Khasiat Rumput Mutiara Untuk Kesehatan

Khasiat Rumput Mutiara Untuk Kesehatan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Kenali Obat Keputihan Tradisional , Cara Mencegah Terkena Biang Keringat , Cara Menurunkan Hormon Prolaktin , Obat Demam Tradisional , Obat Tradisional Multiple Sclerosis , Obat Tradisional Ginjal Bocor , Obat Cacingan Tradisional , Obat Tradisional Parkinson , Obat Tradisional Alergi Telur , Obat Tradisional Lumpuh Kaki Alami , Manfaat Gula Siwalan Untuk Kesehatan , Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Duwet Untuk Ibu Hamil , Manfaat Lidah Buaya , Cara Mengobati Ambeien Secara Alami , Manfaat Kafein Untuk Kesehatan , Bahaya Narkoba Untuk Kesehatan , Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan , Penyebab Darah Kental , Khasiat Daging Marmut Bagi Kesehatan , Efek Samping Bawang Putih , Cara Menghilangkan Batuk Berdahak , Obat Keseleo Lutut Tradisional , Obat Tradisional Wasir Berdarah , Pertolongan Pertama Terkena Knalpot , Pertolongan Pertama Serangan Stroke , Cara Menghilangkan Kapalan Di Kaki , Makanan Penyebab Asam Lambung Naik , Mengobati HIV AIDS Secara Tradisional , Khasiat Kapulaga Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Eksim Basah , Cara Mengobati Kutil , Bahaya Makanan Laut Bagi Kesehatan , Bahaya Daging Sapi Bagi Kesehatan , Manfaat Kelapa Arab , Manfaat Laos Putih Untuk Kesehatan , Gejala Liver Bengkak , Cara Memutihkan Gigi Secara Alami , Bahaya Cuka Makan Bagi Kesehatan , Obat Sakit Gigi Paling Ampuh , Obat Tradisional Limpa Bengkak , Obat Tradisional Daun Meniran Untuk Diabetes , Khasiat Rumput Mutiara Untuk Kesehatan , Obat Tradisional Penghancur Batu Ginjal , Cara Menghilangkan Nyeri Haid Secara Alami , Ramuan Tradisional Penghilang Mual Maag , Obat Wasir Berdarah Tradisional

Khasiat Rumput Mutiara Untuk Kesehatan

Rumput mutiara adalah tanaman rumput liar yang termasuk ke dalam famili Rubiaceae dan dikenal dengan nama daerah rumput siku-siku, daun mutiara, lidah ular, atau katepan. Rumput ini tumbuh subur di tanah yang lembap, di kebun kosong yang basah, halaman rumah, pinggir jalan, dan selokan. Rumput mutiara terkenal sebagai tanaman obat yang dimanfaatkan di Cina, India dan wilayah Asia Tenggara untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Rumput mutiara berpenampakan tegak atau condong,sering bercabang mulal dari pangkal batangnya dengan tinggi 0,05 – 0,6 m. Batang rumput ini bersegi empat, gundul atau dengan sisik sangat pendek, bercabang, dengan tebal 1 mm dan berwarna hijaukecoklatan sampai hijau keabu-abuan.  Daunnya relatif kecil dengan panjang daun 2 – 5 cm, ujung runcing, tulang daun satu di tengah.  Ujung dan pangkal daunnya runcing, berwarna hijau pucat, dengan sisik sisik kecil sepanjang tepi daunnya dengan tangkai daun sangat pendek dan memiliki rambut pendek pada ujungnya.  Akar tanaman herba ini merupakan akar tunggang dengan garis tengah rata-rata 1 mm dengan akar cabang berbentuk benang. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Khasiat Rumput Mutiara Untuk Kesehatan :

