Manfaat Kemuning Untuk Tubuh

Manfaat Kemuning Untuk Tubuh

Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui manfaat daun kemuning. Meskipun sering tumbuh di sekitar pekarangan rumah, tanaman kemuning kalah populer dengan jenis yang lain. Kemuning (Murraya paniculata) termasuk jenis tanaman herbal yang telah dimanfaatkan masyarakat kita sejak lama. Tanaman ini juga populer dengan sebutan kamoneng, kamuning, kemuni, atau kamoni. Kemuning diketahui berasal dari India dan termasuk jenis tanaman perdu. Tumbuhan ini juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena bentuknya yang cukup cantik. Daun kemuning mempunyai rasa yang pedas dan pahit. Hal ini karena kandungannya yang cukup banyak. Seperti eugenol, tanin, geraniol, Careen-3, bisabolene, paniculatine, dan cadin. Bagian bunga dan akarnya juga berkhasiat obat. Berikut ini kami akan mengajak anda untuk mengenali apasaja Manfaat Kemuning Untuk Tubuh.

1. Mengobati sakit gigi

5 Manfaat Kemuning bagi Tubuh, Tanaman yang Tidak Sekadar Harum

Manfaat pertama kemuning bagi kesehatan adalah sebagai obat sakit gigi. Kandungan yang terdapat pada kulit batang kemuning dapat digunakan sebagai obat sakit gigi.

Cara pemakaiannya ada dengan membakar kulit batang kemuning kemudian akan mengeluarkan minyak. Setelah itu teteskan minyaknya pada gigi yang sakit.

2. Menghaluskan kulit

5 Manfaat Kemuning bagi Tubuh, Tanaman yang Tidak Sekadar Harum

Kemuning juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk menghaluskan kulit yang kasar. Ambil daun kemuning segar yang telah dicuci lalu ditumbuk kemudian campurkan dengan air lalu aduk hingga rata. Setelah rata, lulurkan bahan tersebut pada kulit sebelum tidur.

3. Mengatasi rematik

5 Manfaat Kemuning bagi Tubuh, Tanaman yang Tidak Sekadar Harum

Bagian dari kemuning yang bermanfaat bagi tubuh adalah akarnya. Rematik juga bisa diatasi dengan mengonsumsi akar kemuning. Rebus akar kemuning bersama air kemudian minum air rebusan secara teratur untuk mengatasi rematik.

4. Menyembuhkan infeksi saluran kencing

5 Manfaat Kemuning bagi Tubuh, Tanaman yang Tidak Sekadar Harum

Infeksi saluran kencing merupakan penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Kemuning dapat dijadikan sebagai obat alternatif untuk penyakit infeksi saluran kencing. Caranya dengan merebus daun kemuning segar dengan air kemudian konsumsi air rebusan kemuning secara teratur.

5. Menurunkan kolesterol

5 Manfaat Kemuning bagi Tubuh, Tanaman yang Tidak Sekadar Harum

Kemuning memiliki kandungan kimia berupa tannin, flavanoid, steroid, dan alkaloid yang sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol. Mengonsumsi ekstrak daun kemuning secara teratur dapat menurunkan kolesterol dan menjaga kolesterol agar tetap stabil.

Manfaat yang didapat dari kandungan kemuning benar-benar dapat berguna untuk tubuh. Tetapi walaupun dikategorikan sebagai obat herbal, konsumsilah kemuning dengan dosis yang wajar dan jangan berlebihan.

IndoPrimbon