Khasiat Jeruk Sonkit Bagi Kesehatan

Khasiat Jeruk Sonkit Bagi Kesehatan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Khasiat Kulit Melon Untuk Wajah Dan Cacingan , Manfaat Ubi Jalar Untuk DBD , Khasiat Daun Jambu Klutuk , Manfaat Air Garam Untuk Mulut , Khasiat Ramuan Jamu Buah Jambe , Bahaya Alkohol , Resep Dan Manfaat Jamu Telur Bebek , Cara Alami Menghilangkan Varises , Jamu Monalisa Untuk Organ Kewanitaan , Penyebab Telapak Tangan Sakit , Resep Jamu Gepyokan Untuk Bumil , Cara Mengatasi Diabetes , 5 Kumpulan Resep Jamu Jawa , Obat Tradisional Sakit Gigi , Makanan Penyebab Asam Urat , Manfaat Kulit Tangkil Untuk Kesehatan , Khasiat Pete Untuk Kesehatan Tubuh , Manfaat Daun Belimbing Untuk Kesehatan , Manfaat Pare Untuk Kolesterol , Khasiat Jeruk Sonkit Bagi Kesehatan , Khasiat Minuman Lemon Madu , Khasiat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan , Khasiat Teh Serai Untuk Kesehatan , Khasiat Minum Air Kunyit Sebelum Tidur

Khasiat Jeruk Sonkit Bagi Kesehatan

Di kawasan Asia Tenggara, Limau kasturi atau jeruk nipis tentunya tak asing lagi. Limau adalah salah satu buah yang paling banyak digunakan dalam penggunaan masyarakat Asia Tenggara karena ekstraksinya memberikan rasa yang sangat sedap, dan segar baik di dalam makanan maupun minuman. Nah kali ini kami akan membahas mengenai Khasiat Jeruk Sonkit Bagi Kesehatan :

1. Menghilangkan rasa lelah

Jeruk sonkit bisa dibuat minuman hangat yang sangat baik untuk dikonsumsi pada saat lelah setelah beraktivitas maupun tidak. Jeruk sonkit bisa diperas dan ditambahkan madu untuk mengurangi rasa asam, lalu ditambahkan air panas atau hangat. Mengkonsumsi minuman jeruk sonkit ini bisa menambah energi sehingga lelah yang dialami berkurang.

2. Meredakan batuk dan sakit tenggorokan

Seperti halnya dengan manfaat minum air lemon hangat, minum air jeruk sonkit hangat juga dapat membantu mengatasi tenggorokan gatal karena mengalami batuk atau penyebab lainnya. Untuk mendapatkan manfaat ini beberapa orang ada yang mecampurkannya dengan lada hitam, dengan madu, bahkan ada yang mencampurkannya dengan kecap.

3. Menambah daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang lemah akan mengakibatkan tubuh lebih mudah terserang penyakit, mudah lelah, lemas dan tidak berenergi. Salah satu manfaat jeruk sonkit untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin bisa menambah daya tahan tubuh, sehingga tubuh akan terjaga kebugarannya dan tidak mudah mengalami sakit.

4. Menyembuhkan demam dan panas

Salah satu manfaat jeruk kasturi lainnya adalah dapat meredakan panas dan demam. Selain dimanfaatkan air perasannya untuk diminum, jeruk sonkit atau kasturi bisa direbus  setelah dipotong-potong. Air rebusannya bisa digunakan untuk mengompres dahi, dengan menggunakan bantuan handuk yang lembut.

5. Mengobati sakit kepala dan pusing

Mudahnya pusing atau sakit kepala muncul bisa disebabkan karena daya tahan tubuh yang lemah dan tubuh yang kurang ternutrisi. Minuman jeruk sonkit hangat bisa menambah daya tahan tubuh, sekaligus bisa memberikan nutrisi bagi tubuh karena memiliki banyak kandungan vitamin, mineral dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan.

6. Mencegah penyakit kanker

Jeruk sonkit juga berkhasiat untuk membantu pencegahan kanker, karena memiliki kandungan senyawa antioksidan yang termasuk tinggi. Seperti halnya dengan manfaat air rebusan daun sirsak, khasiat dari rebusan jeruk sonkit bisa membantu melawan sel kanker dengan menghambat penyebarannya di dalam tubuh.

7. Membantu pengobatan hipertensi

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam jeruk sonkit dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan sangat baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Di samping itu, khasiatnya juga bisa menjaga kesehatan organ jantung dan mencegah terjadinya berbagai penyakit seperti stroke ataupun gangguan lainnya.

8. Melancarkan sistem pencernaan

Seperti manfaat minuman lemon madu, minum jeruk sonkit dengan atau tanpa madu dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Selain itu juga bisa mencegah munculnya gangguan pencernaan, karena dapat melawan bakteri jahat dalam usus dan memperbaiki saluran pencernaan.

 

IndoPrimbon