Manfaat Tuak Lontar Untuk Kesehatan

Manfaat Tuak Lontar Untuk Kesehatan

5 Manfaat Tuak Lontar Untuk Kesehatan Tubuh

Apakah kamu pernah mendengar minuman bernama tuak, Sahabat? Minuman ini bisa ditemukan dengan cukup mudah di Tanah Batak. Tuak sendiri adalah hasil fermentasi dari nira, beras serta buah-buahan yang mengandung gula. Tuak sendiri adalah minuman yang mengandung alkohol dalam kadar yang sangat rendah, bahkan lebih rendah dari bir, lho.

Tuak sendiri dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan umum yang ada pada tuak, antara lain vitamin, protein, karbohidrat, mineral, fosfor hingga kalsium. Nah, dengan kandungan-kandungan baik tersebut, tuak juga mampu menyembuhkan berbagai penyakit, Sahabat. Mau tahu apa saja Manfaat Tuak Lontar Untuk Kesehatan , Simak ulasannya di bawah ini

  1. Menghangatkan tubuh

Salah satu manfaat dari konsumsi tuak lontar yang mengandung alkohol adalah membantu menghangatkan tubuh. Manfaat tersebut sering digunakan untuk menemani para kaum pria yang sedang bergadang untuk berbagai tujuan. Bagi mereka yang tidak biasa mengkonsumsi minuman dengan kandungan alkohol maka dapat memabukkan. Rasanya yang kurang enak menjadikan setiap orang yang ingin memanfaatkan tuak sebagai penghangat tubuh tentu akan mengkonsumsinya sedikit demi sedikit dan perlahan seperti halnya manfaat wine.

  1. Membantu menenangkan tubuh

Manfaat tuak lontar lainnya adalah membantu untuk memberikan efek ketenangan pada orang yang sedang mengalami kondisi stres. Kandungan alkohol yang terdapat di dalam tuak tersebut dapat menstimulus dan memberikan sifat relaksan serta mampu menenangkan pikiran. Bukan hanya menenangkan, tuak juga dapat membantu mengusir stres yang cukup kuat namun sesaat.

  1. Mengatasi sariawan

Meskipun memiliki kandungan alkohol, tuak juga mengandung beberapa nutris penting bagi tubuh yang salah satunya adalah vitamin C. Kandungan alkohol dan vitamin C yang terdapat di dalam tuak tersebut dapat membantu dalam mengatasi kondisi sariawan. Mengatasi sariawan juga bis dengan menggunakan manfaat adem sari.

  1. Mengatasi permasalahan pada pencernaan

Selain alkohol, tuak juga memiliki kandungan nutrisi lain yang dapat digunakan untuk membantu memberikan manfaat tertentu bagi kesehatan. Salah satu manfaat dari tuak lontar yang dapat berdampak positif bagi kesehatan adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengatasi permasalahan yang sering muncul seperti contohnya sembelit.

  1. Manfaat lainnya

Selain beberapa manfaat yang disebutkan tersebut, ada beberapa dampak positif lain dari tuak lontar yang juga merupakan manfaat air legen yang perlu diketahui yakni membantu menurunkan demam, mengatasi diabetes, menyehatkan tulang, dan beberapa manfaat lain yang tidak secara langsung berhubungan dengan kesehatan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat tuak lontar untuk kesehatan yang perlu diketahui. Meskipun ada beberapa manfaatnya, kandungan alkohol pada tuak lontar dapat memicu berbagai macam masalah pisikis maupun fisik yang terjadi akibat banyaknya alkohol yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan alkohol pada tuak lontar harus benar benar dijelaskan pada mereka yang muslim karena menurut islam alkohol merupakan salah satu bahan yang dianggpa haram.

IndoPrimbon