Jamu Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Jamu Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Image result for jamu

Kehamilan adalah masa di mana seorang wanita membawa embrio atau fetus di dalam tubuhnya. Dalam kehamilan dapat terjadi banyak gestasi (misalnya, dalam kasus kembar, atau triplet/kembar tiga). Bagi anda yang sudah berkeluarga pasti adalah kebahagiaan jika akan hadirnya momongan . Nah untuk itu bagi para wanita yang ingin cepat hamil, yuk intip cara membuat Jamu Alami Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil :

  1. Jamu daun jelatang

Daun jelatang selama ini dianggap tanaman yang berbahaya karena bisa menyebabkan rasa gatal yang buruk. Namun ternyata daun jelatang bisa menyuburkan kandungan dan juga sangat sehat untuk ginjal Anda. Daun jelatang mengandung tingkat klorofil yang sangat tinggi dan kemudian bisa membantu sel telur bertahan lebih lama. Kualitas sel telur juga meningkat karena ukuran yang lebih baik. Ini jamu yang sangat aman karena mengandung vitamin K yang sangat baik untuk pembentukan darah selama hamil. jamu daun jelatang dibuat dengan cara menyeduh daun segar dengan air mendidih atau merebusnya seperti membuat teh. Ini juga sangat baik untuk membantu Anda mengenai semua tanda tanda ovulasi.

  1. Teh semanggi merah

Kemudian jenis jamu lain yang sangat baik untuk kesuburan adalah teh dari semanggi merah. Jenis teh ini sangat baik untuk meningkatkan peluang kehamilan, karena mengandung magnesium dan kalsium yang sangat tinggi. Semanggi merah juga akan membantu tubuh Anda mencapai hormon yang seimbang, menjaga agar kadar pH tubuh aman untuk hamil dan memberi pengaruh untuk proses konsepsi menjelang kehamilan. Untuk membuatnya maka seduh daun semanggi merah seperti membuat teh. Anda juga bisa mencampurnya dengan daun mint yang sangat baik sebagai cara cepat hamil setelah keguguran.

  1. Daun raspberi merah

Daun raspberi merah juga bisa menjadi jamu yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan kandungan Anda. Daun ini mengandung bahan seperti tonik yang berfungsi untuk meningkatkan peluang konsepsi selama program hamil. Untuk membuat jamu ini Anda perlu menyeduh daun raspberi merah dengan daun semanggi. Kemudian minum setelah haid dan perhitungkan dengan cara menghitung masa subur wanita.

  1. Jamu daun pakel dan tauge kacang hijau

Dan jika Anda tidak menyukai bahan-bahan diatas maka bisa mencoba membuat jamu dari daun pakel dan tauge kacang hijau. Kedua bahan ini mengandung asam folat yang sangat tinggi. Asam folat bisa meningkatkan kesuburan dengan cara memberikan nutrisi untuk rahim agar lebih siap untuk tempat perkembangan embrio. Cara membuat jamu ini adalah dengan mencampur kedua bahan dengan air mendidih atau merebusnya. Kemudian saring dan minum teh ini menjelang menstruasi dan setelah menstruasi saat mendekati masa subur.

  1. Teh jahe dan lempuyang

Mengkonsumsi berbagai jenis makanan untuk kesuburan wanita saja tidak cukup untuk membuat Anda cepat hamil. Terlebih jika pernah mengalami masalah kesuburan seperti penyakit kista dan endometrium. Untuk itu Anda bisa mencoba membuat jamu dari rimpang jahe dan lempuyang. Kedua bahan ini mengandung senyawa alami seperti gingerol dan bahan lain yang akan membersihkan racun pada rahim. Kedua bahan ini cukup direbus seperti membuat teh dan minum teh ini dengan madu.

  1. Jamu temu putih dan kunyit

Jika Anda memiliki banyak waktu maka bisa membuat jamu yang terdiri dari temu putih dan kunyit. Caranya adalah dengan menghancurkan temu putih dan kunyit kemudian beri air sedikit demi sedikit. Setelah itu peras sampai mengeluarkan air sarinya dan minum pada pagi hari. Agar rasanya lebih nikmat maka cobalah menambahkan madu. Kedua bahan ini mengandung bahan kimia alami seperti antioksidan yang akan membuat umur sel telur menjadi lebih lama.

  1. Jamu kencur, daun sirih dan bawang putih

Kemudian Anda juga bisa mencoba untuk membuat jamu yang bisa memberikan efek membersihkan rahim. Jamu ini sangat baik terutama untuk Anda yang pernah mengalami keguguran. Jamu terdiri dari bahan kencur, daun sirih dan bawang putih. Ketiga bahan ini dihancurkan seperti biasa kemudian ditambahkan air dan peras airnya. Minun dengan madu saat pagi hari dan lebih baik saat sedang menstruasi.

  1. Jamu kayu timur, rimpang jahe dan lempuyang

Jamu lain yang bisa Anda coba terdiri dari bahan lempuyang, kayu timur dan rimpang jahe. Ketiga bahan ini bisa ditemukan dengan mudah di toko jamu tradisional. Hal yang paling penting adalah memilih bahan yang tidak terlalu kering agar tidak kehilangan antioksidan di dalamnya. Cara membuat jamu dengan menggilingnya menjadi satu , tambahkan air dan peras airnya. Jamu ini sangat baik jika Anda sering mengalami rasa sakit berlebihan saat menstruasi.

  1. Jamu akar licorice

Kemudian jenis jamu lain adalah jamu yang diolah dari akar licorice. Jamu ini akan meningkatkan kesuburan dengan cara meningkatkan fungsi kelenjar endokrin yang kemudian bisa membuat tubuh memiliki hormon yang seimbang. Akar licorice cukup diseduh seperti biasa dan minum airnya setelah menjadi teh. Jamu ini juga sangat baik untuk membersihkan rahim.

  1. Teh kayu manis

Kayu manis bukan hanya bisa digunakan untuk memasak tapi juga sebagai jamu agar rahim lebih subur. Teh kayu manis sangat terkenal karena bisa meredakan sakit menstruasi dan membuat menstruasi menjadi lebih lancar. Efek lain dari minum teh kayu manis adalah bisa membuat peluang kehamilan lebih tinggi.

  1. Ginseng

Akar ginseng memang sangat terkenal untuk mengobati gangguan pada rahim. Jamu ini sangat baik untuk menyubur kandungan karena akan meningkatkan ukuran sel telur saat masa subur. Kemudian juga sangat penting untuk menjaga agar kandungan hormon menjadi lebih seimbang. Anda cukup menyeduh akar ginseng seperti minum teh dan minum saat masa subur.

Kebiasaan Yang Dapat Membahayakan Kesehatanmu

Kebiasaan Yang Dapat Membahayakan Kesehatanmu

Image result for Kebiasaan Yang Dapat Membahayakan Kesehatanmu

Kebiasaan adalah tindakan yang lazim/umum dilakukan masyarakat. Contohnya kebiasaan makan dengan tangan kanan, kebiasaan bertegur sapa bila bertemu dengan orang yang telah dikenal. Meskipun bukan merupakan aturan, kebiasaan mempunyai pengaruh terhadap
perilaku keseharian warga masyarakat. Pada umumnya orang berusaha berperilaku sesuai dengan kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. Seseorang melakukan hal itu agar ia diterima dalam masyarakat. Kali ini kami akan membahas Informasi kesehatan mengenai kebiasaan yang dapat membahayakan kesehatan diri anda , untuk itu bagi anda yang masih menyayangi tubuh anda maka simaklah penjelasan berikut ini :

1. Menggumamkan pemikiran negatif dalam otak

Walau kedengarannya hanya sebuah pikiran yang menggema dalam kepala, hal ini ternyata memberikan pengaruh besar pada kondisi tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan kalau saat pikiran dalam kepalamu selalu mengutarakan hal-hal negatif, ini akan membuat produksi hormon serotonin (hormon bahagia) berkurang dan meningkatkan risiko tumbuhnya depresi dalam dirimu.

