Khasiat Rebusan Daun Kemangi

Khasiat Rebusan Daun Kemangi

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Manfaat Susu Kurma Untuk Kesehatan Tubuh , Manfaat Pare Untuk Penyakit Kista , Manfaat Temu Putih Untuk Wanita , Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan , Manfaat Minyak Cengkeh Bagi Kesehatan , Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan , Manfaat Umbi Talas Bagi Kesehatan , Mengobati Penyakit Hepatitis Secara Alami , Obat Tradisional Sakit Telinga , Cara Mengobati Busung Lapar , Cara Mengobati Bisul Bernanah , Cara Mengatasi Masuk Angin Berat , Resep Obat Tradisional Insomnia Alami , Obat Tradisional Pneumonia , Ramuan Obat Tradisional Kencing Manis , Manfaat Daun Sambung Nyawa , Resep Obat Pegal Linu Tradisional , Obat Tradisional Gangguan Pencernaan , Khasiat Daun Ungu Untuk Obat Wasir , Resep Daun Cincau Untuk Kesehatan , Mengobati Hernia Secara Tradisional , Daun Bakung Untuk Patah Tulang , Resep Obat Tradisional Kram Perut , Obat Tradisional Psoriasis , Khasiat Daun Jinten Untuk Kesehatan , Khasiat Daun Seribu Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Mimisan Dengan Daun Sirih , Tanaman Obat Penyakit Lupus , Obat Tradisional Mata Ikan , Khasiat Ganggang Biru Untuk Kesehatan , Manfaat Rebusan Air Kelapa Untuk Kesehatan , Khasiat Rebusan Daun Kemangi , Khasiat Madu Angkak untuk Kesehatan , Manfaat Rebusan Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Khasiat Rebusan Daun Kemangi

Kemangi adalah terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi pepes. Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng. Di Thailand ia dikenal sebagai manglak dan juga sering dijumpai dalam menu masakan setempat.

Kemangi adalah hibrida antarspesies antara dua spesies selasih, Ocimum basilicum dan O. americanum. Ia dikenal juga sebagai O. basilicum var. anisatum Benth. Aroma khasnya berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya.

Masyarakat Minangkabau menggunakan tumbuhan sejenis kemangi yang dinamakan dengan ruku-ruku yang di dalam Bahasa Thailand disebut sebagai bai kra pao. Ruku-ruku biasanya digunakan untuk memasak gulai ikan dan asam padeh (asam pedas). pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Khasiat Rebusan Daun Kemangi  :

  1. Mengatasi masuk angin

Masuk angin kerap kali melanda siapa saja tidak mengenal usia baik anak-anak maupun dewasa. Masuk angin tidak boleh disepelekan karena bisa menyebabkan perut kembung dan gangguan pada jantung. Penyakit angin duduk pun bisa hadir jika masuk angin terus dibiarkan. Anda mungkin lebih suka “kerokan” untuk mengatasi masuk angin yang anda deriia namun tidak ada salahnya juga anda menggunakan manfaat rebusan daun kemango untuk mengatasi masuk angin supaya lebih cepat reda.

  1. Melancarkan ASI

ASI yang tidak lancar dapat membuat perkembangan bayi terganggu dan tentunya menjadi rewel. Memberikan ASI eksklusif merupakan hal yang sangat baik dan dianjurkan saat ini karena akan membantu pertumbuhan bayi menjadi lebih optimal. ASI juga disebut sebagai vaksin dan antivirus alami yang bisa membuat bayi tidak mudah sakit. Air rebusan daun kemangi ini bisa anda konsumsi secara rutin setiap harinya. Selain itu air rebusan daun kemangi ini juga bisa menghilangkan bau badan.

  1. Menunda menopause

Menopause merupakan hal yang tidak bisa dihindari oleh semua wanita di dunia ini namun anda bisa menunda kedatangannya. Kandungan zat tripofan di dalam daun kemanggi dipercaya dapat menunda masa menopause datang. Hal inilah yang membuat banyak wanita yang sudah hampir masuk masa mneopasue lebih suka makan daun kemangi. Namun anda sebaiknya mengonsumsi air rebusan daun kemangi lebih dini beberapa tahun sebelum masa menopause datang.

  1. Mencegah keputihan

Keputihan merupakan hal yang wajar dialami bagi wanita namun kadang kala keputihan datang dengan tidak normal dan membuat area miss v gatal dan sangat menganggu. Kandungan eugenol yang ada di dalam daun kemangi bisa menghilangkan jamur penyebab keputihan yang sangat menganggu.

  1. Membantu pematangan sel telur (ovulasi)

Bagi anda yang sedang dalam program memiliki anak mungkin dapat mendapatkan bantuan dari daun kemangi ini. di dalam daun kemangi terdapat kandungan zat cineole, eugenol dan mycrene yang dapat membantu pematangan sel telur sehingga telur lebih siap dibuahi oleh sperma sehingga proses kehamilan yang ditunggu-tunggu dapat cepat terjadi.

  1. Menjadi anti radang

Radang sebenarnya adalah mekanisme alami yang dibuat oleh tubuh supaya tidak terjadi infeksi jika terjadi luka yang terjadi  baik di dalam maupun luar tubuh. namun jika radang ini terjadi lebih panjang dari waktu seharusnya maka ini akan menjadi gangguan kesehatan. zat eugenol di dalam daun kemangi dapat menjadi salah satu obat anti radang dan membuat peradangan menjadi cepat sembuh.

  1. Memelihara kesehatan jantung

Di dalam daun kemangi mengandung zat magnesium dan betakaroten dapat membantu memelihara kesehatan jantung. Kesehatan jantung ini harus dijaga karena jika tidak akan dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan serius. Selain mengkonsumsi manfaat rebusan daun kemangi secara rutin, imbangilah juga dengan olahraga yang menyehatkan jantung serta jangan mengonsumsi makanan yang berbahaya bagi jantung.

  1. Meningkatkan fungsi pembuluh darah

Di dalam daun kemangi terdapat kandungan isoflavin yang juga banyak terdapat di dalam kacang polong, kedelai dan buncis ini mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah. ini sangat baik terutama bagi anda yang sedang mengalami penyakit yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah seperti stroke, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Konsumsilah secara rutin air rebusan daun kemangi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Mengatasi ejakulasi dini

Kandungan komponen bioaktif nongizi sineol 1-8 yang ada di dalam daun kemangi dapat membantu masalah ejakulasi dini pada pria. Selain itu juga bisa membuat ereksi penis menjadi maksimal sehingga masalah di ranjang dapat di atasi dan pasangan pun menjadi lebih puas.

IndoPrimbon