Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih

Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur. Namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan. Juga kapurnya mebuat pengerutan gusi (periodentitis) yang dapat membuat gigi tanggal, walaupun daun sirihnya yang mengandung antiseptik pencegah gigi berlubang. Berikut ini kami akan membagikan info seputar Manfaat Daun Sirih :

  1. Antioksidan, sifat daun sirih termasuk kedalam antioksidan. Antioksidan dapat berfungsi untuk melindungi sel dari akibat radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.
  2. Anti jamur, sebagai anti jamur (anti fungi) bermanfaat menghilangkan jamur yang menyebabkan rasa gatal tak tertahankan.
  3. Anti inflamasi, sifat daun sirih sebagai anti inflamasi. Daun sirih memiliki khasiat yang sangat baik sebagai anti peradangan atau yang disebut sebagai inflamasi.
  4. Anti mikroba, sifat anti mikroba atau anti bakteri yang dimiliki daun sirih dapat mengurangi jumlah kuman-kuman atau dapat membunuh kuman.
  5. Antiseptik, sifat daun sirih sebagai Antiseptik memiliki kandungan senyawa yang berguna dalam memperlambat pertumbuhan mikroorganisme seperti Escherichia coliyang menyebabkan pneumonia dan endokarditis. Peran Katekin dan Tannin yang terkandung dalam daun sirih merupakan senyawa polifenol yang ini berguna sebagai antiseptik.
  6. Antifilarial, filariasis sendiri merupakan zoonosis atau yang dikenal dengan penularan penyakit dari hewan ke manusia maupun sebaliknya dari manusia ke hewan. Filariaris biasanya adalah parasit yang dapat menyebabkan infeksi.
  7. Antihiperglikemi, Daun sirih juga dapat bersifat sebagai antihyperglycemic atau antidiabetic. Hiperglikemia atau gula darah tinggi adalah kondisi dimana jumlah glukosa yang ada sangat berlebihan dalam plasma darah.

Jenis-jenis daun sirih

Berdasarkan pada bentuk daun, aromanya dan rasanya, daun sirih terbagi kedalam beberapa jenis yang banyak ditemui secara umum di Indonesia, diantaranya :

  1. Daun sirih Jawa, berwarna hijau tua dan rasa tidak begitu tajam.
  2. Daun Sirih Banda, daun sirih ini memiliki lebar daun besar, berwarna hijau tua dan kuning dibeberapa bagian dengan bau yang sengak.
  3. Daun sirih Maluku, banyak ditemukan di daerah Maluku, mirip dengan sirih Jawa.
  4. Daun sirih Cengkeh, sesuai dengan namanya daun ini berukuran kecil, berwarna kuning, memiliki rasa tajam seperti cengkeh.
  5. Daun sirih hitam (sirih keling), memiliki rasa yang sangat menyengat biasanya digunakan sebagai kombinasi dalam obat.
  6. Daun Sirih merah, tak hanya sebagai tanamanan obat namun juga sirih merah telah menjadi primadona tanaman eksotis yang mahal. Memiliki warna merah dan berkhasiat hampir sama dengan sirih hitam yang dapat dipadukan dengan formulasi tanaman obat lainnya.

 1. Daun sirih sebagai obat sakit gigi dan mulut wanita

Belakangan ini banyak merk kecantikan terkemuka memproduksi pasta gigi yang berbahan dasar daun sirih. Bisanya pasta gigi ini dilengkapi dengan mineral fluoride, yang diyakini untuk merawat gigi dengan cara meningkatkan ketahanan email gigi. Namun jika ingin meramu daun sirih alami untuk perawatan gigi dan mulut, para wanita bisa membuatnya sendiri. Daun sirih dapat digunakan sebagai penghambat pembentukan plak pada gigi.