2. Lupa membersihkan gigi dengan floss

Flossing atau membersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus, seringkali dilewatkan oleh kebanyakan orang karena memakan waktu. Padahal, langkah sederhana ini dapat menjaga gigi tetap sehat dengan memecah bakteri jahat di mulut untuk masuk ke dalam tubuh. Selain itu, flossing juga mencegah kerusakan gigi dan gusi yang dapat memicu komplikasi. Lupa flossing? Kebiasaan buruk yang harus dihentikan!

3. Kurang tidur setiap malam

Ada kalanya kamu telat tidur setiap malam karena keasyikan nonton acara televisi, stalking media sosial, atau chatting-an. Mungkin ini sudah menjadi kebiasaanmu sebelum menutup hari. Namun, sering telat tidur mengakibatkan kurangnya waktu ideal tubuh untuk istirahat dan bisa memicu terjadinya tekanan darah tinggi, gangguan jantung, Alzheimer dan depresi. Karena itu, ketimbang menunda waktu tidur, segera pejamkan mata dan istirahatkan dirimu. Tubuh yang memiliki cukup tidur akan jadi lebih produktif dan lebih kreatif.

4. Melewatkan sarapan atau jam makan lain

Rasanya, sarapan sudah nggak termasuk dalam rutinitas pagi yang wajib dilakukan, ya? Faktanya, makan di pagi hari ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi pikiran, serta memberikan energi yang cukup untuk tubuh beraktivitas. Jika perut kosong, tubuh akan menghemat energi dan membakar sedikit kalori, membuatmu jadi merasa lemas. Jadi, jangan lewatkan sarapan dan jam makan lain, ya!

5. Membungkuk

Postur tubuh ini sering dilakukan tanpa kamu sadari. Entah saat jalan maupun saat duduk. Padahal, membungkuk akan memicu gangguan degeneratif cakram dan masalah leher. Coba untuk selalu memeriksa postur tubuh saat sedang melakukan apapun . Selain mencegah gangguan degeneratif, memperbaiki dan menjaga postur tubuh juga meningkatkan self-esteem, loh!

6. Nggak bernafas dengan tepat

Bernafas secara pendek dan hanya menariknya sampai dada rupanya bukan teknik bernapas yang ideal. Cara ini hanya menghilangkan manfaat sehat yang bisa kamu dapatkan dari bernapas, yaitu melepaskan stres dan menurunkan denyut jantung. Lalu, bagaimana idealnya? Bernapas melalui hidung, tahan di atas, kemudian lepaskan. Ini akan menenangkan tubuh dan pikiran. Jangan lupa untuk berlatih deep breathing!

7. Kurang mengonsumsi air mineral

Ketika sedikit saja merasa dehidrasi, tubuh akan mengalami konstipasi, nyeri otot, serta sakit kepala. Karena itu, jangan sampai lupa untuk mengonsumsi air mineral sesuai yang dianjurkan. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, konsumsi mineral yang cukup membantu proses kerja ginjal dalam menyaring darahmu.

Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami

Image result for Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini familiar disebut dengan penyakit rematik. Biasanya penyakit ini menyerang kepada mereka yang berusia lebih dari 30 tahun.

Biasanya penyakit ini menyerang otot, sistem tulang, sendi dan sekitarnya, lebih lagi penyakit ini bisa menyebabkan gangguan pada imun tubuh. Biasanya gejala yang dirasakan yaitu nyeri pada bagian sendi. Nah berikut ini kami akan memberikan informasi seputar Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami , anda pasti ingin tahu cara bagimana mengatasinya kan ? , berikut adalah ulasannya :

1. Madu Hitam

Madu yang diambil dari pedalaman hutan, diproduksi oleh lebah penghisap nectar bunga yang pahit, diantaranya pelawan, mahoni, kopi, dll. Madu Hitam Pahit mengandung alkaloid yang tinggi sebagai anti infeksi dan antibiotik, sangat bermanfaat untuk mengatasi asam urat.

2. Daun binahong

Menurut sebuah penelitian, daun binahong memiliki kandungan sebagai berikut flavonoid, asam oleanolik, vitamin C, saponin, alkaloid, dan minyak atsiri.

Adapun cara mengobati asam urat dengan daun binahong adalah :

Cara pertama:

  • Siapkan 20 lembar daun binahong yang masih muda.
  • Air yang sudah matang sekitar 8 gelas.
  • Bersihkan daun binahong terlebih dahulu dengan air lalu remas daun itu sampai keluar lendir.
  • Lalu, rebuslah 20 lembar daun binahong tersebut dengan air yang sudah disiapkan tadi dengan nyala api yang tidak terlalu kencang.
  • Rebus daun binahong tersebut sampai mendidih, dan biarkan sampai airnya berkurang sebanyak 3 gelas.
  • Setelah itu, angkat dan dinginkan air rebusan daun binahong kemudian air rebusannya dan air tersebut siap untuk diminum.

Cara kedua:

  • Siapkan 15 gram daun binahong dan madu secukupnya.
  • Siapkan juga air secukupnya.
  • Bersihkan daun binahong dengan air sampai bersih.
  • Masukkan daun binahong ke dalamnya lalu biarkan sampai mendidih.
  • Setelah itu saring ramuan dan biarkan sampai dingin
  • Air ramuan daun binahong siap diminum.

Cara ketiga:

  • Siapkan 15 gr daun binahong yang masih bagus.
  • Siapkan oven.
  • Bersihkan daun binahong sampai bersih.
  • Kemudian jemur daun itu sampai benar-benar kering, dianjurkan untuk menjemurnya selama 1 hari penuh.
  • Setelah kering potong-potong daun lalu bubukkan.
  • Gunakan oven yang sudah disiapkan tadi untuk mengeringkan serbuk binahong.
  • Gunakan suhu oven sekitar 50 derajat celcius, lalu biarkan hingga daun kering dan tak bersisa sampai tersisa 10% kandungan air yang masih ada di dalam daun.
  • Kemudian masukkan ke dalam kantong yang biasa digunakan untuk teh celup.
  • Setelah itu seduh kantong teh tersebut seperti saat anda membuat teh.

3. Buah mengkudu

Menurut sebuah penelitian, buah mengkudu mengandung scoleptin, terpenoid, zat anti kanker, xeronine dan phroxeronine.

Adapun cara mengobati penyakit asam urat dengan buah mengkudu adalah:

  • Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, diantaranya yaitu 2 kg mengkudu, 4 cm kunyit putih, 2 cm lengkuas, 3 butir biji cengkeh, serta 2 liter air.
  • Kemudian potong buah mengkudu (pilih yang sudah tua), potong menjadi 4 bagian. Lalu rendam buah mengkudu tersebut di dalam air bersih kira-kira selama ½ jam.
  • Ambilah kunyit putih yang sudah disiapkan tadi, lalu bersihkan dan kupas kulitnya. Setelah itu masukkan ke dalam panci yang sudah diisi 2 liter air.
  • Masukkan juga buah mengkudu yang sudah dipotong tadi, lalu rebus dan biarkan sampai airnya berkurang hingga 1 liter air.
  • Setelah itu jangan kecilkan apinya dulu, masukkan cengkeh dan kayu manis ke dalam panci.
  • Setelah semua bahan yang dimasukkan ke dalam panci tercampur rata, matikan api dan saring air rebusan menggunakan kain yang tipis.
  • Sesudah air rebusannya disaring diamkan sebentar sampai air rebusan menjadi jernih.
  • Air rebusan buah mengkudu siap dikonsumsi.