Dalam catatan pengobatan dan tradisi di Asia, rumput mutiara telah dikenal sebagai tanaman herbal super. Salah satunya untuk pengobatan herbal di Cina, India, dan di negara-negara Asia Tenggara. Menurut beberapa penelitian, rumput mutiara mengandung senyawa aktif asam ursolat dan asam uleanolat. Kedua senyawa ini terbukti mencegah perkembangan dan pembelahan sel kanker ke tahap yang lebih ganas. Sehingga tanaman ini mampu mengobati jenis kanker ganas antara lain kanker lambung, kanker payudara, kanker rektrum, kanker serviks, dan kanker nasofaring.
Dalam penelitian medis, rumput mutiara mengandung Hentriacontane, stigmasterol, ursolic acid, oleanolic acid, Beta-sitosterol, sitisterol-D-glucoside, p-coumaric acid, flavonoid glycosides dan Baihuasheshecaosu. Menurut penelitian Asyhar pada tahun 2009, ekstrak Etanolik rumput mutiara menunjukkan hasil kualitatif terhadap ekspresi protein N-Ras. Metode ini menggunakan metode imunohistokimia, dan diketahui bahwa senyawa didalamnya mampu meningkatkan pemacuan ekspresi N-Ras sel normal. Temuan ini sangat berpotensi sebagai hepatoprotektor.
Bagaimana cara mengolah rumput mutiara untuk pengobatan? Berikut ini cara praktis membuat teh dari tanaman rumput mutiara:
  1. Ambil daun dan batang kira-kira 50 gram, kemudian masukkan kedalam 10 gelas air dan hingga mendidih.
  2. Tunggu beberapa saat hingga air menjadi 2 gelas.
  3. Anda bisa meminum segelas ramuan teh rumput mutiara 2 kali sehari, pagi dan sore.
Selain untuk mengobati kanker, manfaat teh rumput mutiara juga dapat mengobati penyakit amandel atau radang tonsil, bronkitis, faringitis. Juga mengobati hepatitis, radang usus buntu, malaria, kolesistis, radang panggul, bisul dan borok, fibrosarkoma, pneumonia. Sangat baik untuk penderita darah tinggi, kolestrol dan jantung, karena seduran teh rumput mutiara dapat melancarkan kardiovaskuler.

Efek Samping Teh Rumput Mutiara

Racikan teh bisa digunakan untuk penyakit yang disebutkan diatas, termasuk kanker dan lainnya. Untuk pengobatan penyakit demam ataupun penyakit yang sudah sembuh, hentikan penggunaan herbal. Apabila ingin tetap meminum teh ini, gunakan dosis yang lebih sedikit. Misalnya seperempat gelas perhari atau takaran cangkir, sebagai pengganti minum teh atau kopi. Adapun efek samping rumput mutiara herbal diantaranya:
  1. Biasanya peminum teh herbal ini akan merasakan efek samping dalam 10 hari. Diantaranya efek mulut terasa kering karena rasanya sedikit pahit.
  2. Meminum ramuan teh dalam dosis tinggi menyebabkan jumlah sel darah putih sedikit menurun. Tetapi efek ini akan kembali normal selama 3 sampai 5 hari jika menghentikan meminum teh rumput mutiara.
Rumput mutiara berasa manis dan sedikit pahit, bersifat lembut, netral dan agak dingin. Tanaman ini sudah dikenal sejak zaman dahulu untuk menghilangkan demam dan Hepatoprotektor (pelindung hati). Hepatoprotektor adalah senyawa obat yang memiliki efek teurapeutik, untuk memulihkan, memelihara, dan mengobati kerusakan dari fungsi hati. Kerusakan fungsi hati diantaranya menyebabkan penyakit hepatitis, penyakit kuning, kanker hati dan limpa, hati berlemak, insufisiensi hati, sirosis hati, sakit pada ulu hati, batu dan radang kandung empedu.
Cara mengolah rumput mutiara juga digunakan untuk pengobatan luar, misalnya untuk herbal luar karena gigitan ular, obat balur tulang patah dan terkilir, tersiram air panas, radang kulit dan bernanah, sakit gondongan.

IndoPrimbon