Manfaat Dan Khasiat Bawang Putih

Manfaat Dan Khasiat Bawang Putih

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , makanan yang memicu kanker , Bahan alami penyubur rambut , cara pengobatan hepatitis b , penyebab hepatitis b , minuman kesehatan korea , cara mengusir komedo putih hingga yang hitam , perawatan wajah agar tetap glowing , manfaat dan khasiat bawang putih

Manfaat Dan Khasiat Bawang Putih

Bawang putih adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan.Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Bukan hanya sebagai bumbu dapur ternyata bawang putih memiliki manfaat dan khasiatnya , pasti anda penyuka bawang putih penasaran manfaat dan khasiatnya apasaja kan ? . Berikut ini kami akan memberikan informasi Manfaat Dan Khasiat Bawang Putih :

1. Bawang putih panggang

Olahan bawang putih panggang merupakan salah satu cara pemasakan yang terbilang unik untuk dijadikan camilan. Bagaimana tidak, bawang putih terbiasa dimasak dengan perpaduan bahan-bahan dapur lainnya, seperti sayur-sayuran, daging, dan lain-lain. Untuk olahan yang sekarang, bawang putih menjadi pusat utama sebagai hidangannya. Memanggangnya dapat menjadi cara pemasakan yang tergolong sangat enak, manis, dan lembut. Olahan bawang putih panggang dapat dimakan langsung sebagai camilan, atau bisa dicampur dengan makanan lainnya seperti sup atau daging panggang. Cara membuat bawang putih panggang ini pun tergolong mudah, cukup dengan sediakan beberapa siung bawang putih yang sesuai dengan kebutuhan, kemudian potong bagian atas bawang putih, selanjutnya oles bawang putih dengan minyak zaitun, setelah itu tutup dengan alumunium foil dan panggang di oven selama tiga puluh atau tiga puluh lima menit, yang terpenting adalah bawang putih yang dipanggang harus berwarna cokelat keemasan dan ujungnya terasa lembut ketika ditusuk. Khasiat dari bawang putih panggang begitu besar untuk kestabilan tubuh, seperti dapat menjadi penangkal kanker, dan dapat menjaga kesehatan dalam jangka panjang.

2. Bawang putih madu

Bawang putih madu memiliki khasiat yang tidak kalah dengan bawang putih panggang di atas. Perpaduan antara madu dan bawang putih ini sangat efektif dan ampuh mengobati berbagai penyakit. Keduanya adalah antibiotik yang mujarab untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Untuk membuat olahan ini pertama-tama siapkan bahannya terlebih dahulu, yaitu sediakan beberapa siung bawang putih sesuai dengan kebutuhan, kemudian siapkan secangkir madu yang tentu sesuaikan juga dengan jumlah siungan bawang putih, dan satu toples.

Cara pembuatannya pun sangat mudah, bawang putih yang disediakan tadi kemudian dipotong sesuai selera, masukkan potongan bawang putihnya ke dalam toples dan dilanjutkan dengan memasukkan madunya, setelah itu diamkan di kulkas selama satu hari sampai bawang putih terasa lemas seperti manisan. Bawang putih madu pun siap dimakan.

3. Bawang putih hitam

Pengolahan bawang putih yang satu ini cukup terbilang rumit dan membutuhkan waktu yang lama, tidak sama seperti olahan bawang putih di atas. Sebab, bawang putih hitam ini atau biasa disebut dengan istilah black garlic memiliki proses dengan kurun waktu yang lama dan juga memiliki kelembaban yang perlu diperhatikan. Maka tak heran, apabila bawang putih hitam tidak memiliki bau yang menyengat seperti bawang mentah pada umumnya. Selain itu, tekstur dari black garlic ini jauh lebih lembut daripada bawang putih mentahnya sehingga cita rasa dari olahan ini sungguh unik setelah dirasakan di lidah. Olahan ini selain bisa menghilangkan bau bawang putih, tetapi di lain sisi juga terdapat efek positif yang luar biasa untuk kebutuhan jasmani di mana dapat membantu pengobatan pada beragam jenis penyakit dan bahkan penyakit kronis yaitu kanker.

4. Bawang putih tunggal lanang

Bawang putih lanang merupakan umbi bawang putih tunggal yang berukuran lebih kecil dan diyakini memiliki manfaat lebih daripada bawang putih pada umumnya. Untuk mendapatkan khasiat dari si bawang putih lanang ini pada beberapa orang dilakukan dengan cara memakannya langsung, namun ada juga yang membuat air rebusannya atau memadukan bawang putih lanang dengan air putih dan madu. Namun untuk pengonsumsian bawang putih lanang yang dimakan langsung memiliki tingkat bau yang begitu menyengat, sehingga ini tidak disarankan karena takut akan mengganggu penciuman orang lain. Maka dari itu, untuk memberikan kenyamanan satu sama lain lebih baik bawang putih lanang dikonsumsi dengan cara-cara olahan lainnya seperti yang sudah diterangkan di atas. Apabila rutin dikonsumsi, khasiat dari bawang putih lanang ini dapat menambah stamina, menurunkan kadar kolesterol, pencegah kanker, mengobati penyakit ringan (seperti: maag, flu), maupun pengontrol penyakit berat (seperti: diabetes)

5. Jus Bawang Putih

Olahan yang satu ini memang terasa menggelikan sekaligus langsung membayangkan betapa baunya aroma bawang putih yang begitu menyengat di hidung jika diolah menjadi jus. Namun jangan khawatir olahan ini tidak akan terasa bau dari si putih yang menyengat itu. Karena olahan ini tidak semua bahannya adalah bawang putih, melainkan ada bahan lainnya yang juga bisa dicampurkan. Salah satunya adalah mencampurkan bawang putih dengan perasan jeruk nipis, sehingga bau dari si bawang putih ini dapat dengan mudah tersamarkan. Olahan ini juga memiliki khasiat yang begitu besar untuk tubuh terlebih dalam menambah vitamin, nutrisi, gizi, serta enzim.

 

IndoPrimbon