4. Daun sirsak

Menurut sebuah penelitian, daun sirsak mengandung serat, vitamin A, B, dan C, mineral yang terdiri dari pottasium, kalsium, zat besi, asam gentisate, annonacin, annocatilin, dan anonol.

Adapun cara mengobati penyakit asam urat dengan daun sirsak adalah:

  • Ambilah 6-10 daun sirsak lalu bersihkan dengan air yang mengalir.
  • Potong daun sirsak tersebut menjadi beberapa bagian, hal ini dilakukan agar sari yang terdapat di dalam daun tidak tercampur dengan air.
  • Siapkan 2 gelas air kemudian rebus daun sirsak dengan air tersebut.
  • Tunggu dan diamkan sampai air berkurang hingga 1 gelas, lalu minum setelah didinginkan. Sebaiknya minum air rebusan daun sirsak tersebut 2 kali sehari setiap pagi dan malam secara teratur.

5. Daun salam

Menurut sebuah penelitian, daun salam mengandung tannin, flavonoid, alkaloid, dan minyak atsiri. Adapun cara mengobati penyakit asam urat dengan daun salam adalah:

  • Siapkan 10 lembar daun salam.
  • Lalu rebus dengan air sebanyak 700 cc.
  • Tambah batang serai kurang lebih ½ batang.
  • Rebus daun salam dengan air sampai airnya berkurang sebanyak 200 cc.
  • Air rebusan daun salam siap diminum selagi hangat.
  • Minumlah rebusan air daun salam tersebut 1-2 gelas setiap harinya.

6. Daun kelor

Menurut sebuah penelitian, daun kelor mengandung vitamin C, kalsium, protein, potasium, dan zat besi. Adapun cara mengobati penyakit asam urat dengan daun kelor adalah:

  • Siapkan daun kelor secukupnya.
  • Bersihkan daun kelor dengan air hangat usahakan yang mengalir.
  • Jemurlah daun tersebut sampai kering.
  • Tumbuk atau haluskan daun kelor yang sudah kering tadi dengan menggunakan penumbuk, pastikan alat tumbuknya dalam keadaan bersih.
  • Kemudian simpan di tempat yang tertutup.
  • Serbuk kelor yang sudah ditumbuk dan dihaluskan siap dikonsumsi dan boleh dicampur dengan makanan atau minuman.

7. Daun kumis kucing

Menurut sebuah penelitian, daun kumis kucing mengandung garam kalium, minyak atsiri, flavonoid, dan masih banyak lagi.

Adapun cara mengobati penyakit asam urat dengan daun kumis kucing adalah :

  • Siapkan 5 lembar daun kumis kucing.
  • Ditambah dengan 3 batan daun meniran.
  • Siapkan juga 250 liter air.
  • Setelah semua bahan disiapkan, rebus hingga mendidih dan sampai airnya berkurang hingga kira-kira 1 gelas.
  • Setelah disaring dan didinginkan air rebusan daun kumis kucing siap diminum.
  • Konsumsi air rebusan ini 3-4 kali dalam sehari.

8. Daun sirih merah

Menurut sebuah penelitian, daun sirih merah mengandung allylprokatekol, alkaloid, cineole, ekstragol, eugenol, fenil propoda, ekstragol, minyak atsiri dan masih banyak lagi.

Adapun cara mengobati penyakit penyakit asam urat dengan daun sirih merah adalah:

Cara pertama:

  • Siapkan kira-kira 7 lembar daun sirih merah.
  • Siapkan tangkai daun sirih merah sebanyak 1 batang dengan panjang 15 cm.
  • 4 gelas air.
  • Cuci semua bahan yang telah disiapkan sampai bersih.
  • Iris kecil bahan-bahan tersebut sampai menjadi ukuran kecil.
  • Rebus semua bahan sampai mendidih.
  • Tambahkan madu bila perlu.
  • Air rebusan siap diminum, minum ½ gelas setiap harinya.

Cara kedua:

  • Sediakan 3 lembar daun sirih merah.
  • Sediakan juga 3 pucuk daun sirih merah.
  • Air 600 ml.
  • Bersihkan semua bahan.
  • Lalu potong menjadi ukuran kecil.
  • Rebus daun sirih merah dengan air 3 gelas, lalu sisakan sampai airnya tersisa ½.
  • Jika sudah mendidih, saring air tersebut lalu tiriskan dan tunggu sampai airnya dingin.

9. Jahe merah

Menurut sebuah penelitian, jahe merah mengandung zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena dan resin pahit. Adapun cara mengobati penyakit asam urat dengan jahe merah adalah:

  • Siapkan 2-3 ruas jahe merah lalu potong seukuran ibu jari.
  • Bersihkan jahe merah tersebut dengan air bersih, dan bersihkan hingga ke permukaan jahe.
  • Ambil jahe yang sudah dibersihkan tadi, lalu masukkan ke dalam air yang mendidih.
  • Rebus jahe sampai warna airnya berubah.
  • Angkat air rebusan jahe tersebut dan biarkan sampai dingin.
  • Jika sudah dingin, air rebusan siap diminum dan dikonsumsi 2-3 kali sehari.

10. Semut jepang

Menurut sebuah penelitian, semut jepang mengandung asam amino, protein, asam laktat, asam hialuronat, dan lain-lain. Adapun cara mengobati penyakit asam urat dengan semut jepang adalah dengan cara mengkonsumsi 3-5 ekor semut jepang setiap harinya dengan memakannya langsung, pastikan anda sudah makan terlebih dahulu.

11. Kulit manggis

Menurut sebuah penelitian, kulit manggis mengandung antioksidan, protein, kalsium dan lain sebagainya. Adapun cara mengobati penyakit asam urat dengan kulit manggis adalah:

Cara pertama:

  • Kerok kulit buah manggis dan masukkan ke blender.
  • Tambahkan 1 gelas air dan gula secukupnya saja.
  • Blender sampai halus dan minum setiap 2 kali sehari secara rutin.

Cara kedua:

  • Iris kulit buah manggis tipis-tipis kemudian jemur agar kulit manggis dapat bertahan lama terhadap jamur.
  • Setelah kulit buah manggis tersebut kering, ambil segenggam lalu rebus dengan segelas air.
  • Tunggu beberapa menit sampai kulit buah manggis itu layu.
  • Kulit buah manggis yang telah direbus tadi dapat anda pakai untuk dibuat jus.

12. Minyak zaitun

Menurut sebuah penelitian, minyak zaitun mengandung lemak baik, vitamin E dan K, phenolic, zat besi, dan sebagainya.

Adapun cara mengobati penyakit asam urat dengan minyak zaitun adalah:

  • Mengkonsumsinya secara langsung setiap pagi dan malam hari secara rutin, dianjurkan untuk memakan minyak zaitun ini sebelum makan.
  • Mencampurkan minyak zaitun dengan makanan yang anda makan, misalnya jika pada pagi hari anda makan sereal maka campurkan minyak zaitun tersebut pada sereal yang anda makan.
  • Mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun pada saat ingin menggoreng makanan.

13. Daun sambiloto

Menurut sebuah penelitian, daun sambiloto mengandung senyawa flavonoid, alkane, keton, aldehid, kalsium, kalium, dan natrium. Adapun cara mengobati penyakit asam urat dengan daun sambiloto adalah:

  • Sediakan daun sambiloto kering sebanyak 10 gr.
  • Sediakan rimpang temulawak sebanyak 10 gr.
  • Sediakan daun rifey sebanyak 10-15 gr.
  • Siapkan juga 1 gr lada.
  • Cuci bersih semua bahan, kemudian campur semua bahan dan rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas air di dalamnya.
  • Setelah air rebusan daun sambiloto siap, konsumsi 3 gelas setiap hari yaitu pagi, siang, dan malam secara teratur.

