Manfaat Semangka Untuk Ginjal

Manfaat Semangka Untuk Ginjal

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Manfaat Bunga Pukul Empat , Obat Tradisional Asma Akut , Obat Pertolongan Pertama Alami , Jenis Obat Sinusitis Alami , Macam Macam Obat Herbal , Tips Mencegah Hipertensi Di Usia Muda , Efek Menggunakan Tisu Basah Di Wajah , Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui , Manfaat Green Coffee Bagi Tubuh , Kenali Pityriasis Rosea , Tips Merawat Gigi Behel , Kenali Otitis Media , Kenali Melena , Kenali Rheumatoid Arthritis , Kenali Toksoplasmosis , Cara Menyehatkan Mata , Khasiat Daun Kucai Untuk Kesehatan , Pantangan Batuk Yang Harus Hindari , Khasiat Buncis Untuk Kesehatan , Cara Mengatasi Batuk Kering , Cara Membuat Dan Khasiat Teh Hibiscus , Obat Eksim Alami , Manfaat Teh Chamomile Untuk Kesehatan , Obat Alami Radang Tenggorokan , Khasiat Jinten Putih Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Ambeien Di Rumah , Manfaat Push Up Secara Rutin , Khasiat Wedang Asem Untuk Kesehatan , Manfaat Sit Up untuk Kesehatan Tubuh , Khasiat Daun Ara Bagi Kesehatan , Khasiat Air Ketumbar , Manfaat Semangka Untuk Ginjal

Manfaat Semangka Untuk Ginjal

Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun(Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

Sebagaimana anggota suku ketimun-ketimunan lainnya, habitus tanaman ini merambat namun ia tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat. Jangkauan rambatan dapat mencapai belasan meter.

Daunnya berlekuk-lekuk di tepinya. Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3cm). Semangka adalah andromonoecious monoklin, yaitu memiliki dua jenis bunga pada satu tumbuhan: bunga jantan, yang hanya memiliki benang sari (stamen), dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum). Bunga banci dapat dikenali dari adanya bakal buah (ovarium) di bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.

Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung kultivarnya, daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning.

Tanaman ini cukup tahan akan kekeringan terutama apabila telah memasuki masa pembentukan buah. Nah berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Manfaat Semangka Untuk Ginjal  :

1. Memiliki banyak nutrisi

Pada samangka memiliki beberapa kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama oleh ginjal. Nutrisi yang dibuuthkan ini akan membantu menjaga kesehatan ginjal. Berikut beberapa kandungan semangka :

  • Vitamin B6
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Magnesium
  • Zinc
  • Antioksidan

Dengan beberapa kandungan teresebut tentu akan membantu ginjal untuk terhindari dari efek samping radikal bebas. Jika tubuh terhindar dari radikal bebas maka akan lebih mudah untuk menjaga kesehatannya

2. Pelengkap Olahraga

Ginjal akan sehat bila pemiliknya rajin berolahraga. Olahraga memang sangat penting. Manfaat olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya olahraga, manfaat yoga, senam dan lain sebagainya baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan ginjal.

Seperti yang telah diuraikan oleh boldsky bahwa kulit semangka ini mengandung banyak nutrisi yang memberikan dampak baik untuk tubuh yaitu membantu memberikan tenaga pada tubuh sehingga akan lebih semangat dalam berolahraga.tidak hanya itu mengonsumsi semangka dapat mengembalikan tenaga yang terbuang karena olahraga.

Dengan demikian semangka baik untuk ginjal karena dengan adanya semangka dapat membantu seorang dalam berolahraga dan dengan olahraga ginjal dapat menjadi lebih sehat. Selain olahraga kelolalah pola makan yang baik agar tidak mudah sakit.

3. Membantu dalam proses pencernaan

Semangka memiliki kandungan serat yang tinggi. Sehingga kulit semangka sangat direkomendasikan untuk kamu yang mengalami permasalahan dalam pencernaan. Tidak hanya itu buah ini juga dapat membantu mengurangi kadar air yang berlebih.

Dengan pencernaan yang terjaga dengan baik maka ginjal pun terjaga dengan baik. Apabila prses pencernaan terganggu dapat menyebabkan fungsi ginjal pun terganggu. Apalagi bila mengonsumsi tanpa banyak minum air putih. Manfaat air mineral atau air putih ini adalah untuk menjaga kesehatan ginjal.

4. Diperkaya antioksidan

Manfaat yang diberikan adalah manfaat antioksidan. Dapat membantu dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam seluruh tubuh. Konsumsi semangka membantu untuk meningkatkan kinerja ginjal untuk menjaga kesehatan.

5. Mengontrol tekanan darah

Percaya tidak percaya seperti penyakit maag memang banyak disebabkan karena salah pla makan atau karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang pedas. Tetapi taukah kamu bahwa yagn paling banyak dan sering menyebabkan maag bukan halitu, tetapi karena kondisi psikologi yang stress. Sehingga akan menyebabkan asam lambung naik.

Begitu pula dengan ginjal. Jika tenakanan darah naik dapat menyebabkan masalah pada kesehatan ginjal. Oleh karena itu dengan mengosnumsi semangka akan membantu dalam menyehatkan ginjal.

6. Mencegah penyakit kanker

Kanker dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. pada semangka mengandung zat lycopene yang tinggi, sehingga akan membantu dalam mencegah terjadinya kanker di ginjal. Bahkan tidak hanya di hinjal hal ini dapat membantu menyembuhkan kanker pada kerongkongan, kanker usus besar dan kanker pankreasi.

Itulah 6 Manfaat yang akan kamu peroleh dari semangka untuk ginjal. Dengan adanya semangka tidak hanya ginjal yang dapat disembuhkan,tetapi sejatinya semangka juga dapat mengatasi penyakit lainnya.

IndoPrimbon