Makanan Penurun Gula Darah

Makanan Penurun Gula Darah

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Penambah Trombosit Super , Makanan Yang Mengandung Sodium Tinggi , Makanan Penurun Gula Darah

Makanan Penurun Gula Darah

Dalam ilmu kedokteran, gula darah adalah istilah yang mengacu kepada tingkat glukosa di dalam darah. Konsentrasi gula darah, atau tingkat glukosa serum, diatur dengan ketat di dalam tubuh. Glukosa yang dialirkan melalui darah adalah sumber utama energi untuk sel-sel tubuh.

Umumnya tingkat gula darah bertahan pada batas-batas yang sempit sepanjang hari: 4-8 mmol/l (70-150 mg/dl). Tingkat ini meningkat setelah makan dan biasanya berada pada level terendah pada pagi hari, sebelum orang makan.

Diabetes mellitus adalah penyakit yang paling menonjol yang disebabkan oleh gagalnya pengaturan gula darah.

Meskipun disebut “gula darah”, selain glukosa, kita juga menemukan jenis-jenis gula lainnya, seperti fruktosa dan galaktosa. Namun, hanya tingkatan glukosa yang diatur melalui insulin dan leptin. Berikut ini kami akan memberikan informasi seputar Makanan Penurun Gula Darah , jika anda penasran , maka simaklah ulasan yang akan kami berikan berikut ini :

1. pare

Pare adalah salah satu makanan penurun gula darah yangb terkenal memiliki rasa pahit yang khas, Namun rasa pahit pada pare dapat menurunkan jumlah gula darah berlebih dan mencegah munculnya penyakit diabetes pada orang orang yang baru terserang gejala awal diabetes.

2. Bawang putih

Bawang putih merupakan makanan penurun gula darah yang telah puluhan tahun terbukti memiliki kemampuan klinis dalam menurunkan kadar kolesterol dan gula dalam darah serta membuat kadar gula tetap dalam kondisi stabil ketika anda mengkonsumsinya setiap hari secara rutinyang ditambahkan pada makanan yang akan anda konsumsi.

3. Bayam

Bayam memiliki kandungan magnesium yang tinggi yang dapat mengontrol kadar gula darah dan mengendalikan pengeluaran insulin serta mengatur glukosa dalam tubuh sehingga dapat menjaga kestabilan gula darah dari waktu kewaktu. Bayam adalah makanan penurun gula darah yang aman digunakan setiap hari dengan jumlah yang tidak terbatas tetapi harus dihabiskan dalaam satu hari dan jangan menghangatkan bayam karena alasan apapun karena zat besinya yang tinggi dapat berubah menjadi racun berbahaya bagi tubuh.

4. Alpukat

Alpukat adalah buah bernutisi tinggi yang dapt dijadikan sebagai makanan penurun gula darah karena terkenal memiliki asam lemak tak jenuh yang mampu mengatur dan mengendalikan kadar gula dalaam darah agar tidak mengalami peningkatan yang signifikan.

5. Kacang almond

Kacang almond mengandung magnesium, Serat yang tinggi , Protein dan Zat kromium yang mampu menurunkan kadar gula yang sedang mengalami peningkatan. Jadikan kacang almond untuk teman nasi sehari hari dan aman sebagai makanan penurun gula darh terbaik bagi Remaja, Dewasa dan orangtua.

6. Kacang kedelai

Kedelai adalah makanan penurun gula darah yang brrcita rasa lezat dan mengandung serat tinggi serta protein nabati yang dapat menurunkan ekskresi urin pada penderita diabetes mellitus sehingga mempercepat penurunan kadar gula dalaam darah

7. Apel

Makanan penurun gula darah paling mudah didapat dimana mana adalah buah apel. Apel mengandung zat pektin yang dapat menurunkan kadar insullin dalam tubuh dan menjaga kadar gula darah agar tidak mengalami kenaikan. Mengkonsumsi 2 buah apel setiap hari dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit diabetes tipe 2.

8. Jeruk bali

Jeruk bali mengandung asam folat, Kalsium , Fosfor dan beberapa vitamin serta senyawa naringenin yang terbukti dapat membuat tubuh menjadi lebih sensitivitas terhadap insulin sehingga dapat menurunkan kadar insulin dengan cepat dalam jaringan darah. Jeruk bali layak masuk sebagai makanan penurun gula darah yang efektif mengatasi lonjakan kadar gula bagi remaja dan dewasa.

9. Buah kiwi

Buah kiwi adalah jenis buah buahan yang masuk kategori sebagai makanan penurun gula darah yang ampuh mengatasi penyakit kencing manis, hal ini karena kiwi mengandung zat inositol atau B8 dan vitamin C yang jika bergabung keduanya menajdi kekuatan yang ampuh dalam mengendalikan insullin karena manfaat utamanya adalah mengatur difusi glukosa yag tinggi kedalam sel sehingga menurunkan kadar gula yang meleawti aliran darah dan pembuluh arteri disemua jaringan tubuh.

10. Gandum

Gandum memilki serat alami yang utuh dan mampu menurunkan kadar gula darah yang sedang naik. Makanlah gandum tanpa atau dengan penambahan bahan makanan lain seperti ikan , Sayuran brokoli atau cabai yang dibuat menjadi sambal. Gandum dapat dijadikan sebagai makanan penurun gula darah yang baik bagi penderita gejala diabetes yang diaplikasikan untuk asupoan harian.

11. Telur

Tahukah anda jika sebutir telur dapat digunakan sebagai makanan penurun gula darah? Telur merupakan makanan kaya protein yang dapat menekan rasa lapar sehingga berdampak baik pada penurunan kadar glukosa dalam tubuh. Telur dapat dikonsumsi hanya 2 butir saja setiap hari mengingat didalamnya terdapaat kaandungan kolesterol yang cukup tinggi.

12. Cokelat

Sebatang cokelat setiap hari mampu memaksimalkan kinerja insulin dan menstabilkan kadar gula darah dan merangsang sensitivitas tubuh terhadap insulin dalam tubuh sehingga kadar gula darah dapat segera diturunkan secara alami. Jadikan cokelat sebagai makanan penurun gula darah yang wajib anda miliki tetapi mengkonsumsinya tetap saja tidak boleh berlebihan.

13. Ketan hitam

Mengkonsumsi ketan hitam ternyata baik bagi kestabilan kadaar gula darah dan bermanfaat untuk menurunkan kadar insulin pada penderita diabetes tipe 2. Ketan hitam dapat dikukus seperti layaknya anda memasak nasi lalu makanlah bersama ikan, Dimana daging ikan memiliki zat omega 3 yang dapat menurunkan kadar gula dalaam tubuh dan otomatis membantu meningkatkan keberhasilan ketan hitam sebagai makanan penurun gula darah yang ampuh pada penderita diabetes dan obesitas.

IndoPrimbon