14. Madu Murni

Menurut sebuah penelitian, madu murni mengandung protein, vitamin serta mineral, niasin, kalsium, tembaga, riboflavin, zat besi, magnesium, pottasium dan zinc.

Adapun cara mengobati penyakit asam urat dengan madu adalah dengan meminumnya secara langsung atau mencampurkan madu ke dalam makanan atau minuman yang anda konsumsi, sebaiknya pilih madu yang asli agar tidak terlalu banyak mengandung gula.

Selain dengan mengonsumsi bahan-bahan alami diatas, pastikan Anda juga menghindari makanan pantangan asam urat agar asam urat Anda tidak semakin parah.

Manfaat Buah Mahkota Dewa Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mahkota Dewa Untuk Kesehatan

Image result for buah Mahkota Dewa

Mahkota dewa yang memiliki nama ilmiah Phaleria macrocarpa adalah salah satu tanaman khas Indonesia. Tanaman ini menghasilkan buah yang berwarna merang terang ketika sudah masak. Buah mahkota dewa tidak umum dikonsumsi, tapi sering digunakan sebagai herbal.

Mahkota dewa banyak digunakan sebagai obat herbal karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Mahkota dewa memiliki kandungan alkaloid, saponin, dan polifenol jenis flavonoid. Cara menggunakan mahkota dewa yang paling umum adalah dengan mengeringkan buahnya, setelah itu buah yang sudah kering bisa diseduh untuk kemudian diminum. Selain itu , kami juga ingin membahas apasaja Manfaat Buah Mahkota Dewa Untuk Kesehatan berikut ini.

1. Mengobati penyakit stroke

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi akibat rusaknya jaringan di otak akibat peyumbatan pembuluh darah arteri yang memiliki tugas untuk mengalirkan darah ke otak. Gangguan ini harus segera mendapatkan pertolongan karena bisa menyebabkan akibat yang fatal. Dengan mengkonsumsi akar dewa dan ditambah dengan beberapa ramuan lain seperti biji ginko serta sedikit madu, disebutkan mampu mengatasi gangguan ini.

2. Mengobati reumatik

Penyakit ini juga dikenal dengan asam urat yakni gangguan kesehatan yang terjadi pada tulang persendian. Agar terhindar dari penyakit ini sebaiknya perbaiki pola makan menjadi lebih baik, rendah lemak, protein sedang, dan karbohidrat yang kompleks. Untuk mengobati masalah ini buah akar dewa juga bisa digunakan, minumlah rebusan air dari buah akar dewa. Rebusan ini juga bisa juga ditambahkan dengan jahe merah, dan akar sawit langit.

3. Mengobati diabetes

Penyakit diabetes atau kencing manis terjadi karena kadar gula dalam darah terlalu tinggi. Dalam buah akar dewa terdapat zat bernama hipoglikemin yang mampu menurunkan kadar gula tersebut.

4. Mengobati hipertensi

Penyakit ini juga banyak sekali terjadi saat ini, juga dikatakan hipertensi atau tekanan darah tinggi mampu memicu gejala penyakit stroke. Kondisi ini adalah dimana tekanan darah dalam arteri terus mengalami peningkatan. Buah akar dewa memiliki kandungan hipotesif yang bisa menurunkan tekanan darah yang tinggi. Dianjurkan minumlah rebusan ramuan akar dewa ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal.

5. Mengatasi masalah batuk dan muntah darah

Batuk yang diikuti dengan muntah darah sangat harus diwaspadai, karena hal tersebut dapat menandakan bahwa terjadi gangguan yang serius pada kesehatan kita. Minumlah rebusan akar dewa secara rutin setiap hari dan secara perlahan penyakit tersebut akan berkurang.

6. Mampu mengatasi gangguan saat haid

Saat haid banyak sekali gangguan dann masalah yang dirasakan oleh wanita, seperti rasa sakit haid yang sangat berlebihan. Namun akar dewa dapat mengatasi masalah ini, dengan cara mengkonsumsi air rebusan akar dewa secara rutin.

7. Mengobati kanker

Kadar sitotastik dalam daun dewa mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh manusia. Konsumsilah ramuan atau rebusan buah akar dewa secara teratur.

8. Mengobati perdarahan atau pembengkakan pada payudara

Banyak hal yang menyebabkan gangguan ini antara lain pubertas, menstruasi, kehamilan, menyusui, menopause, atau pengggunaan alat kontrasepsi. Cukup konsumsi secara rutin air rebusan akar dewa ini setiap hari

9. Mampu mengobati luka

Luka bakar atau goresan dapat diobati dengan kombinasi umbi akar dewa dengan gula merah, lalu oleskan pada bagian tubuh yang terluka. Tidak hanya itu, luka memar juga bisa diatasi dengan ramuan ini.

10. Ampuh untuk obat kutil

Kutil sebenarnya adalah jenis tumor jinak yang terdapat pada kulit, hal itu disebabkan karena terjadinya penebalan kulit bagian luar secara berlebihan. Caranya mengobatinya bisa menggunakan tumbuhan dewa ini, yakni haluskan daun dewa dan tempatkan pada bagian kulit yang terkena kutil.

11. Mengobati ganglion

Ganglion adalah sejenis kista yang biasanya muncul pada tangan atau kaki . cara mengobatinya cukup mengkonsumsi daun dewa secara teratur dengan cara jadikan daun dewa sebagai lalapan setiap harinya.

12. Mengobati sakit jantung

Penyakit jantung disebabkan oleh terhentinya aliran darah sesaat menuju jantung. Namun penyakit ini adalah pembunuh nomor satu khususnya bagi orang dewasa. Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan penyakit jantung, mulai dari obesitas hingga pecandu rokok dan alkohol. Solusi alami yang disebutkan mampu menurunkan resiko penyakit jantung adalah dengan mengkonsumsi ramuan buah akar dewa dengan rutin setiap harinya.

Manfaat Akar Kelapa Untuk Kesehatan

Manfaat Akar Kelapa Untuk Kesehatan

Image result for Manfaat Akar Kelapa Untuk Kesehatan

Pohon kelapa merupakan salah satu pohon yang seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan manusia. Tak pelak banyak yang menyebut pohon ini sebagai tumbuhan serbaguna. Selain buahnya, bagian lain pohon kelapa yang punya faedah baik bagi kesehatan adalah akarnya. Untuk itu berikut ini kami akan membahas seputar Manfaat Akar Kelapa Untuk Kesehatan yang wajib anda ketahui berikut ini.

  1. Mengatasi gatal

Manfaat dari akar kelapa yang pertama adalah untuk mengobati gatal di kulit. Hal ini terutama pada bagian celah kulit misalnya di sela-sela jari kaki atau tangan dan bagian lainnya yang lembab. Biasanya pada celah kulit dan lipatan kulit sangat rawan mengalami gatal dan lembab seperti kudis dan lainnya. jika anda mengalaminya maka anda bisa menggunakan ramuan dari akar kelapa untuk mengobatinya. Caranya adalah dengan merebus akar kelapa kemudian minumlah air rebusan dari akar kelapa tersebut secara rutin sampai rasa gatal sembuh.

  1. Mengobati demam

Akar kelapa memiliki sifat anti piretik yang mampu menurunkan panas atau demam. Anda bisa membuat ramuan herbal menggunakan akar kelapa ini untuk menurunkan panas atau demam baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Caranya adalah dengan menumbuk akar kelapa yang sudah kering dan kemudian rebuslah dengan air sampai mendidih. Kemudian minumlah ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari sampai demam atau panas turun.

  1. Mengatasi diare

Bagi anda yang sedang mengalami diare juga bisa disembuhkan dengan menggunakan akar kelapa ini lho. Hal ini karena rasa dari akar kelapa memang agak pekat atau sepat seperti daun jambu jadi memang cocok untuk mengatasi diare. Caranya tidak jauh berbeda dengan membuat ramuan akar kelapa lainnya yaitu dengan membuat rebusan akar kelapa. Minumlah ramuan tersebut saat anda merasa diare sampai diare yang anda rasakan mereda dan sembuh.

