Khasiat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Khasiat Kulit Melon Untuk Wajah Dan Cacingan , Manfaat Ubi Jalar Untuk DBD , Khasiat Daun Jambu Klutuk , Manfaat Air Garam Untuk Mulut , Khasiat Ramuan Jamu Buah Jambe , Bahaya Alkohol , Resep Dan Manfaat Jamu Telur Bebek , Cara Alami Menghilangkan Varises , Jamu Monalisa Untuk Organ Kewanitaan , Penyebab Telapak Tangan Sakit , Resep Jamu Gepyokan Untuk Bumil , Cara Mengatasi Diabetes , 5 Kumpulan Resep Jamu Jawa , Obat Tradisional Sakit Gigi , Makanan Penyebab Asam Urat , Manfaat Kulit Tangkil Untuk Kesehatan , Khasiat Pete Untuk Kesehatan Tubuh , Manfaat Daun Belimbing Untuk Kesehatan , Manfaat Pare Untuk Kolesterol , Khasiat Jeruk Sonkit Bagi Kesehatan , Khasiat Minuman Lemon Madu , Khasiat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan , Khasiat Teh Serai Untuk Kesehatan , Khasiat Minum Air Kunyit Sebelum Tidur

Khasiat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

Ada begitu banyak tanaman herbal di sekitar Anda yang lazim digunakan sebagai bumbu dapur. Selain berwujud dalam tanaman akar-akaran, tanaman herbal juga banyak ditemukan dalam wujud daun. Salah satunya adalah daun ketumbar atau yang biasa disebut dengan coriander leave. Nah berikut ini kami akan memberikan anda Khasiat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan :

1. Efektif sebagai antibiotik

Setelah dilakukan penelitian mengenai daun ketumbar, ternyata didalamnya terdapat suatu senyawa antibiotik, dodecenal, yang telah diuji di laboratorium. Hasil penelitian tersebut cukup mengesankan dan menunjukkan bahwa kandungan antibiotik tersebut dua kali lebih efektif untuk digunakan gentamisin, obat antibiotik dalam membunuh bakteri makanan, salmonella.

2. Anti Kanker

Daun ketumbar merupakan salah satu herbal yang dapat berperan sebagai anti kanker. Sifat anti-oksidan daun ketumbar termasuk kandungan zat beta karoten, vitamin C dan E, asam caffeic, ferulic, quercetin, kaempferold sangat baik sebagai zat yang dapat membunuh penyebab kanker. Zat ini sangat ampuh menekan serta menurunkan risiko stres oksidatif pada sel-sel yang bersifat karsinogenik (penyebab kanker).

Top Untuk Kanker

3. Mengobati peradangan kulit

Cineole, salah satu dari 11 komponen minyak esensial, dan asam linoleat, keduanya merupakan zat yang terdapat dalam daun ketumbar, kedua zat tersebut mereka memiliki sifat antirematik dan antiartritik. Efek daun ketumbar juga dapat membantu pengurangan peradangan kulit dapat menyebabkan peningkatan fungsi, ketidaknyamanan, dan perbaikan dalam penampilan kulit.

4. Memiliki sifat anti mikroba

Daun ketumbar mengandung minyak atsiri yang memiliki sifat antimikroba, membuatnya menjadi ramuan yang sangat berguna yang dapat digunakan untuk infeksi jamur, bakteri atau ragi dalam kondisi tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Kemampuan daun ketumbar terdapat berbagai kandungan yang sangat baik yaitu desinfektan, detoksifikasi, antiseptik, antijamur, dan sifat antioksidan daun ketumbar sangat ideal untuk membersihkan gangguan kulit seperti eksim, kekeringan dan infeksi jamur.

6. Mengurangi tekanan darah tinggi

Mengkonsumsi daun ketumbar telah terbukti positif mengurangi tekanan darah pada banyak pasien yang menderita hipertensi. Interaksi ion kalsium dan kolinergik, neurotransmitter di sistem saraf perifer dan pusat, lebih umum dikenal sebagai asetilkolin. Interaksi kedua unsur pembuluh darah ini dapat mengurangi kemungkinan sejumlah kondisi kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

7. Sangat ampuh mengatasi diare

Beberapa komponen minyak esensial yang ditemukan dalam daun ketumbar seperti Borneol dan Linalool, membantu pencernaan, meningkatkan fungsi hati dan lambung. Selain itu kedua zat ini juga efektif mengurangi diare. Hal ini juga membantu dalam menyembuhkan diare yang disebabkan oleh mikroba dan jamur, karena komponen seperti Cineole, Borneol, Limonene, Alpha-pinene & beta-phelandrene memiliki efek antibakteri.

