Obat Alami Radang Amandel

Obat Alami Radang Amandel

Radang amandel, yang dalam istilah medis disebut dengan tonsilitis, adalah pembengkakan dan peradangan pada amandel yang biasanya disebabkan oleh infeksi dari bakteri atau virus. Peradangan pada amandel adalah salah satu penyakit yang penularannya bisa sangat cepat dari satu orang ke orang lainnya. Maka dari itu, penderita radang amandel sebaiknya segera mengonsumsi obat radang amandel sebelum penularan dapat terjadi. Bahan-bahan alami untuk mengatasi radang amandel biasanya mudah ditemukan di rumah, sementara konsumsi obat-obatan memerlukan pemeriksaan dan resep dari dokter.

Amandel merupakan garis depan pertahanan tubuh dari serangan penyakit yang masuk melalui rongga mulut. Itu sebabnya jika amandel seseorang mengalami pembengkakan maka bibit penyakit akan mudah menyerang mulut, tenggorokan, paru-paru serta organ tubuh yang lain. Bila radang amandel telah bertambah parah, penggunaan obat menjadi tidak efektif dan Anda perlu menjalani prosedur operasi pengangkatan amandel. Nah berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Obat Alami Radang Amandel .

1. Jeruk nipis

Bahan alami pertama yang bisa kamu jadikan obat amandel kamu adalah jeruk nipis. Memang bukan rahasia lagi bahwa buah yang satu ini memiliki khasiat yang sangat baik buat kesehatan tubuh. Kandungan zat anti-bakteri yang terkandung dalam jeruk nipis dipercaya ampuh untuk mengusir virus jahat yang mengganggu amandel kamu.

Dengan cara membuat ramuan perasaan jeruk nipis dengan sedikit kapur sirih, dijamin deh radang amandel kamu bakal membaik. Ingat kamu harus rutin minum ramuan ini sampai bengkak amandel kamu hilang.

2. Mengkudu

4 Obat Alami Atasi Radang Amandel, Gak Perlu Operasi!

Walaupun rasanya pahit, tanaman khas Indonesia ini juga dipercaya ampuh mengatasi radang amandel lhoYups, buah mengkudu atau juga sering disebut pace ini emang diketahui memiliki kandungan zat yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah  zat antibakteri seperti antrakuninon, acubin, dan alizarin yang diduga mampu mengatasi radang amandel.

Cara membuat ramuan untuk radang amandel dari tumbuhan ini gampang kok. Kamu cukup mengambil dua buah mengkudu, lalu cuci bersih, setelah itu parut dan peras buah mengkudu. Setelah itu campurkan dengan air hangat dan aduk rata.

Kalau kamu gak tahan dengan rasa pahitnya, kamu bisa kok menambahkan madu di dalamnya. Dijamin radang amandel kamu bakal sembuh kalo kamu rajin mengonsumsinya.

3. Kulit manggis

4 Obat Alami Atasi Radang Amandel, Gak Perlu Operasi!

Gak cuma rasa daging buahnya aja yang enak untuk dimakan, ternyata kulit dari buah berbentuk bulat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat lho.

Yups, kulit manggis diketahui memiliki segudang zat yang baik untuk tubuh. Gak cuma kaya dengan antioksidan, kulit manggis juga mengandung zat anti-peradangan dan anti-bakteri yang mampu membunuh kuman yang menyebabkan radang.

Cara membuat ramuan dari kulit manggis ini mudah kok guys. Kamu cuma perlu merebus kulit manggis hingga mendidih, lalu angkat dan tiriskan. Setelah hangat, ramuan ini bisa kamu gunakan untuk kumur-kumur. Lakukan sampai radang amandel kamu reda ya.

4. Madu

4 Obat Alami Atasi Radang Amandel, Gak Perlu Operasi!

Terakhir, cara alami yang bisa membuat radang amandel kamu sembuh adalah dengan mengonsumsi madu secara rutin.

Yups, madu emang sudah teruji sebagai antibiotik alami yang ampuh banget mengusir virus maupun bakteri jahat dalam tubuh. Kamu cuma perlu mencampurkan beberapa sendok dalam air hangat, lalu aduk hingga rata dan minum secara rutin. Dijamin deh, sakit di tenggorokanmu bakalan membaik secara perlahan. Kalo mau lebih enak, tambahkan perasan lemon di dalamnya.

Ingat guys, selain minum ramuan dari bahan alami yang bisa mengatasi radang amandel di atas, kamu juga perlu memperhatikan makanan dan minuman apa saja yang masuk ke tubuh kamu agar penyakit radang amandel kamu cepat sembuh.

IndoPrimbon