Manfaat Rebusan Air Kelapa Untuk Kesehatan

Manfaat Rebusan Air Kelapa Untuk Kesehatan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Manfaat Susu Kurma Untuk Kesehatan Tubuh , Manfaat Pare Untuk Penyakit Kista , Manfaat Temu Putih Untuk Wanita , Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan , Manfaat Minyak Cengkeh Bagi Kesehatan , Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan , Manfaat Umbi Talas Bagi Kesehatan , Mengobati Penyakit Hepatitis Secara Alami , Obat Tradisional Sakit Telinga , Cara Mengobati Busung Lapar , Cara Mengobati Bisul Bernanah , Cara Mengatasi Masuk Angin Berat , Resep Obat Tradisional Insomnia Alami , Obat Tradisional Pneumonia , Ramuan Obat Tradisional Kencing Manis , Manfaat Daun Sambung Nyawa , Resep Obat Pegal Linu Tradisional , Obat Tradisional Gangguan Pencernaan , Khasiat Daun Ungu Untuk Obat Wasir , Resep Daun Cincau Untuk Kesehatan , Mengobati Hernia Secara Tradisional , Daun Bakung Untuk Patah Tulang , Resep Obat Tradisional Kram Perut , Obat Tradisional Psoriasis , Khasiat Daun Jinten Untuk Kesehatan , Khasiat Daun Seribu Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Mimisan Dengan Daun Sirih , Tanaman Obat Penyakit Lupus , Obat Tradisional Mata Ikan , Khasiat Ganggang Biru Untuk Kesehatan , Manfaat Rebusan Air Kelapa Untuk Kesehatan , Khasiat Rebusan Daun Kemangi , Khasiat Madu Angkak untuk Kesehatan , Manfaat Rebusan Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat Rebusan Air Kelapa Untuk Kesehatan

Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae.Arti kata kelapa (atau coconut, dalam bahasa Inggris)dapat merujuk pada keseluruhan pohon kelapa, biji, atau buah, yang secara botani adalah pohon berbuah, bukan pohon kacang-kacangan. Istilah ini berasal dari kata Portugis dan Spanyol abad ke-16, coco yang berarti “kepala” atau “tengkorak” setelah tiga lekukan pada tempurung kelapa yang menyerupai fitur wajah. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Manfaat Rebusan Air Kelapa Untuk Kesehatan  :

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Rebusan air kelapa dapat membantu melancarkan saluran pencernaam sehingga makanan tercerna dengan baik dan penyerapan sari-sari makanan dapat lebih maksimal. Hal ini tidak terlepas dari manfaat serat yang memang disarankan untuk menyehatkan pencernaan.

2. Membantu Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal

Rebusan air kelapa memang tidak dapat mengatasi batu ginjal apabila endapan garam benar-benar sudah mengeras dan mengkristal. Namun begitu, rebusan air kelapa dapat membantu mencegah terbentuknya kristalisasi endapan tersebut agar tidak menjadi batu ginjal. Tidak hanya itu, air kelapa juga dapat menetralisir racun sehingga kinerja ginjal dapat menjadi lebih ringan dan sehat.

3. Mencegah Dehidrasi

Kandungan air dan mineral dalam kelapa sangatlah baik untuk memenuhi asupan cairan di dalam tubuh. Air kelapa sangat sehat dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi. Namun, bukan berarti air kelapa dapat menjadi pengganti yang lebih baik dari susu maupun manfaat air putih biasa, yang kadangkala ini menjadi pemahaman yang salah bagi sebagian orang. Air kelapa dapat memiliki efek samping apabila dikonsumsi terlalu banyak, sehingga disarankan air putih tetap menjadi pilihan utama dalam mencegah dehidrasi.

4. Menurunkan Tekanan Darah

mAir kelapa juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga dapat mencegah aterosklerosis sehingga pembuluh darah tidak menyepit akibat adanya penyumbatan oleh kolesterol tersebut. Dengan manfaat ini, penyakit hipertensi dapat dicegah.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Dengan mampu menurunkan tekanan darah, manfaat rebusan air kelapa dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung karena aliran darah relatif dapat lebih teratur dan kinerja jantung akan lebih normal dan tidak berat.

6. Baik untuk Menu Diet

Rasa air kelapa yang manis sangat cocok digunakan untuk menggantikan berbagai macam makanan atau minuman yang mengandung banyak gula, sehingga dapat menjadi pilihan menu untuk diet yang menarik. Air kelapa rendah lemak sehingga aman. Namun, air kelapa berbeda dengan santan kelapa. Santan kelapa diperoleh dari parutan dan pemerasan daging buah kelapa, dimana memiliki kadar lemak jenuh yang sangat tinggi, dan ini tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak.

7. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan berbagai senyawa zat yang mengandung dan juga bersifat anti-mikroba membuat air kelapa baik untuk membantu tubuh menangkal zat radikal bebas dan racun berbahaya dari luar. Hanya saja, sistem kekebalan tubuh sangatlah kompleks, sehingga butuh didukung dengan faktor lain seperti halnya rajin berolahraga, pola makan teratur, dan yang pasti terus mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi.

8. Menyehatkan Kulit

Air kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk memberikan kesehatan bagi kulit yang tak terlepas dari  manfaat vitamin C agar lebih lembut dan sehat. Rebusan air kelapa tidak hanya dapat diminum, ada sebagian orang yang mengolahnya sebagai masker alami dan mencampurkannya semisal dengan telur, madu, dan sebagainya. Namun, khusus untuk penggunaan dari luar, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit atau kecantikan untuk memastikan kulit Anda aman dan tidak sensitif apabila menggunakan bahan-bahan dari alam, sebab tidak semua jenis kulit cocok.

Sayangnya, apabila dikonsumsi berlebihan, air kelapa juga akan menimbulkan efek samping dan bisa mengganggu kesehatan manusia, salah satunya adalah menyebabkan diare. Selain itu, apabila ada yang sedang mengalami gangguan fungsi ginjal, disarankan tidak mengonsumsi air kelapa karena kandungan kalium dan elektrolit yang tinggi justru akan menyebabkan ginjal bekerja lebih keras untuk menyaringnya. Oleh sebab itu, Anda harus mengonsumsinya dalam batas yang wajar saja.

IndoPrimbon