Manfaat Lemon Untuk Kesehatan

Manfaat Lemon Untuk Kesehatan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Ramuan Alami Mengatasi Masuk Angin , Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol , Penyebab Penyakit Kaki Gajah , Penyebab Penyakit Cacingan , Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Mengobati Penyakit Bronkitis Pada Anak , Manfaat Lemon Untuk Kesehatan

Manfaat Lemon Untuk Kesehatan

Sitrunjeruk sitrun  atau lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia.

Pohon berukuran sedang ini dapat mencapai 6 m dan tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin. Sitrun dibudidayakan di Spanyol, Portugal, Argentina, Brasil, Amerika Serikat dan negara-negara lainnya di sekitar Laut Tengah. Tumbuhan ini cocok untuk daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal untuk sitrun agar dapat tumbuh dengan baik adalah antara 15-30 °C (60-85 °F). Berikut merupakan Manfaat Lemon Untuk Kesehatan :

  1. Lemon dikemas dengan banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Buahnya kurang kalori, membawa hanya 29 kalori per 100 g, nilainya menjadi salah satu yang terendah untuk kelompok buah jeruk.
  2. Lemon mengandung lemak jenuh nol atau kolesterol. Meskipun demikian adalah sumber serat makanan yang sangat baik (7,36% dari RDA). Lemon adalah salah satu buah glikemik yang sangat rendah.
  3. Rasa asam lemon ini karena asam sitrat. Asam sitrat merupakan jus sampai 8%. Asam sitrat adalah pengawet alami, membantu pencernaan yang halus, dan membantu melarutkan batu ginjal.
  4. Lemon, seperti buah jeruk lainnya, adalah sumber vitamin C yang sangat baik (asam askorbat); menyediakan sekitar 88% asupan yang direkomendasikan setiap hari. Asam askorbat adalah antioksidan oksida alami yang bisa larut dalam air. Vitamin ini bermanfaat dalam mencegah kudis. Selain itu, konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C membantu tubuh manusia mengembangkan ketahanan terhadap agen infeksius dan mengikis radikal bebas anti-inflamasi yang berbahaya dari darah.
  5. Lemon, seperti jeruk, mengandung berbagai fitokimia. Hesperetin, naringin, dan naringenin adalah flavonoid glikosida yang biasa ditemukan pada buah sitrus. Naringenin ditemukan memiliki efek bioaktif pada kesehatan manusia sebagai antioksidan, radikal bebas, antiinflamasi, dan modulator sistem kekebalan tubuh. Zat ini juga telah terbukti mengurangi cedera oksidan DNA dalam sel studi in vitro.
  6. Selain itu, Lemon juga menyusun satu menit kadar vitamin A, dan antioksidan flavonoid lainnya seperti α, dan ß-carotenes, ß-cryptoxanthin, zeaxanthin, dan lutein. Senyawa ini diketahui memiliki sifat antioksidan. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga mukosa dan kulit sehat dan juga penting untuk penglihatan. Konsumsi buah alami yang kaya akan flavonoid membantu tubuh melindungi dari kanker rongga paru dan mulut.
  7. Total nilai ORAC, yang mengukur kekuatan antioksidan 100 g jus lemon segar adalah 1225 μmol TE (setara Trolox).
  8. Buah ini juga merupakan sumber vitamin B kompleks yang baik seperti asam pantotenat, piridoksin, dan folat. Ini penting dalam arti bahwa tubuh membutuhkan mereka dari sumber eksternal untuk mengisi.
  9. Selanjutnya, lemon membawa sejumlah mineral yang sehat seperti besi, tembaga, potassium, dan kalsium. Kalium dalam komponen penting cairan sel dan tubuh membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah.

Manfaat lemon, sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Melancarkan Pencernaan

Pembuangan sisa pencernaan dapat lebih mudah dengan konsumsi jus lemon secara teratur. Lemon meningkatkan gerakan peristaltik di perut, membantu buang air besar secara teratur sehingga menghilangkan limbah tubuh dengan baik. Lemon seperti pemurni darah dan agen pembersih, sehingga minuman yang baik setelah makan siang atau makan malam. Lemon juga membantu masalah pencernaan lain seperti mual ketika naiknya asam lambung, namun berhati-hati karena lemon tidak cocok dengan susu. Tambahkan jus lemon ke dalam air hangat dan minum sebagai hal pertama di pagi hari.

2. Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan kalium di dalam lemo sama dengan yang terdapat manfaat pisang, yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Kalium mengontrol tekanan darah yang tinggi, pusing dan mual, karena memberikan sensasi menenangkan untuk kedua pikiran dan tubuh. sehingga buah lemon banyak digunakan untuk mengurangi stres mental dan masalah depresi.

3. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Tidak hanya tanaman herbal seperti manfaat jahe yang mampu meredakan batuk, namun lemon sangat bagus untuk mengatasi penyakit tonsilitis (teggorokan). Cukup dengan kumur pada air hangat yang telah ditambahkan dengan satu sendok teh jus lemon. Untuk batuk dan pilek, berikan air hangat yang telah ditambahkan sedikit manfaat madu. Untuk asma, setengah sendok teh jus lemon, dengan secangkir air hangat sebelum makan.

4. Menghentikan Perdarahan Internal

Kandungan antiseptik di dalam buah lemon mampu menghentikan pendarahan internal dalam tubuh. Celupkan kapas kecil pada air perasan lemon dan letakkan ke dalam hidung, untuk menghentikan pendarahan pada hidung.

5. Merawat Kesehatan Mulut

Lemon dapat digunakan dalam pembersihan rutin gigi, namun jauhkan pasta gigi yang mengandung lemon pada mata. Jus lemon dapat diterapkan pada bagian gigi yang sakit, dapat membantu dalam menyingkirkan rasa sakit. Selai itu, lemon juga menghilangkan bau mulut yang dapat berasal dari berbagai penyakit dan kondisi gusi. Beberapa bahan lain yang membantu kesehatan mulut seperti :

  • manfaat strawberry
  • manfaat jeruk
  • manfaat jambu biji

6. Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh

Terkadang makanan yang kita konsumsi, tidak semuanya mengandung zat yang baik. Zat racun yang berbahaya dan menumpuk pada tubuh ini, tidak baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi jus lemon, membantu menghilangkan racun tersebut dan mengeluarkannya bersamaan dengan sisa metabolisme lain.

Jus lemon merupakan pembersih darah karena membantu tubuh untuk membuang racun. Ia juga memiliki 22 senyawa anti kanker dan memperlambat pertumbuhan tumor kanker. Setelah radiasi dan kemoterapi, ia bisa menghilangkan jejak sisa radiasi dan memurnikan darah. Lemon juga menunjang sistem kekebalan tubuh dan baik sebagai anti depresan.

7. Vitamin C dan Berat Badan

Di tulis dalam artikel yang diterbitkan dalam “Journal of the American College of Nutrition” pada tahun 2005, vitamin C berbanding terbalik dengan massa tubuh. Para peneliti menunjukkan hasil bahwa, asupan vitamin C yang cukup membantu tubuh memicu serangkaian reaksi kimia yang memecah lemak tubuh dan berguna sebagai energi. Manfaat buah-buahan kaya akan kandungan vitamin C, begitu juga di dalam buah lemon yang tinggi dan merupakan alasan untuk efek yang kuat dari kombinasi ini.

Khasiat jeruk lemon terutama banyak dipakai dalam dunia kecantikan, seperti berikut ini :

8. Mengatasi kulit kering pada tumit dan lutut

Potongan jeruk lemon dapat mengatasi masalah ini. Gosokkan potongan jeruk lemon pada sisi kulit kering, seperti pada tumit dan lutut, biarkan hingga meresap ke kulit. Tidak perlu di bilas dengan air kembali.

9. Masker lemon mencerahkan kulit

Bagi kulit berminyak, sangat bermasalah sekali jika kulit wajah terlihat berkilap. Sari jeruk lemon dicampur dengan madu, dapat dijadikan masker. Gunakan secara rutin, manfaat madu dan lemon ini, untuk mendapatkan hasil kulit wajah yang tampak lebih segar dan cerah.

10. Memperkecil pori-pori kulit

Pori-pori wajah yang terlihat agak melebar sangat mengganggu penampilan. Rawatlah kulit wajah dengan air jeruk lemon. Sari jeruk lemon disimpan dalam lemari es, kemudian jus lemon dioleskan pada wajah tunggu hingga meresap, lalu bersihkan dengan air. Lakukan hal ini setiap pagi, dan jangan sari jeruk lemon, jangan sampai lebih dari satu minggu.

11. Mengurangi ketombe

Sari jeruk lemon, campurkan dengan minyak zaitun hangat.  Pijat kepalamu perlahan-lahan dengan campuran lemon tadi dan diamkan selama 15 menit lalu bilas rambutmu dengan air dan gunakan conditioner rambut. Manfaat lemon akan membuat ketombe berkurang dan manfaat minyak zaitun memberikan kelembaban alami rambut. Tentusaja dengan pemakaian yang teratur.

IndoPrimbon