Daun ketumbar juga dapat digunakan untuk mencegah mual, muntah, dan gangguan perut lainnya. Kekayaan senyawa bioaktif memiliki makna bahwa ada banyak kandungan kesehatan yang dapat dimanfaatkan dari daun ketumbar.

8. Menurunkan kolesterol

Terdapat banyak zat asam yang ada di daun ketumbar diantaranya adalah asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat dan asam askorbat (vitamin C-) sangat efektif dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Mereka juga mengurangi tingkat kolesterol (LDL) sepanjang dinding bagian dalam arteri dan vena, yang dapat menyebabkan masalah serius kardiovaskular seperti artherosclerosis, serangan jantung, dan stroke. Lebih penting lagi, ketumbar membantu meningkatkan kadar kolesterol yang sehat (HDL), yang bekerja sebagai garis pertahanan pencegahan terhadap sejumlah kondisi kardiovaskular yang berbahaya.

Top 1 herbal untuk kolesterol tinggi

9. Mencegah dan Membantu Mengobati Anemia

Daun ketumbar memiliki kandungan yang sangat tinggi terhadap zat besi, yang secara langsung membantu orang yang menderita anemia. Kandungan zat besi yang rendah dalam darah dapat menyebabkan sesak napas, jantung berdebar-debar, kelelahan ekstrim, dan penurunan fungsi kognitif. Zat besi juga manfaat fungsi yang tepat dari sistem organ lain, meningkatkan energi dan kekuatan, dan meningkatkan kesehatan tulang.

Top Herbal Untuk Anemia

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium dan zat besi merupakan dua zat vital yang berperan penting terhadap kesehatan tulang, pertumbuhan, dan mencegah berbagai kelainan dalam tulang.

11. Menjaga kesehatan mata

Daun ketumbar sangat tinggi kandungan beta-karoten dan anti-oksidan yang membuatnya menjadi salah satu herbal herbal terbaik yang dapat membantu meringankan masalah mata sehingga meningkatkan penglihatan. Selain itu zat ini juga dapat dapat menjaga mata dari gangguan penglihatan yang disebabkan oleh bertambahnya usia seperti degenerasi makula dan katarak.

12. Mengobati sariawan

Citronelol, komponen minyak atsiri di daun ketumbar, merupakan antiseptik yang sangat baik. Selain itu, komponen lain memiliki antimikroba dan menyembuhkan efek yang menyembuhkan luka dan bisul di mulut. Mereka membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan juga menyegarkan napas. Meskipun tidak umum digunakan dalam produk mainstream, ketumbar sering digunakan sebagai komponen antiseptik pasta gigi alami. Bahkan, sebelum penemuan pasta gigi, orang akan mengunyah biji ketumbar untuk mengurangi bau mulut!

13. Detoksifikasi / Mengeluarkan Racun

Cilantro adalah salah satu dari sangat sedikit tumbuhan yang digunakan sebagai detoksifikasi zat logam berat, sangat efektif untuk detoksifikasi merkuri dan aluminium.

14. Mengobati Insomnia

kandungan fitonutrien dan zat lain dalam daun ketumbar yang memiliki senyawa obat dapat membantu menyeimbangkan bahan kimia dalam tubuh. Proses ini dapat memberikan efek menenangkan pada saraf yang memungkinkan tidur yang lebih mudah.

15. Mengobati batu ginjal

Daun ketumbar memiliki diuretik dan efek detoksifikasi yang dapat membantu menurunkan risiko batu ginjal.

16. Baik untuk diabetes

Daun ketumbar memiliki efek merangsang kelenjar endokrin, sekresi insulin meningkat dari pankreas yang kemudian meningkatkan insulin dalam darah. Proses ini mengatur asimilasi yang tepat dan penyerapan gula dalam darah. Properti ini sangat bermanfaat bagi pasien yang menderita diabetes dan kondisi terkait lainnya, dalam rangka untuk menurunkan kadar gula dalam darah selain itu juga dapat memastikan fungsi metabolisme tubuh lainnya.

17. Gangguan menstruasi

Daun ketumbar adalah stimulan alami dan mengatur sekresi dari kelenjar endokrin, hal ini memberikan dampak hormonal yang dapat membantu mengatur siklus menstruasi yang tepat dan mengurangi rasa sakit yang terkait selama periode wanita.