Sebuah penelitian Politeknik Palembang tentang plak pada gigi yang dilakukan dengan membandingkan pertumbuhan plak yang dibagi menjadi 3 kelompok. 3 kelompok tersebut dibandingkan aktivitas berkumur mereka dengan daun sirih, obat kumur (mengandung CPC 0,05 %) dan dengan air biasa. Hasilnya adalah skor pada kelompok yang berkumur dengan daun sirih lebih kecil pertumbuhan plaknya dibandingkan menggunakan air biasa maupun obat kumur. Berikut cara meraciknya

  • Bahan : 20 gram daun sirih.
  • Cara membuat : merebus 20 gram daun sirih dengan 200 cc air hingga mendidih.
  • Pemakaian : untuk berkumur setiap hari.

 2. Ramuan sebagai obat batuk alami untuk wanita

  • Bahan : 15 lembar daun sirih dan 3-4 gram gula batu
  • Cara membuat :  cuci bersih daun sirih tersebut dan  rebus dengan 6 gelas air rebus hingga air menyusut menjadi setengahnya. Masukkan gula batu kedalam air rebusan agar manis.
  • Pemakaian : minum air rebusan tersebut 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

3. Ramuan daun sirih sebagai penghilang bau mulut

  • Bahan : 10-15 lembar daun sirih
  • Cara membuat : daun direbus dngan 4 gelas air sampai mendidih dan menyusut setengahnya
  • Pemakaian : air digunakan untuk berkumur dan dapat digunakan sesering mungkin.

4. Ramuan daun sirih sebagai pelindung untuk daerah kewanitaan

  • Bahan : 7-10 lembar daun sirih
  • Cara membuat : daun direbus dengan 2-3 liter air sampai mendidih.
  • Pemakaian : air rebusan yang hangat dipakai untuk membasuh daerah sekitar miss V dan dapat digunakan juga sebagai cebok. Ramuan ini dipakai seminggu sekali setelah buang air besar atau kecil.

Daun sirih selain memberikan kesegaran pada tubuh, bila miss V diberikan perawatan dengan mencebokinya menggunakan ramuan ini membuat vagina lebih kesat dan lendir tidak berlebihan

5. Ramuan daun sirih sebagai obat keputihan miss V

  • Bahan : 7 lembar daun sirih, 3 jari rimpang lempuyang, 3 jari temu kunci, dan 1 sendok makan kapur
  • Cara membuat :  semua bahan dicuci bersih kecuali kapur dan diblender. Kemudian dibagi menjadi 3 bagian.
  • Pemakaian :  setelah dibagi menjadi tiga bagian, pada 1 bagian dicampur dengan segelas air matang dan air kapur lalu diaduk hingga merata. Ramuan diminum 2 kali sehari. Jika keputihan sudah agak membaik ramuan ini diminum sepekan sekali sampai keputihannya sembuh.

6. Daun sirih sebagai ramuan menghilangkan bau badan pada wanita

  • Bahan : 10-15 lembar daun sirih, 1 sendok teh garam, dan madu sesuai selera
  • Cara membuat : direbus daun sirih dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Kemudian disaring dan dimasukkan garam dan madu
  • Pemakaian : air rebusan diminum 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore hari.

7. Daun sirih untuk menghilangkan keringat berlebih pada wanita

  • Bahan : 0,5 kilogram daun sirih dicuci bersih.
  • Cara membuat : daun sirih direbus dengan 1 liter air hingga mendidih dan air rebusan yang masih panas ditambahkan air dingin sampai hangat.
  • Pemakaian : air digunakan sebagai campuran saat mandi 2 kali sehari.

Dengan aktivitas yang sangat tinggi, wajar jika seorang wanita mengalami keringat berlebih, dengan ramuan tersebut maka akan mengurangi jumlah keringat yang keluar. Karena dalam daun sirih mengandung antiseptik sehingga bakteri penyebab keringat akan mati.

8. Daun sirih untuk meningkatkan kepekaan seksual wanita

  • Bahan : daun sirih muda sebanyak 5 gram, ditambah bawang putih 5 gram, 1 butir telur, dan 50 gram kucai.
  • Cara membuat :  bahan yang dilumatkan terlebih dahulu adalah daun sirih, bawang putih, dan kucai. Kemudian diseduh dan direndam dalam 1 gelas air panas. Kemudian disaring, setelah dingin ditambah dengan memasukkan kuning telur dan diaduk.
  • Pemakaian :  Ramuan diminum setiap malam sebelum tidur atau 2 jam setelah makan malam.

