Manfaat Makan Kencur Mentah

Manfaat Makan Kencur Mentah

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Ramuan Alami Mengatasi Masuk Angin , Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol , Penyebab Penyakit Kaki Gajah , Penyebab Penyakit Cacingan , Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Mengobati Penyakit Bronkitis Pada Anak , Manfaat Makan Kencur Mentah

Manfaat Makan Kencur Mentah

Kencur (Kaempferia galanga L.) adalah salah satu jenis empon-empon/tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpang atau rizoma tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Nama lainnya adalah cekur (Malaysia) dan pro hom (Thailand). Dalam pustaka internasional (bahasa Inggris) kerap terjadi kekacauan dengan menyebut kencur sebagai lesser galangal (Alpinia officinarum) maupun zedoary (temu putih), yang sebetulnya spesies yang berbeda dan bukan merupakan rempah pengganti. Terdapat pula kerabat dekat kencur yang biasa ditanam di pekarangan sebagai tanaman obat, temu rapet (K. rotunda Jacq.), namun mudah dibedakan dari daunnya. Nah pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai Manfaat Makan Kencur Mentah , jadi bagi anda yang penasaran , apasaja sih manfaat kencur ini , yuk langsung aja kita simak ulasannya berikut ini :

  1. Menjaga kualitas suara

Manfaat pertama yang dapat diperoleh dari konsumsi kencur mentah setiap hari adalah membantu menjaga kualitas suara. Manfaat kencur untuk suara ini dipercaya dan dilakukan oleh banyak penyayi ternama di Indonesia dan telah diakui oleh mereka seperti Fatin dan Ita Purnamasari. Kedua penyanyi tersebut menyatakan bahwa kualitas dari suara merdu yang dimilikinya tidak berubah dan tetap terjadi ketika mengkonsumsi kencur mentah setiap hari bahkan untuk Ita sebagai penyayi yang sudah cukup berumur menyatakan bahwa suaranya tidak berubah sejah dulu hingga sekarang.

  1. Menjaga kesehatan tubuh

Konsumsi kencur mentah setiap hari juga dapat membantu menjaga kualitas kesehatan tubuh serta meningkatkan kemampuan daya tahan atau imunitas tubuh. Kencur juga dipercaya mampu mengatasi beberapa jenis gejala penyakit yang sering kali diderita diantaranya seperti :

  • Batuk, kandungan minyak atsiri di dalam kencur dapat membantu dalam mengatasi batuk sebagai salah satu gejala penyakit yang sangat sering dialami oleh setiap orang. Kencur dapat membantu melegakan kondisi tengorokan dan memang sudah menjadi salah satu pengobatan traditional yang sudah dikenal sejak dulu. Efek positif ini sama dengan manfaat kunyit untuk batuk.
  • Diare, diare merupakan kondisi dimana seseorang mengalami buang air besar dengan frekuensi yang lebih banyak dan konsistensi yang lebih cair. Diare dapat disebabkan oleh infeksi bakteri dan salah satu sifat kencur adalah herbal antibakteri yang dapat membantu mengasi kondisi diare tersebut.
  • Pilek, pilek juga termasuk salah satu jenis gejala penyakit yang dapat dibantu pengatasanya dengan ramuan kencur maupun kencur mentah.
  1.  Menghilangkan stres

Kandungan kencur yang memilik banyak minyak atsiri di dalamnya memiliki manfaat yang berhubungan dengan kondisi psikologis seseorang. Minyak atsiri tersebut dapat memberikan efek stimulan yang akan menjadi salah satu cara dalam mengatasi stres. Selain itu, beberapa minyak atsiri tersebut juga memiliki sifat antidepresan yang dapat memberikan kondisi relaksasi pada sistem saraf untuk dapat lebih menenangkan kondisi seseorang yang stres sama seperti manfaat kelengkeng.

  1. Menjaga stamina

Manfaat lainnya yang dapat diperoleh ketika mengkonsumsi kencur mentah setiap hari adalah membantu dalam menjaga kondisi stamina. Dengan konsumsi kencur tersebut maka seseorang tidak akan mudah lelah dan lebih kuat dalam menjalani setiap aktivitas yang terjadi sepanjang hari. Efek positif ini sangat berhubungan dengan manfaat wedang asem.

Itulah beberapa manfaat makan kencur mentah tiap hari yang perlu diperhatikan dan diketahui oleh setiap orang dalam kaitannya mendukung kondisi kesehatan. Adanya manfaat yang disebutkan tersebut menjadikan beberapa public figure melakukan aktivitas konsumsi kencur setiap hari.

IndoPrimbon