Manfaat Garam Laut Bagi Kesehatan

Manfaat Garam Laut Bagi Kesehatan

Bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan, garam dianggap sebagai penyebab gagalnya program diet. Sebab, banyak yang menganggap bahwa garam merupakan faktor utama timbulnya masalah kenaikan berat badan. Padahal manfaat garam sangat baik untuk kesehatan tubuh hingga pengobatan. Namun, anggapan buruk terhadap garam membuat Anda akan menghindari konsumsi garam walaupun makanan yang ditambahkan garam akan terasa jauh lebih nikmat.

Selain itu, penderita hipertensi alias tekanan darah tinggi juga tidak disarankan mengonsumsi garam berlebih karena dapat memperburuk kondisi tubuh. Akan tetapi, ternyata garam tidak selalu buruk bagi kesehatan. Sebab, ada sederet manfaat garam, dari untuk kencantikan hingga pengobatan. Apa saja manfaat garam tersebut?. Berikut merupakan Manfaat Garam Laut Bagi Kesehatan :

1. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Jadi Bumbu Dapur, Inilah 8 Manfaat Garam Laut Bagi Kesehatan

Garam sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi. Jumlah nutrisi dalam garam juga menghilangkan rasa haus untuk periode waktu yang lebih lama dan menyeimbangkan jumlah cairan pada tubuh kamu.

2. Mengurangi retensi cairan

Jadi Bumbu Dapur, Inilah 8 Manfaat Garam Laut Bagi Kesehatan

Beberapa orang berpikir bahwa makanan asin membuat kembung dan ini terjadi ketika kamu mengonsumsi garam putih dan garam olahan yang digunakan dalam makanan olahan. Namun, dengan garam laut asli, kebalikannya terjadi karena rasio mineral yang seimbang, terutama kalium dan natrium yang membantu melepaskan air.

3. Sumber mineral yang bagus

Jadi Bumbu Dapur, Inilah 8 Manfaat Garam Laut Bagi Kesehatan

Tak hanya berguna sebagai penyedap makanan, rupanya garam laut mempunyai kandungan mineral yang sangat tinggi. Tahukah kamu bahwa garam laut berkualitas tinggi memiliki 84 persen mineral yang menyehatkan dan memperkuat tubuh.

4. Menyeimbangkan elektrolit

Jadi Bumbu Dapur, Inilah 8 Manfaat Garam Laut Bagi Kesehatan

Karena kandungan mineralnya yang luar biasa, garam laut adalah sumber elektrolit yang bagus seperti magnesium, kalsium, kalium dan natrium. Elektrolit ini sangat penting untuk kesehatan otot, otak dan jantung, karena perannya yang penting dalam sistem saraf.

5. Mencegah kram otot

Jadi Bumbu Dapur, Inilah 8 Manfaat Garam Laut Bagi Kesehatan

Ketika kandungan elektrolit dalam tubuh kamu sedikit, kamu dapat mengalami nyeri otot, kram dan bahkan restless leg sindrom. Kekurangan mineral membuat otot tidak rileks dan menyebabkan kontraksi yang di luar kendali.

Inilah sebabnya mengapa mandi garam direkomendasikan untuk segala jenis kelelahan otot. Magnesium dalam garam epsom memainkan peran penting dalam melonggarkan dan menenangkan otot dan seluruh tubuh.

Jika kamu hendak melakukan aktivitas berat, pastikan untuk menambahkan garam laut ke dalam air minum yang akan kamu minum sebelum dan sesudah berolahraga untuk mengisi kembali mineral di tubuh kamu saat melakukan aktivitas berat.

6. Bagus untuk kesehatan kulit

Jadi Bumbu Dapur, Inilah 8 Manfaat Garam Laut Bagi Kesehatan

Karena kandungan mineralnya yang banyak, garam laut memiliki sifat antiinflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Ada banyak produk kecantikan yang menggunakan garam laut, karena memiliki khasiat untuk mendetoksifikasi kulit, membantu pengelupasan kulit, meningkatkan sirkulasi dan menyediakan nutrisi bagi kulit. Garam laut telah terbukti sangat bermanfaat untuk jerawat, psoriasis, eksim dan anti penuaan.

7. Melancarkan pencernaan

Jadi Bumbu Dapur, Inilah 8 Manfaat Garam Laut Bagi Kesehatan

Garam laut diperlukan dalam proses pencernaan dan itu dimulai di mulut. Amilase saliva, suatu enzim yang membantu memecah karbohidrat dalam saliva, diaktifkan oleh rasa garam. Garam juga memainkan peran besar dalam pembuatan asam klorida, yang disekresikan di perut untuk pemecahan makanan terutama protein.

Kebanyakan orang kekurangan asam klorida dan ini dapat menyebabkan banyak masalah pencernaan seperti kembung, gas, mulas, gangguan pencernaan dan pada akhirnya dapat menyebabkan usus bocor dan penyakit kronis.

8. Mengatur tekanan darah

Jadi Bumbu Dapur, Inilah 8 Manfaat Garam Laut Bagi Kesehatan

Garam laut berkualitas tinggi sangat bermanfaat untuk mengatur tekanan darah. Peningkatan tekanan darah adalah hasil dari peradangan di dalam tubuh, yang terutama disebabkan oleh kadar gula yang tinggi, makanan olahan yang tidak mengandung sebagian besar nutrisi.

Garam laut sebenarnya mengurangi peradangan dengan membawa mineral yang diperlukan yang digunakan tubuh untuk meningkatkan kekebalannya. Dengan menyediakan air dan kalium yang cukup pada tubuh, garam membantu mencegah penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung.

Di balik rasa asinnya, tak hanya berguna sebagai penyedap rasa pada sebuah makanan. Ternayata garam mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

IndoPrimbon