Khasiat Air Ketumbar

Khasiat Air Ketumbar

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Manfaat Bunga Pukul Empat , Obat Tradisional Asma Akut , Obat Pertolongan Pertama Alami , Jenis Obat Sinusitis Alami , Macam Macam Obat Herbal , Tips Mencegah Hipertensi Di Usia Muda , Efek Menggunakan Tisu Basah Di Wajah , Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui , Manfaat Green Coffee Bagi Tubuh , Kenali Pityriasis Rosea , Tips Merawat Gigi Behel , Kenali Otitis Media , Kenali Melena , Kenali Rheumatoid Arthritis , Kenali Toksoplasmosis , Cara Menyehatkan Mata , Khasiat Daun Kucai Untuk Kesehatan , Pantangan Batuk Yang Harus Hindari , Khasiat Buncis Untuk Kesehatan , Cara Mengatasi Batuk Kering , Cara Membuat Dan Khasiat Teh Hibiscus , Obat Eksim Alami , Manfaat Teh Chamomile Untuk Kesehatan , Obat Alami Radang Tenggorokan , Khasiat Jinten Putih Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Ambeien Di Rumah , Manfaat Push Up Secara Rutin , Khasiat Wedang Asem Untuk Kesehatan , Manfaat Sit Up untuk Kesehatan Tubuh , Khasiat Daun Ara Bagi Kesehatan , Khasiat Air Ketumbar , Manfaat Semangka Untuk Ginjal

Khasiat Air Ketumbar

etumbar adalah salah satu rempah yang wajib ada di dapur karena merupakan salah satu bumbu dasar berbagai masakan khas Indonesia. Selain memperkaya rasa masakan, ternyata ketumbar juga dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Selain dijadikan sebagai bumbu dapur , air dari ketumbar tersebut sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh anda lho , nah berikut ini merupakan Khasiat Air Ketumbar :

  1. Dapat Mencegah dan Mengobati Diabetes

Biji ketumbar mengandung zat aktif yang dapat merangsang kelenjar endokrin yaitu jenis kelenjar yang membantu mengoptimal fungsi pankreas dalam menghasilkan insulin guna mengontrol kada gula darah. Itu artinya, mengkonsumsi air ketumbar secara teratur walapun tidak dapat mengobati diabetes tapi bisa mencegah dan mengurangi gejalanya.

  1. Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Selain kalsium, ketumbar juga kaya akan antioksidan dan beberapa vitamin dan mineral lainnya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K dan beberapa vitamin B seperti riboflavin, niacin dan asam folat. Itu artinya mengkonsumsi air ketumbar secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi secara optimal dan alami.

  1. Membantu Mengatasi Beberapa Masalah Mata

Untuk mengatasi beberapa masalah mata bisa menggunakan air ketumbar untuk mencuci mata secara teratur. Secara medis antioksidan yang terkandung pada ketumbar dapat membantu membersihkan mata dan mengatasi mata merah akibat terkena debu atau mata lelah. Anda bisa mengucapkan selamat tinggal kepada mata merah hanya dengan bantuan air ketumbar.

  1. Mencegah Rematik

Ketumbar juga dikenal dengan kandungan anti inflamasinya. Terbukti beberapa penelitian menemukan bahwa pada air ketumbar terdapat kandungan asam linoleat dan cineole yang juga dapat berungsi sebagai anti-inflamasi yang terbukti mampu mengurangi pembengkakan pada sendi diakibatkan oleh rematik  atau radang sendi.

  1. Mengurangi Gejala saat Haid

Semua wanita pasti mengalami yang namanya perut kram saat haid datang walaupun setiap wanita berbeda-beda. Mengkonsumsi air ketumbar ternyata mampu mengurangi gejala saat haid terutama perut kram cukup dengan mengkonsumsi segelas air ketumbar ketika gejala haid mulai datang dan Anda dapat kembali melakukan aktifitas seperti biasa tanpa khawatir mengalami kram perut.

  1. Membantu Menjaga Kadar Kolesterol

Menurut beberapa penelitian salah satu manfaat air ketumbar juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh yang keduanya memiliki fungsinya masing-masing namun jika justru LDL atau kolesterol jahat yang dominan maka efeknya bisa sangat buruk bagi kesehatan. Air ketumbar memastikan kadar LDL terkendali dengan mengoptimalkan produksi HDL atau kolesterol baik.

  1. Baik Dikonsumsi saat Diet Menurunkan Berat Badan

Jika saat ini Anda sedang dalam program diet, mengkonsumsi segelas air ketumbar setiap pagi saat perut kosong ternyata mampu untuk memastikan sistem metabolisme Anda berjalan optimal karena nutrisi akan diserap secara sempurna. Itu artinya semua nutrisi dari makanan yang Anda makan akan diubah menjadi energi dan bukannya ditumpuk menjadi sel lemak yang dapat menambah berat bedan.

  1. Menambah Nafsu Makan

Menambahkan ketumbar pada masakan terbukti dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini merupakan resep turun temurun pengobatan tradisional India dan Cina. Dalam masa penyembuhan ketika makan makanan sehat menjadi krusian minum segelas air ketumbar di pagi hari dapat meningkatkan nafsu makan agar proses penyembuhan dapat berjalan secara optimal.

  1. Mengatasi Anemia

Kandungan mineral pada ketumbar seperti zat besi dan magnesium dapat mengoptimalkan produksi sel darah merah pada tubuh. Itu artinya jika Anda sering mengalami anemia, minum segelas air ketumbar setiap hari bisa membantu meningkatkan kandungan haemoglobin dan mengatasi anamia secara alami.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Untuk meningkatkan kesehatan jantung dianjurkan untuk minum 2 – 3 gelas air ketumbar setiap hari. Air ketumbar mengandung asam oleat dan asam linoleat serta vitamin C yang dapat meningkatkan fungsi jantung serta menurunkan kolesterol dalam darah sehingga risiko terbentuknya plak pada pembuluh darah dapat diminimalisir sehingga kondisi seperti serangan jantung dan stroke bisa dicegah.

  1. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Biji ketumbar mengandung serat alami yang baik untuk sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi air ketumbar secara teratur Anda dapat mengucapkan selama tinggal pada masalah susah buah air besar.

Cara membuat air ketumbar untuk diminumpun sangat mudah namun Anda harus pastikan bahwa ketumbar yang Anda gunakan sudah bersih dari debu-debu halus yang biasanya menyertai ketika Anda membelinya di pasar. Untuk mendapatkan manfaat air ketumbar sepenuhnya Anda bisa membuat rendaman air menggunakan ketumbar kualitas baik yang sudah dibersikan sebelumnya. Rendam ketumbar dalam air dan diamkan semalaman atau kurang lebih 12 jam kemudian saring dan minum airnya. Untuk manfaat air ketumbar yang maksimal sebaiknya diminum pada pagi hari sebelum sarapan saat keadaan perut masih kosong.

IndoPrimbon