9. Ramuan daun sirih sebagai pengurang produksi susu berlebih

  • Bahan : daun sirih sebanyak 2-4 lembar.
  • Cara membuat : daun sirih tersebut dihangatkan diatas panci ketika merebus air sampai daun tersebut lemas.
  • Pemakaian  : dalam kondisi daun tersebut hangat kemudian ditempelkan ke payudara saat produksi susu berlebih.

10. Daun sirih sebagai ramuan perawatan paska melahirkan

  • Bahan : 2-5 lembar daun sirih.
  • Cara membuat : daun sirih direbus dengan 4 gelas air putih sampai mendidih dan menyusut sampai setengahnya kemudian dinginkan.
  • Pemakaian : air rebusan diminum 1 kali sehari. Dengan demikian perut akan terasa hangat serta membuat badan terasa lebih segar. Selain itu bau badan menjadi berkurang.

11. Terus awet muda dan mencegah penuaan dini bersama dengan daun sirih

Seorang nenek bernama berusia 94 tahun yang terus nginang. Sang nenek merasakan manfaat dari nginang adalah badan yang segar dan tidak berbau keringatnya. Gigi yang kuat karena nginang membuatnya awet muda. Nenek menginang setiap hari tidak kurang 5 kali dalam sehari. Nginang dapat menghasilkan ludah berwarna merah yang bisa ditelan, hal ini membuat perut nenek menjadi hangat. Selain itu hingga kini nenek tak pernah menderita sakit yang berat semcam sakit jantung, darah tinggi maupun pneumonia.

Berikut kita dapat meracik ramuan untuk mencegah penuaan dini.

  • Bahan : 6 lembar daun sirih merah, kurma 10 biji, kacang hijau sebanyak 100 gram, gingseng talinum 40 gram, madu 2 sendok makan atau sesuai selera ditambah perasan jeruk nipis 2 sendok makan juga.
  • Cara membuat : semua bahan direbus kecuali jeruk nipis dan madu. Direbus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan air menyusut setengahnya. Kemudian masukkan madu dan jeruk dan diaduk rata.
  • Pemakaian : diminum seminggu sekali selama satu bulan. Saat dimana hari meminum air rebusan tersebut dilakukan 2x dalam sehari sebanyak 1 gelas.

12. Ramuan daun sirih mengharumkan kulit wanita

  • Bahan : 3-5 lembar daun sirih, gula batu maupun dapat dikombinasi dengan kunyit asam.

b. Cara membuat : daun sirih diblender dengan bahan-bahan.

c. Pemakaian  : diminum sesuai selera.

13. Ramuan daun sirih untuk menjaga kebugaran tubuh wanita

  • Bahan : 3-5 lembar daun sirih, buah delima.
  • Cara membuat : daun sirih ditumbuk bersama dengan buah delima.
  • Pemakaian : dikonsumsi sesering mungkin sesuai selera.

14. Ramuan daun sirih untuk memperlancar datang bulan

  • Bahan : 6 lembar daun sirih merah, umbi dewa 30 gram, mahkota dewa 20 gram dicuci bersih
  • Cara membuat : semua bahan direbus dengan 3 gelas air sampai menyusut menjadi 2 gelas. Kemudian dinginkan.
  • Pemakaian : air rebusan ini dapat diminum 2 kali sehari setiap kali minum sebanyak 1 gelas. Selain itu juga mengurangi stres dan cukup istirahat.

Dengan demikian banyak sekali khasiat dari daun sirih yang dapat kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk perawatan dan kesehatan wanita. Selain sebagai bahan baku utama produk kecantikan, tanaman sirih juga sebagai bahan baku para herbalis meramu obat alternatif sebagai opsi selain mengkonsumsi obat kimia. Selamat mencoba.

IndoPrimbon