  1. Melancarkan peredaran darah

Manfaat lainnya dari akar kelapa adalah mampu melancarkan peredaran darah. jadi bagi anda yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi juga bisa diredakan dengan menggunakan ramuan dari akar kelapa ini. efek yang ditimbulkan memang tidak bisa dirasakan secara langsung namun secara bertahap sehingga anda harus mengonsumsi ramuan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Mengatasi wasir

Wasir atau ambeien yang sudah parah terkadang dapat mengakibatkan pendarahan yang cukup menganggu dan menimbulkan rasa sakit. Oleh karena itu sebaiknya anda cepat mengatasi wasir atau ambeien yang sedang anda alami. Caranya sama dengan cara mengobati penyakit lainnya yaitu dengan membuat ramuan rebusan dari akar kelapa pada umumnya dan anda hanya harus meminum ramuan tersebut secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali.

  1. Mengatasi gangguan perut

Berbagai jenis gangguan perut seperti perut kembung, diare, sembelit dan masuk angin pun bisa disembuhkan dengan ramuan akar kelapa ini. anda bisa menyimpan akar kelapa kering yang dapat digunakan sebagai bahan persediaan berbagai gangguan perut.

Itulah beberapa manfaat dari akar kelapa yang bisa digunakan sebagai obat herbal. Anda sebaiknya mengetahui hal ini dibandingkan anda menggunakan obat kimia yang berbahaya bagi tubuh.

Khasiat Akar Angin Untuk Kesehatan

Khasiat Akar Angin Untuk Kesehatan

5 Khasiat Akar Angin, Tanaman Herbal Pembunuh Bakteri dan Kuman

Memiliki kandungan vitamin C, likuin, dan hidrat arang, akar angin tentu saja memiliki banyak khasiat kesehatan. Akar angin sendiri merupakan salah satu jenis tumbuhan herbal yang biasa dijadikan sebagai bahan campuran untuk jamu. Meski sekarang jarang terlihat, namun khasiat kesehatan akar angin tentu saja tidak bisa dianggap remeh. Karena merupakan herbal alami, berikut ini kami akan memberitahukan apasaja Khasiat Akar Angin Untuk Kesehatan.

1. Membantu mengatasi bakteri dan kuman di tubuh

Apabila di tubuh Anda terdapat kuman dan bakteri, Anda dapat menggunakan akar angin untuk mengatasinya. Manfaat akar angin yang pertama adalah membantu mengatasi bakteri dan kuman di dalam tubuh. hal ini dikarenakan akar angin memiliki senyawa yang berguna untuk melawan kuman dan bakteri.

2. Membantu mencegah serangan virus

Manfaatyang kedua dari akar angin adalah membantu mengatasi serangan virus. Apabila Anda terserang oleh virus yang merugikan tubuh, Anda dapat menggunakan akar angin untuk melawannya.

3. Membantu mengatasi pegal dan linu

Apabila Anda mengalami pegal dan linu, barangkali Anda dapat menggunakan akar angin untuk membantu menyembuhkannya. Akar angin dipercaya dapat membantu menyembuhkan rasa letih yang berlebihan, menyegarkan kembali tubuh serta menambah stamina.

4. Baik untuk saluran kemih

Bagi Anda yang mengalami ketidaklancara pada aktivitas kemih, Anda dapat mencoba menggunakan akar angin untuk membantu memperlancar saluran kemih Anda. Akar angin dipercaya dapat membantu membuat saluran kemih menjadi bersih dan lancar. Selain itu, akar angin juga dapat membuat agar tubuh tidak mudah terserang infeksi saluran kemih.

5. Sebagai obat infeksi saluran pernafasan

Manfaat lain dari akar angin adalah sebagain obat untuk infeksi saluran pernafasan. Akar angin dipercaya dapat membantu mengatasi infeksi saluran pernafasan yang dapat mengganggu apabia hal tersebut terjadi pada Anda.

6. Membantu mencegah batu ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menyerang ginjal manusia. Agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, Anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi akar angin untuk membantu mencegah batu ginjal. Hal ini dikarenakan akar angin dipercaya dapat membantu mencegah batu ginjal secara ampuh serta membantu menyehatkan ginjal agar dapat berfungsi secara optimal.

7. Membantu menyembuhkan diare

Siapa yang pernah mengalami diare? Untuk mengatasi diare, terkadang kita enggan meminum obat untuk menghentikannya. Apabila terkena diare dan barangkali terdapat akar angin di sekitar Anda, Anda dapat mencoba untuk menggunakannya untuk menghentikan diare Anda. Silahkan konsumsi akar angin tersebut secara rutin hingga diare sembuh dengan sendirinya.

8. Membantu mengatasi penyakit disentri

Konon akar angin dipercaya memiliki kandungan senyawa yang dapat membantu menyembuhkan penyakit disentr dan mencegahnya untuk datang kembali pada tubuh Anda. Jadi, jika Anda mengalami penyakit disentri, silahkan Anda konsumsi akar angin untuk membantu menyembuhkan akar angin tersebut.

9. Membantu mengatasi penyakit TBC

Akar angin juga ternyata dapat membantu menyembuhkan penyakit TBC loh! Siapa sangka ya? Akar angin dipercaya memiliki senyawa aktif yang dapat membantu meringankan penyakit TBC. Meskipun demikian, sebelum Anda menggunakan akar angin untuk obat TBC< silahkan Anda konsultasikan pada dokter Anda yaa..

10. Membantu menyembuhkan bisul

Manfaat yang mengejutkan lain dari akar angin adalah dapat membantu menyembuhkan penyakit bisul. Bisul sendiri merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan pembengkakan dan rasa sakit apabila ditekan. Konon, akar angin dipercaya dapat membantu mempercepat penuaan bisul dengan lebih baik.

11. Membantu mengatasi jamur pada kulit

Selain dapat mengatasi kuman dan bakteri pada tubuh, Akar angin ternyata juga dapat membantu mengatasi jamur yang tumbuh pada kulit kita. Apabila Anda mengalami masalah dengan jamur pada kulit seperti panu dsb Anda dapat menggunakan akar angin ini untuk membantu menyembuhkan jamur pada kulit Anda.

12. Membantu menyembuhkan gejala meriang

Pada saat mengalami gejala meriang seperti panas, dingin dsb, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba mengkonsumsi akar angin untuk mengatasinya. Akar angin juga dipercaya dapat membantu menyembuhkan gejala meriang yang terjadi pada tubuh seseorang.

13. Membantu mengobati sariawan

Sariawan merupakan salah satu gejala kurangnya vitamin C yang ditandai dengan munculnya luka yang terdapat pada mulut. Untuk mengatasinya, Anda dapat memperbanyak konsumsi vitamin C maupun dengan cara mengkonsumsi akar angin. Kandungan vitamin C pada akar angin dipercaya juga dapat membantu mengatasi sariawan.

14. Membantu mengatasi masuk angin

Ketika terjadi masuk angin, biasanya hal yang dilakukan adalah dengan meminum minuman hangat maupun membalurkan tubuh dengan minyak hangat. nah, untuk mengatasi masuk angin, ternyata akar angin juga dapat berguna untuk membantu mengatasinya. Konsumsi akar angin pada saat masuk angin dipercaya dapat membantu menyembuhkannya.