Manfaat ketumbar di atas mungkin saja dapat berkembang seiring dengan perkembangan penelitian yang dilakukan. Namun tentu anda harus memanfaatkannya dengan bijak.

Manfaat Daun Ketumbar Dilihat Dari AKG (Angka Kecakupan Gizi) per 1/4 cangkir (4g)

Informasi Kalori

  • kalori 0,9 (3,8 kj)
  • dari karbohidrat 0,5 (2,1kj)
  • dari lemak 0,2 (0,8 kj)
  • dari protein 0,2 (0,8 kj)

Note : KJ (kilo joules)

Protein dan Asam Amino

  • protein 0,1 g (0%)

Karbohidrat

  • total karbohidrat 0,1 g (0%)
  • serat makanan 0,1 (0%)

Vitamin

  • Vitamin A 270 IU (5%)
  • Vitamin C 1.1 mg (2%)
  • Vitamin E (Alpha Tocopherol) 0,1 mg (1%)
  • Vitamin K 12.4 mcg (16%)
  • Thiamin 0.0 mg (0%)
  • Riboflavin 0.0 mg (0%)
  • Niasin 0.0 mg (0%)
  • Vitamin B6 0.0 mg (0%
  • Folat 2.5 mcg (1%)
  • Vitamin B12 0.0 mcg (0%)
  • Asam pantotenat 0.0 mg (0%)
  • Kolin 0.5 mg

Mineral

  • Kalsium  2.7 mg (0%)
  • Besi 0,1 mg (0%)
  • Magnesium 1.0 mg (0%)
  • Fosfor 1.9 mg (0%)
  • Kalium 20.8 mg (1%)
  • Sodium 1.8 mg (0%)
  • Seng 0.0 mg (0%)
  • Tembaga 0.0 mg (0%)
  • Mangan 0.0 mg (1%)
  • Selenium 0.0 mcg (0%)

Manfaat Daun Ketumbar Sebagai Herbal

  • Ramuan ketumbar sangat rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol. Namun, daunnya yang hijau tua memiliki antioksidan, minyak esensial, vitamin, dan serat makanan yang baik, yang dapat membantu mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah.
  • Daun dan bijinya mengandung banyak minyak atsiri penting seperti borneol, linalool, cineole, cymene, terpineol, di-pentene, phellandrene, pinene, dan terpinolene.
  • Daun dan tip batang juga kaya akan banyak antioksidan flavonoid polifenolik seperti quercetin, kaempferol, rhamnetin, dan apigenin.
  • Ramuan itu adalah sumber mineral yang baik seperti potasium, kalsium, mangan, besi, dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting cairan sel dan tubuh yang membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah. Besi sangat penting untuk produksi sel darah merah. Tubuh manusia menggunakan mangan sebagai co-factor untuk enzim antioksidan, superoxide dismutase.
  • Ini juga kaya akan banyak vitamin penting, termasuk asam folat, riboflavin, niasin, vitamin A, beta karoten, vitamin C, yang penting untuk kesehatan optimal. Vitamin-C adalah antioksidan alami yang hebat. 100 g daun ketumbar memberikan 30% vitamin C setiap hari.
  • Ini menyediakan 6.748 IU vitamin A per 100 g, sekitar 225% asupan harian yang disarankan. Vitamin-A, vitamin penting dan antioksidan penting, juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mukosa dan kulit dan juga penting untuk penglihatan. Konsumsi makanan alami yang kaya akan vitamin A dan flavonoid (karoten) dapat membantu melindungi dari kanker rongga paru dan mulut.
  • Ketumbar adalah salah satu sumber herbal terkaya untuk vitamin K; memberikan sekitar 258% DRI. Vitamin-K memiliki peran potensial dalam membangun massa tulang melalui promosi aktivitas osteoblastik di tulang. Ini juga memiliki peran yang mapan dalam pengobatan pasien penyakit Alzheimer dengan membatasi kerusakan neuron di otak mereka.

Manfaat Lainnya

Daun ketumbar membantu menyembuhkan bisul, peradangan, kejang, selain itu ia juga bertindak sebagai ekspektoran dan melindungi hati. Daun ketumbar diyakini menjadi afrodisiak alami dan tradisional, secara luas digunakan dengan mengkombinasikannya dengan herbal tertentu dengan herbal lain untuk meningkatkan libido.

IndoPrimbon