Manfaat Bawang Merah

Manfaat Bawang Merah

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , minuman penyehat tubuh , dilarang melakukan hal ini setelah makan , mitos yang dipercaya dapat memperbesar payudara , manfaat bawang merah

Manfaat Bawang Merah

Bawang merah merupakan sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan di dunia, berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya, kemudian dibudidayakan di daerah dingin, sub-tropis maupun tropis. Umbi bawang dapat dimakan mentah, untuk bumbu masak, acar, obat tradisional, kulit umbinya dapat dijadikan zat pewarna dan daunnya dapat pula digunakan untuk campuran sayur. Bukan hanya sebagai bumbu dapur ternyata bawang merah juga banyak manfaatnya lho . bagi anda penyuka bawang merah , ayuk kita lihat apa saja manfaat bawang merah ini :

Menguatkan Tulang
Penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa orang-orang yang gemar mengonsumsi bawang merah dan bawang putih akan memiliki tulang kuat. Para peneliti juga mengatakan bahwa nutrisi yang terkandung pada bawang bisa meningkatkan kepadatan tulang dan mencegahnya terhindar dari berbagai masalah.

Tinggi Antioksidan
Bawang merah mengandung vitamin C, kalium, folat, mangan dan berbagai zat aktif yang sangat baik buat tubuh. Bawang merah juga mengandung antioksidan yang sangat baik dalam mencegah risiko kanker maupun penyakit berbahaya lainnya.

Menurunkan Risiko Kolesterol
Para peneliti percaya jika nutrisi yang terkandung di dalam bawang merah bisa menurunkan risiko kolesterol. Tak hanya itu saja, nutrisi ini juga efektif menurunkan tekanan darah dan mencegah risiko darah tinggi maupun stroke.

Melancarkan Sistem Pencernaan
Buat kamu yang ingin memiliki sistem pencernaan sehat, pastikan untuk mengonsumsi bawang merah secara rutin. Nutrisi dan gizi yang terkandung di dalam bawang merah sangat baik untuk sistem pencernaan.

Manfaat lain dari bawang merah

Bawang goreng adalah bawang merah yang diiris tipis dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak. Pada umumnya, masakan Indonesia berupa soto, sup juga bubur ayam menggunakan bawang goreng sebagai penyedap sewaktu dihidangkan. Selain diolah menjadi bawang goreng, bawang merah dapat juga dapat bermanfaat sebagai obat yaitu untuk mengobati maag, masuk angin, menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, sebagai obat kencing manis (diabetes melitus), memperlancar pernafasan dan memperlancar aliran darah karena bawang merah dapat menghambat penimbunan trombosit dan meningkatkan aktivitas fibrinotik.

IndoPrimbon