Manfaat Kemuning Untuk Tubuh

Manfaat Kemuning Untuk Tubuh

Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui manfaat daun kemuning. Meskipun sering tumbuh di sekitar pekarangan rumah, tanaman kemuning kalah populer dengan jenis yang lain. Kemuning (Murraya paniculata) termasuk jenis tanaman herbal yang telah dimanfaatkan masyarakat kita sejak lama. Tanaman ini juga populer dengan sebutan kamoneng, kamuning, kemuni, atau kamoni. Kemuning diketahui berasal dari India dan termasuk jenis tanaman perdu. Tumbuhan ini juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena bentuknya yang cukup cantik. Daun kemuning mempunyai rasa yang pedas dan pahit. Hal ini karena kandungannya yang cukup banyak. Seperti eugenol, tanin, geraniol, Careen-3, bisabolene, paniculatine, dan cadin. Bagian bunga dan akarnya juga berkhasiat obat. Berikut ini kami akan mengajak anda untuk mengenali apasaja Manfaat Kemuning Untuk Tubuh.

1. Mengobati sakit gigi

5 Manfaat Kemuning bagi Tubuh, Tanaman yang Tidak Sekadar Harum

Manfaat pertama kemuning bagi kesehatan adalah sebagai obat sakit gigi. Kandungan yang terdapat pada kulit batang kemuning dapat digunakan sebagai obat sakit gigi.

Cara pemakaiannya ada dengan membakar kulit batang kemuning kemudian akan mengeluarkan minyak. Setelah itu teteskan minyaknya pada gigi yang sakit.

2. Menghaluskan kulit

5 Manfaat Kemuning bagi Tubuh, Tanaman yang Tidak Sekadar Harum

Kemuning juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk menghaluskan kulit yang kasar. Ambil daun kemuning segar yang telah dicuci lalu ditumbuk kemudian campurkan dengan air lalu aduk hingga rata. Setelah rata, lulurkan bahan tersebut pada kulit sebelum tidur.

3. Mengatasi rematik

5 Manfaat Kemuning bagi Tubuh, Tanaman yang Tidak Sekadar Harum

Bagian dari kemuning yang bermanfaat bagi tubuh adalah akarnya. Rematik juga bisa diatasi dengan mengonsumsi akar kemuning. Rebus akar kemuning bersama air kemudian minum air rebusan secara teratur untuk mengatasi rematik.

4. Menyembuhkan infeksi saluran kencing

5 Manfaat Kemuning bagi Tubuh, Tanaman yang Tidak Sekadar Harum

Infeksi saluran kencing merupakan penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Kemuning dapat dijadikan sebagai obat alternatif untuk penyakit infeksi saluran kencing. Caranya dengan merebus daun kemuning segar dengan air kemudian konsumsi air rebusan kemuning secara teratur.

5. Menurunkan kolesterol

5 Manfaat Kemuning bagi Tubuh, Tanaman yang Tidak Sekadar Harum

Kemuning memiliki kandungan kimia berupa tannin, flavanoid, steroid, dan alkaloid yang sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol. Mengonsumsi ekstrak daun kemuning secara teratur dapat menurunkan kolesterol dan menjaga kolesterol agar tetap stabil.

Manfaat yang didapat dari kandungan kemuning benar-benar dapat berguna untuk tubuh. Tetapi walaupun dikategorikan sebagai obat herbal, konsumsilah kemuning dengan dosis yang wajar dan jangan berlebihan.

Obat Herbal Hilangkan Batu Empedu

Obat Herbal Hilangkan Batu Empedu

Nyeri perut di kanan atas, mual, muntah, dan terkadang demam bisa menjadi gejala batu empedu. Batu di empedu biasanya dapat dihancurkan dengan minum obat dari dokter, atau kalau sudah parah harus dioperasi. Lantas, adakah obat herbal yang dapat mengatasi sakit batu empedu tanpa harus operasi?. Berikut merupakan Obat Herbal Hilangkan Batu Empedu yang wajib anda ketahui.

1. Dandelion

7 Obat Herbal Ini Ampuh Hilangkan Batu Empedu Tanpa Operasi

Dandelion sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk mengobati masalah saluran empedu dan hati. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa menjadikan dandelion sebagai teh atau kopi. Namun sayangnya, belum ada bukti kuat yang menunjukkan manfaat sebenarnya dari dandelion sehingga kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsinya.

2. Minyak jarak

7 Obat Herbal Ini Ampuh Hilangkan Batu Empedu Tanpa Operasi

Obat herbal yang satu ini merupakan obat yang sangat terkenal di kalangan naturopaths dalam menangani berbagai macam keluhan. Jika kamu ingin menggunakannya, cukup letakkan kain yang telah direndam dalam minyak jarak hangat pada perut. Ketika rasa hangatnya sudah mulai menghilang, kamu bisa menempatkan sumber panas lain seperti botol air panas atau bantal pemanas di atasnya.

3. Artichoke

7 Obat Herbal Ini Ampuh Hilangkan Batu Empedu Tanpa Operasi

Tidak ada penelitian yang jelas mengenai efek dari obat herbal yang satu ini. Akan tetapi, terdapat sebuah penelitian yang menerangkan jika suplemen ekstrak artichoke memiliki kandungan yang lebih hebat daripada sayuran. Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba, bukan?

4. Sekam psyllium

7 Obat Herbal Ini Ampuh Hilangkan Batu Empedu Tanpa Operasi

Sebuah penelitian yang dilansir medicalnewstoday.com, membuktikan bahwa sekam psyllium memiliki manfaat bagi jantung, pankreas, dan area tubuh lain. Psylium yang merupakan serat laut dari biji tanaman Plantoga Ovata ini pada dasarnya telah diteliti sejak 1999.

5. Teh peppermint

7 Obat Herbal Ini Ampuh Hilangkan Batu Empedu Tanpa Operasi

Bukan hanya rasanya yang enak, teh peppermint juga menjadi sumber mentol yang sangat baik untuk menghilangkan rasa sakit. Tidak hanya itu, kandungan mentol dalam teh peppermint juga dapat bermanfaat untuk meredakan sakit perut dan meningkatkan sistem pencernaan.

6. Cuka sari apel

7 Obat Herbal Ini Ampuh Hilangkan Batu Empedu Tanpa Operasi

Bahan yang sudah terkenal sebagai obat alami dalam mengatasi radang ini ternyata cocok juga lho untuk menghilangkan batu empedu. Sifat anti-inflamasi dalam cuka sari apel diyakini dapat menghilangkan rasa sakit akibat batu empedu yang menyumbat saluran pencernaan.

Dikutip healthline.com, untuk mengobati nyeri akibat batu empedu cobalah larutkan 2 sendok makan cuka sari apel dengan air hangat. Minumlah larutan tersebut saat nyeri mulai menyerang.

7. Milk thistle

7 Obat Herbal Ini Ampuh Hilangkan Batu Empedu Tanpa Operasi

Obat herbal yang satu ini mungkin sangat jarang terdengar. Namun selama berabad-abad, milk thistle telah digunakan secara medis untuk mendetoksifikasi hati dan kantung empedu lho!

Cobalah konsumsi tonik atau ekstrak milk thistle dalam bentuk kapsul atau tablet untuk menghilangkan batu empedu. Akan tetapi, jika kamu memiliki riwayat penyakit berbahaya seperti kanker atau diabetes sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Beberapa obat herbal di atas bisa menjadi pilihan jika kamu terkena batu empedu dan ingin menghilangkannya tanpa melalui operasi. Namun, agar tidak terjadi komplikasi sebaiknya diskusikan dengan dokter terlebih dahulu ya!

Tumbuhan Herbal Yang Mengatur Hormon

Tumbuhan Herbal Yang Mengatur Hormon

Keseimbangan hormon sangat penting untuk hidup yang sehat. Hormon yang tidak seimbang mampu mempengaruhi kesehatan Anda dengan masalah kecil seperti jerawat sampai masalah besar seperti kemandulan. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mempertahankan hormon yang seimbang. Ada banyak teknik yang terbukti membantu dalam menjaga keseimbangan hormon di antaranya adalah yoga, meditasi dan obat-obatan alternatif. Jika Anda ingin menjaganya dengan bahan alami, berikut adalah Tumbuhan Herbal Yang Mengatur Hormon .

