyembuhkan cacingan karena mengandung racun alami yang bisa membunuh cacing namun tidak berbahaya untuk manusia. Rasa pahit itulah yang bisa membantu agar cacing dan telur cacing tidak tumbuh berlebihan. Kemudian jus pare juga sangat baik untuk meningkatkan proses pencernaan sehingga bisa menghilangkan sembelit. Cara membuat jus pare seperti biasa, yaitu dengan pare yang masih segar. Kemudian saring jus pare tanpa menambahkan air. Rasanya memang sangat pahit sehingga untuk anak maka bisa ditambahkan dengan madu atau gula aren.

  1. Wortel

Wortel termasuk jenis sayuran yang mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Kandungan vitamin A memang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata dan menjaga agar mata tidak terkena berbagai jenis penyakit mata. Namun vitamin A juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan parasit termasuk seperti cacing. Wortel juga mengandung serat yang sangat baik untuk mendorong sistem pencernaan agar bisa berfungsi dengan baik. Anda bisa mencoba untuk mengobati cacingan hanya dengan makan wortel yang sudah dimasak atau membuat jus wortel yang diminum pada pagi hari. Kebiasan ini sangat baik untuk membantu mengobati cacingan yang sering terjadi pada anak-anak dan orang dewasa dengan masalah sistem kekebalan tubuh.

  1. Kelapa

Pada bagian awal sudah disebutkan bahwa minyak kelapa sangat baik untuk mengobati cacingan. Namun sebenarnya daging kelapa murni juga bisa membersihkan cacing dari bagian perut dan sistem pencernaan. Anak-anak dan orang dewasa bisa mencoba untuk makan kelapa yang masih segar atau setidaknya makan kelapa pada pagi hari saat perut masih kosong. Jika terus dilakukan maka biasanya cacing akan keluar bersama dengan feces sehingga telur cacing juga ikut keluar dari tubuh.

  1. VCO (Virgin Coconut Oil)

Kemudian hasil dari penyulingan minyak kelapa yang masih murni yaitu virgin coconut oil juga bisa digunakan untuk membersihkan cacing dari perut. Bahkan minyak alami ini juga sangat baik untuk membersihkan semua parasit yang tinggal dalam perut. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi setidaknya 2 sampai 4 sendok minyak VCO setiap hari. Minyak bisa dikonsumsi secara murni sehingga bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat. Selain efektif untuk membunuh cacing maka minyak ini juga bisa membantu membersihkan semua parasit yang tinggal dalam tubuh anak dan orang dewasa.

  1. Teh dari cengkeh

Cengkeh menjadi salah satu jenis obat alami untuk mengatasi cacingan dan mengeluarkan semua telur cacing dari tubuh cacing. Biasanya cengkeh hanya digunakan oleh orang dewasa tapi sebenarnya teh cengkeh bisa digunakan untuk anak dengan jumlah yang terbatas. Anda bisa mencoba untuk membuat teh cengkeh dengan mencampur beberapa biji cengkeh dengan air panas, kemudian biarkan hangat dan saring airnya. Minum saat masih hangat dan Anda bisa menambahkan madu agar rasanya tidak terlalu pahit. Namun menurut ahli medis biasanya teh cengkeh tidak bisa menyembuhkan sepenuhnya sehingga Anda juga harus mengamati jika kemungkinan gejala cacingan juga muncul lagi.

  1. Akar parslane atau krokot liar

Akar parslane menjadi salah satu jenis obat cacing yang sudah sangat terkenal di India. Biasanya akar mudah ditemukan di hutan atau sengaja ditanam sebagai  tanaman hias. Obat ini juga sangat baik untuk membantu menyembuhkan diare, disentri atau cacingan. Cara perawatan bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan merebus akar parslane hingga mendidih lalu minum saat masih hangat dan perut juga masih kosong. Untuk mendapatkan hasil yang paling baik maka Anda bisa mengkombinasikan dengan beberapa bahan seperti daun mint dan biji mangga.

  1. Bawang merah

Selain bawang putih maka kelompok bawang merah juga sangat baik untuk membantu membantu merawat cacingan. Anda bisa mencoba untuk menggunakan bawang merah sebagai bumbu atau dicampurkan dengan bawang putih. Bahan ini mengandung sulfur yang sangat baik untuk menyembuhkan cacingan. Sulfur juga sangat penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa membuat jus bawang merah yang kemudian dicampur dengan bawang putih. Campurkan jus dengan air hangat dan madu sehingga tidak terlalu terasa pedas.

