Jamu Untuk Batuk

Jamu Untuk Batuk

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Manfaat Rebusan Daun Jeruk Nipis , Manfaat Bawang Merah , Manfaat Telur Itik , Cara Menghentikan Perdarahan Luka , Obat Mimisan Alami  , Ciri Ciri Radang Tenggorokan Parah , Gejala Sinusitis Akut dan Kronis , Penyebab Anosmia Paling Berbahaya , Bahaya Mie Instan Yang Mematikan , Bahaya Formalin Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Jeruk Lemon , Manfaat Daun Pandan , Manfaat Coklat Bagi Kesehatan , Manfaat Air Beras Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Naga , Manfaat Daun Tespong , Bahan Alami Mengatasi Gatal , Obat Tidur Alami , Obat Pertolongan Pertama Yang Aman , Obat Pelancar Haid , Manfaat Kembang Kol , Manfaat Daun Selada , Manfaat Minyak Ikan , Manfaat Buah Anggur , Makanan Penderita Kolesterol Tinggi , Bahaya Ikan Tuna , Tips Awet Muda Untuk Pria , Cara Mengobati Rematik Secara Alami , Khasiat Lidah Buaya Untuk Kulit , Makanan Pencegah Kanker Getah Bening , Efek Samping Jahe , Bahaya Infeksi Saluran Kencing , Ciri Ciri Gagal Ginjal , Ciri Ciri Lelaki Subur , Manfaat Pare Untuk Kolesterol , Menepuk Nepuk Wajah untuk Kecantikan , Manfaat Minum Jus Tomat Sebelum Tidur , Makanan Untuk Badan Tidak Lemas , Khasiat Buah Mengkudu , Bahaya Mencabut Bulu Kemaluan , Efek Minuman Bersoda Bagi Wanita Menstruasi , Tanda Tanda Kanker Serviks , Cara Menjaga Kesehatan Ginjal , Manfaat Kayu Manis Cina , Cara Menghilangkan Mata Bintitan , Manfaat Bunga Serai Merah , Cara Mengobati Keputihan Dengan Tradisional , Jamu Untuk Batuk

Jamu Untuk Batuk

Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat saraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk. Berikut ini adalah Jamu Untuk Batuk :

1. Obat batuk turun-temurun, terbuat dari kecap dan jeruk nipis

Sesendok larutan kecap masnis dan perasan jeruk nipis mampu meredakan gejala-gejala yang menyertai batuk, seperti susah bernafas dan tenggorokan gatal. Obat turun temurun ini sudah menjadi resep orang-orang terdahulu. Kamu bisa mengonsumsinya satu sendok makan setiap setelah makan.

2. Gak suka kecap, seduh saja jeruk nipis dan segelas air panas

Pada intinya, jeruk nipis sendiri memiliki beberapa manfaat. Di antaranya melemaskan otot-otot pernapasan, obat penurun panas, dan mengatasi suara serak akibat tenggorokan yang gatal.

Perasan satu buah jeruk nipis yang diseduh dengan air hangat dapat segera memberikan efek lega di tenggorokan. Tidak perllu menambahkan gula lagi. Kalau tidak suka rasanya yang terlalu asam, tambahkan madu agar rasanya lebih enak. Tapi jangan kebanyakan juga ya, cukup 1-2 sendok saja.

3. Madu yang efektif untuk meredakan batuk anak

Anak-anak cenderung tidak menyukai obat karena rasanya yang pahit. Untuk itu, madu dapat digunakan sebagai solusi peredanya. Khasiat madu sebagai obat batuk anak juga telah diakui langsung oleh World Health Organisation (WHO).

Caranya gampang. Tinggal minumkan satu sendok makan madu setiap beberapa jam sekali pada anak. Madu dapat mengurangi dan mengobati iritasi pada tenggorokan. Orang dewasa juga bisa merasakan khasiat madu dalam meredakan luka di tenggorokan akibat batuk.

4. Jamu kencur

Salah satu penyebab jamu dianggap sebagai obat yang manjur adalah khasiatnya yang langsung terasa setelah dikonsumsi. Jamu herbal kencur ini juga biasa dikonsumsi oleh banyak penyanyi untuk menjaga kondisi pita suara. Selain itu, kencur juga dapat melegakan tenggorokan yang terasa berlendir ketika kita batuk.

5. Wedang jahe di malam hari

Jahe mengandung minyak astiri, yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tenggorokan. Dari beberapa jenisnya, jahe merah dinilai paling ampuh karena mengandung minyak astiri 2,5 persen lebih banyak.

Baik wedang jahe, atau air rebusan jahe dapat dikonsumsi malam hari sebelum tidur. Sebab, batuk biasanya semakin menjadi-jadi saat malam hari. Oleh karena itu, agar tidur bisa nyenyak tanpa gangguan batuk, minumlah segelas wedang jahe sebelum tidur.

IndoPrimbon