1. Timi: mencegah kanker payudara

5 Tumbuhan Herbal Ini Bisa Mengatur Hormonmu dengan Baik

Dalam sebuah studi in vitro, para peneliti menguji efek dari ekstrak herbal untuk pencegahan pada sel-sel kanker payudara. Salah satu herbal yang bisa mengikat progesteron dan hormon utama wanita adalah thyme. Progesteron adalah hormon seks yang terlibat dalam siklus menstruasi dan kehamilan.

Para peneliti menemukan bahwa thyme juga mengandung jumlah tinggi phytoestrogen dan phytoprogestin dan menguji ramuan ini untuk melihat apakah itu akan memiliki efek negatif atau positif pada regulasi pertumbuhan sel dalam sel kanker payudara.

Anehnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa thyme meniru aktivitas obat anti-progesteron dengan menghalangi aktivitas progesteron dan menghambat pertumbuhan kanker payudara.

2. Holy basil: Mengurangi kecemasan ( anxiety )

5 Tumbuhan Herbal Ini Bisa Mengatur Hormonmu dengan Baik

Studi melaporkan bahwa basil suci atau holy basil memiliki sifat yang menurunkan kadar kortisol, hormon stres. Suatu penelitian, beberapa orang terlibat dalam penelitian di suruh menerima kemangi suci selama 6 minggu dan melihat peningkatan dalam berbagai aspek stres dalam kehidupan mereka seperti masalah memori, masalah seksual baru-baru ini, kelelahan, dan kualitas tidur. Dan hasilnya ternyata positif bisa menyembuhkan segala macam masalah di atas.

3. Minyak bijak clary: menyehatkan proses menopause

5 Tumbuhan Herbal Ini Bisa Mengatur Hormonmu dengan Baik

Clary sage atau minyak bijak clary adalah ramuan lain yang berpotensi menurunkan kadar kortisol. Menurut sebuah penelitian, kadar kortisol wanita di usia 50-an menurun setelah mereka menghirup minyak sage clary. Menariknya, hormon yang merangsang tiroid juga menurun, tetapi hanya sedikit.

Clary sage juga dapat meningkatkan kadar estrogen pada wanita yang mengalami gejala menopause karena menurunnya kadar estrogen.

4. Kayu cendana: mengurangi stress

5 Tumbuhan Herbal Ini Bisa Mengatur Hormonmu dengan Baik

Salah satu studi penelitian, melihat efek aromaterapi pada wanita yang menjalani biopsi payudara atau mereka yang di vonis memiliki benjolan ganas. Faktanya, ternyata memiliki biopsi payudara bisa membuat stres bagi beberapa wanita, akuiakhi beberapa peserta diminta untuk mencoba dua kombinasi minyak esensial.

Studi ini menemukan bahwa kombinasi minyak jeruk dan peppermint tidak seefektif kombinasi cendana dan lavender, yang memiliki efek menenangkan pada pasien dan mengurangi kecemasan mereka selama ujian.

Studi lain menemukan bahwa pasien kanker yang kurang tidur meningkatkan kualitas tidur mereka dengan menghirup berbagai campuran minyak esensial. Cendana adalah salah satu minyak esensial yang termasuk dalam salah satu campuran.

Sebanyak 64 persen pasien menunjukkan setidaknya sedikit peningkatan dalam pola tidur mereka dan hampir semua pasien mengatakan bahwa mereka akan terus menggunakan minyak untuk membantu mereka tidur.

5. Myrtus: memperbaiki pola tidur

5 Tumbuhan Herbal Ini Bisa Mengatur Hormonmu dengan Baik

Meskipun beberapa budaya menggunakan myrtus sebagai ramuan obat penenang atau hipnotis, belum ada penelitian tentang efeknya pada manusia. Namun, ada beberapa penelitian yang menjanjikan pada tikus dan tikus.

Para peneliti mencatat bahwa hewan lab yang menerima ekstrak myrtus lebih sering tidur dan memiliki tidur yang lebih dalam dan otot-otot mereka lebih rileks. Studi ini menyimpulkan bahwa myrtus dapat memiliki sifat anti kecemasan.

Obat Tradisional Sembelit

Obat Tradisional Sembelit

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Ramuan Alami Mengatasi Masuk Angin , Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol , Penyebab Penyakit Kaki Gajah , Penyebab Penyakit Cacingan , Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Mengobati Penyakit Bronkitis Pada Anak , Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Ginjal , Khasiat Mandi Subuh Untuk Kesehatan , Minuman Yang Meredakan Panas Dalam , Manfaat Daun Sukun Untuk Jantung , Manfaat Air Rebusan Ketumbar , Obat Diare Tradisional , Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Gigi , Obat Tradisional Epilepsi , Obat Memar Tradisional , Efek Samping Suntik Vitamin C , Dampak Buruk Daging Anjing , Obat Keseleo Lutut Tradisional , Obat Panu Tradisional , Tanda Penyakit Kista , Khasiat Jahe Putih Untuk Kesehatan , Bahaya Radiasi Smartphone Untuk Tubuh , Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan , Daftar Buah Pembunuh Sel Kanker , Kenali Gejala Penyakit Glaukoma , Manfaat Laos Putih Untuk Kesehatan , Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Puasa , Ramuan Mengatasi Kolesterol Tinggi , Obat Tradisional Biduran , Obat Cacingan Tradisional , Obat Lambung Luka Tradisional , Penyakit Jiwa Paling Berbahaya , Obat Tradisional Angioedema , Tanda Penyakit Psikosomatik , Cara Mengobati Uveitis , Penyakit Yang Rentan Dialami Pria , Cara Mengobati Infeksi Sinus , Khasiat Petai Menghilangkan Penyakit , Obat Penghilang Daki Paling Ampuh , Makanan Pembersih Darah Kotor , Cara Mengobati Rabun Jauh , Ramuan Tradisional Nyeri Sendi Lutut , Ramuan Alami Asam Urat , Obat Tradisional Sembelit , Obat Gatal Jamur Tradisional , Obat Lambung Luka Tradisional , Obat Tradisional Epilepsi , Obat Tradisional Bisul

Obat Tradisional Sembelit

Konstipasi atau sembelit adalah istilah yang sering digunakan untuk menyebut gangguan kesehatan sulit buang air besar. Ekskresi feses yang tidak lancar mungkin terdengar seperti masalah sepele. Namun jika dibiarkan bisa mendatangkan risiko kesehatan yang lebih besar. Apalagi jika konstipasi terjadi begitu sering. Bagaimana cara mengatasi sembelit yang baik? Sebelum menggunakan obat pencahar, alangkah baiknya jika kita mencoba cara-cara alami terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa Obat Tradisional Sembelit  :

1. Mengkudu

Buah satu ini kita ketahui sebagai jenis buah yang banyak digunakan untuk perawatan kulit, padahal khasiatnya lebih dari itu. Buah ajaib satu ini diketahui mengandung alkaloid triterpenoid di mana di dalamnya pun ada terdapat kandungan morindon yang berfungsi sebagai pencahar. Zat tersebut berwarna merah dan akan mendukung proses BAB menjadi jauh lebih lancar.

Untuk menggunakannya, Anda bisa menyiapkan 2 buah mengkudu yang sudah masak setelah dicuci dan juga Anda parut. Setelah itu, lanjutkan dengan menambahkan sedikit garam, lalu aduk-aduk rata dan peraslah menggunakan kain bersih. Supaya hasilnya maksimal, Anda bisa mengonsumsinya sehari 2 kali serutin mungkin.

2. Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya untuk kulit begitu besar dan itulah yang diketahui oleh banyak orang, padahal sebetulnya lidah buaya juga merupakan tanaman ajaib yang bisa dijadikan obat tradisional bagi penderita konstipasi. Fungsi pencahar dari lidah buaya dapat Anda manfaatkan di kala sulit BAB dan hal ini terjadi secara terus-menerus. Getah lidah buaya itulah yang paling bisa diandalkan.

Anthraquinone merupakan nama atau istilah dari kandungan pencahar yang ada di dalam lidah buaya di mana biasanya mampu menyebabkan kram usus dan diare. Meski demikian, asalkan penggunaannya benar maka akan sangat aman ketika digunakan, tapi tentunya harus ekstra hati-hati juga. Sebaiknya juga berkonsultasi lebih dulu kalau bisa dnegan naturopati.

Untuk menggunakannya, Anda bisa coba menggunakan batang lidang buaya separuh saja yang kemudian Anda cuci lebih dulu. Setelah itu, buanglah kulitnya dan cincang isinya; lanjutkan dengan menyeduh menggunakan air panas ½ cangkir. Tambahkan dengan sesendok makan madu dan selagi masih hangat bisa dikonsumsi sehari 2 kali; tapi ramuan ini tak diperuntukkan bagi penderita diare, wanita yang sedang haid dan hamil.

3. Daun Wungu

Agaknya nama herbal ini masih kurang begitu sering terdengar, namun daun wungu merupakan tanaman yang di dalamnya terkandung alkaloid non-toksik, tanin, saponin, steroid dan glikosod serta lendir yang sangat baik untuk tubuh. Khusus untuk membantu memperlancar BAB dan mengatasi sembelit, saponinlah yang bisa diandalkan.

Efek pencahar ringan pada daun wungu ada pada saponin dan untuk menggunakannya, Anda bisa menyediakan 7 lembar daun wungu yang masih segar. Setelah dicuci bersih, Anda bisa rebus menggunakan air sebanyak 2 gelas dan didihkan hingga bersisa segelas saja. Barulah setelah disaring bisa Anda minum airnya.

4. Temulawak

Biasanya, orang-orang akan memakai temulawak sebagai obat asam lambung, tapi sebenarnya ada banyak manfaat lain yang dapat ditawarkan oleh temulawak, salah satunya sebagai obat sembelit. Sebagai diuretik, tonikum, antiradang dan antisembelit, temulawak menyediakan banyak manfaat bagi tubuh dan semua kandungan baik itu bisa dijumpai pada rimpangnya.

Anda bisa coba pakai rimpang yang masih segar ataupun yang sudah dikeringkan dan rimpang tersebut bisa Anda giling halus lebih dulu bersama biji sesawi. Anda bisa berikan sedikit air sebelum kemudian diperas dan airnya bisa dikonsumsi. Alternatifnya, iris rimpang temulawak dan kemudian tambahkan asam jawa plus gula jawa dan tambahkan air mendidih sebelum kemudian disaring dan diminum.

5. Ketepeng Cina

Ada sifat laksatif di dalam daun ketepeng cina yaitu karena adanya zat samak di dalamnya. Tak hanya zat samak, di dalam tanaman ini juga ada kandungan-kandungan yang bisa dimanfaatkan sebagai obat cacing, insektidal, dan juga obat kelianan kulit. Pada daunnyalah terdapat efek farmakologi.

Dalam penggunaannya sebagai obat tradisional sembelit, Anda bisa ambil sekitar 7 lembar daun ketepeng cina yang masih dalam kondisi segar dan pastikan juga daunnya masih muda. Setelah dicuci bersih, rebus bersama 2 gelas air dan didihkan hingga akhirnya bersisa separuhnya, alias segelas. Sesudah diangkat, Anda bisa menyaringnya lebih dulu, barulah dikonsumsi.

6. Kejibeling

Tanaman satu ini memiliki berbagai kandungan nutrisi, antara lain kalsim, asam silikat, kalium, dan natrium serta beberapa zat lainnya. Selain menjadi diuretik, tanaman ini memiliki efek pencahar sehingga memang sangat disarankan untuk mengobati orang-orang dengan masalah sembelit. Dengan penggunaan yang tepat, ramuan herbal ini tak akan berefek samping berbahaya.

Untuk menggunakannya, Anda hanya memerlukan daun kejibeling sebanyak setengah genggaman tangan saja dan pastikan daunnya masih segar. Cucilah bersih lebih dulu daun tersebut, lalu lanjutkan dengan merebusnya bersama 2 gelas air. Didihkanlah sampai akhirnya air rebusan tinggal setengahnya atau sekitar 1 gelas; saringlah kemudian dan konsumsi secara teratur.

7. Madu

Obat tradisional untuk sembelit juga bisa dengan madu murni, yakni cukup dengan mengonsumsi 2 sendok teh madu sehari 3 kali secara rutin. Atau kalau mau, Anda bisa mencampurkan sesendok makan madu dan jus lemon ke segelas air hangat. Minumlah ramuan tersebut setiap pagi sewaktu perut masih kosong belum sarapan.

8. Minyak Kastor

Bersifat laksatif, minyak kastor juga baik untuk memperlancar BAB sehingga disarankan untuk dikonsumsi oleh para penderita sembelit. Minyak ini bisa Anda konsumsi sebanyak 1-2 sendok teh dalam kondisi perut kosong. Namun untuk pemakaian jangka panjang, minyak kastor ini bisa menyebabkan munculnya beberapa efek samping.

9. Lemon

Dalam mengatasi sembelit, Anda juga bisa mengandalkan buah yang mengandung vitamin C tinggi ini. Masalah konstipasi bisa diatasi dengan jus lemon karena ini akan menstimulasi sistem pencernaan sehingga apa yang terhambat di dalamnya bisa kembali lancar. Ini merupakan salah satu bahan obat tradisional paling sederhana untuk dicoba di rumah.

Cobalah untuk mengekstrak ½ buah lemon dan tambahkan ke segelas air hangat, tambahkan sejumput garam meja dan sedikit madu bila perlu. Minumlah setiap pagi dan sebelum sarapan alias pada kondisi perut kosong. Anda juga bisa mengonsumsi setiap malam; asalkan rutin, sembelit pasti akan dapat teratasi dan tanpa efek samping berbahaya.

10. Bayam

Jenis sayur satu ini sangat bisa diandalkan untuk mengatasi sembelit karena memang merupakan makanan yang mengandung serat tinggi. Konsumsilah bayam setiap hari baik mentah atau masak tergantung selera dan masukkan ke dalam diet harian Anda. Anda juga bisa membuat jus bayam sebagai variasinya supaya tak bosan.

11. Anggur

Obat tradisional lain yang bisa digunakan adalah buah anggur di mana Anda bisa mengonsumsi semangkuk kecil buah anggur atau ½ gelas jus anggur segar setiap harinya. Anda bisa juga menambahkan anggur kering tanpa biji ke dalam susu dan kemudian merebusnya selama beberapa menit sebelum akhirnya diminum setiap malam.

12. Minyak Zaitun

Konstipasi alias sembelit juga bisa diatasi dengan minyak zaitun di mana Anda bisa mencampurkan sesendok makan minyak zaitun dengan sesendok teh jus lemon (ini opsional). Pada pagi harinya, Anda bisa mengonsumsi minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan dan pastikan konsumsi dilakukan saat sebelum sarapan di mana perut masih keadaan kosong.

13. Baking Soda

Cara pengobatan tradisional lainnya yang juga mudah dan sederhana adalah dengan memanfaatkan baking soda. Meski ada bahaya baking soda, asal tak memakainya berlebihan maka akan aman-aman saja. Cukup dengan menggunakan sesendok teh baking soda, campurkanlah ke ¼ cangkir air hangat lalu bisa Anda minum.