  1. Susu almond

Almond adalah jenis kacang yang sangat sehat dan mengandung vitamin E yang sangat tinggi. Almond juga mengandung bahan antioksidan yang sangat tinggi dan sangat penting untuk membasmi cacing dan telur cacing dalam usus. Anda bisa menggunakan kacang almond dengan cara makan secara langsung atau dengan membuat almond menjadi susu. Sebaiknya almond dikonsumsi saat perut masih kosong agar fungsinya menjadi lebih maksimal. Almond juga bisa membersihkan cacing dan parasit karena mengandung asam lemak yang sangat baik untuk kesehatan usus.

  1. Jus lidah buaya

Jus lidah buaya memang memiliki fungsi yang sangat banyak.  Lidah buaya mengandung senyawa alami yang bersifat sebagai bahan antiseptik dan juga bisa membantu mendinginkan kulit. Fungsi  ini juga sangat baik untuk usus Anda karena bisa membantu membersihkan usus dari semua sumber parasit yang tidak bermanfaat untuk tubuh. Anda bisa mencoba menggunakan bagian gel lidah buaya yang sudah didinginkan. Kemudian buah jus dan minum saat perut masih kosong. Biasanya jus lidah buaya juga bisa menyebabkan efek baik seperti menghilangkan sembelit. Namun untuk anak-anak dibawah umur maka kelebihan jus lidah buaya bisa menyebabkan perut tidak nyaman sehingga ibu harus hati-hati.

  1. Teh epazote

Teh epazote adalah salah satu jenis obat tradisional dari Amerika Tengah yang digunakan untuk menyembuhkan sakit perut, cacingan dan semua kondisi tidak nyaman yang berhubungan dengan usus dan sistem pencernaan. Bahan epazote juga sangat baik untuk membantu membersihkan parasit cacing termasuk jenis cacing pita dan cacing gelang. Sehingga hasilnya juga sangat baik untuk menyembuhkan infeksi cacing kremi. Anda bisa mencoba untuk menggunakan teh epazote dengan menyeduh daun kering dengan air panas. Kemudian teh bisa diminum saat masih hangat. Namun sebaiknya bagian yang digunakan adalah daun dan bukan bagian bunga atau buah. Bunga dan buah bisa menyebabkan keracunan sehingga harus digunakan secara hati-hati.

Cara mencegah cacingan pada anak dan orang dewasa

Cacingan sebenarnya bukan kondisi yang tetap sehingga bisa muncul dan hilang. Penyakit ini juga sangat mudah menular sehingga anak-anak sering sekali terkena cacingan. Untuk mengatasinya maka coba melakukan beberapa cara mencegah cacingan seperti dibawah ini:

  1. Jaga lingkungan bermain anak agar tidak terlalu kotor dan cuci semua mainan anak secara teratur.
  2. Ajari anak agar tidak terlalu sering bermain di halaman yang kotor, rumput, tanah dan pasir.
  3. Ajari anak untuk selalu mencuci tangan setelah bermain, sebelum makan, setelah buang air besar, setelah buang air kecil dan semua aktifitas yang menyebabkan anak bisa terkena cacingan.
  4. Ketika Anda ingin memasak maka cuci bersih semua sayuran, buah dan daging serta semua bahan-bahan untuk memasak. Kebiasaan mencuci makanan ini sangat baik baik untuk mencegah infeksi parasit pada tubuh anak.
  5. Hindari mengkonsumsi daging mentah seperti daging dan ikan karena dua jenis makanan ini paling sering mengandung cacing.
  6. Ketika anak bermain maka berikan alas kaki atau sepatu yang bisa membantu bagian kaki dan kuku jari terlindungi dengan baik.
  7. Ketika akan berenang maka bersihkan kolam renang dan hati-hati saat ingin menggunakan kolam renang umum karena bisa memicu terkena cacingan.

Jadi itulah beberapa jenis obat cacingan tradisional yang bisa digunakan untuk anak dan orang dewasa. Semua obat ini memang bisa menyembuhkan cacingan namun jika belum sembuh maka segera minta bantuan dokter untuk mendapatkan obat yang lebih ampuh.

IndoPrimbon