Dampak Negatif Pacaran Bagi Remaja

Dampak Negatif Pacaran Bagi Remaja

Banyak kaum muda yang saat ini ingin ataupun sudah merasakan yang nama nya pacaran. dalam pacaran ada beberapa dampak yang terjadi pada kaum muda. berikut ulasan mengenai Dampak Negatif Pacaran Bagi Remaja :

1. Prestasi Bisa Menurun

Pacaran bagi muda mudi bisa berdampak positif dan juga negatif. Pacaran bisa berdampak positif apabila dilakukan secara positif dan dijadikan sebagai penyemangat. Apabila si pacar juga selalu mendukung dan memberi semangat dalam hal belajar.

Beda lagi jika fokusnya malah ke arah yang negatif. Seperti lebih senang menghabiskan waktu senggang untuk ngedate daripada belajar, waktu belajar dirumah teralihkan untuk telponan atau chattingan, atau malah jadi malas belajar karena masalah yang timbul seperti bertengkar dan cemburu.

2. Bersikap Abai Kepada Orangtua dan Keluarga

Saat pacar jadi prioritas di hati, maka kedudukan orang tua bisa bergeser dan lebih sering diabaikan. Daripada menghabiskan waktu bersama orang tua dan keluarga, remaja atau kaum muda-mudi yang pacaran pasti lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersama pacar, sampai lupa waktu malah.

Saking terlanjur cinta dan sayangnya pada pacar, segala ucapan dan perintah orangtua tidak lagi didengarkan. Pacar bagaikan satu-satunya orang yang paling disayang dan paling mengerti serta memahami dibanding yang lainnya.

3. Bisa Terbiasa untuk Berbohong

Kenapa dampak negatif pacaran bisa membuat seseorang terlatih untuk berbohong? Tentu saja, untuk menghindari kemarahan si pacar, maka mulailah mencari-cari alasan agar si pacar tidak marah. Banyak hal yang disembunyikan menjadi sebuah kebohongan saat pacaran untuk menghindari pertengkaran.

Contohnya, saat nongkrong sama teman, dibilang lagi belajar bareng, belajar kelompok dengan teman cewek dan cowok dibilang isinya cewek semua biar si pacar nggak ngambek atau curigaan, dan masih banyak lagi kebohongan-kebohongan yang bisa mewarnai kehidupan pacaran.

4. Berdampak Buruk untuk Pergaulan

Memang, tidak selalu saja pacaran memberikan dampak buruk bagi pergaulan seseorang. Namun hal ini bisa terjadi begitu saja, lho. Dimana kamu merasa lebih nyaman berduaan dengan pacar dibanding dengan teman-temanmu. Pasti ada yang merasakan hal ini, kan?

Pada akhirnya antara kamu dan teman-temanmu akan mulai ada jarak karena dalam keseharian kamu lebih terfokus dengan si pacar. Setiap kali diajak teman kamu menolak karena sudah ada janji dengan si pacar atau malah si pacar yang melarang. Tanpa disadari hal ini membuat hubungan pertemanan kamu menjadi renggang.

5. Terjerumus Seks Bebas

Dampak negatif pacaran yang paling berbahaya adalah bisa menjerumuskan kamu ke dalam seks bebas jelas yang sangat dilarang. Banyak godaan yang akan mempengaruhi kamu untuk mencoba melakukan hubungan yang tidak seharusnya dilakukan pasangan yang belum menikah.

Dengan alasan cinta dan sayang tanpa disadari membuat kamu rela untuk melakukan dosa dengan si pacar. Selain itu juga ada beberapa alasan wanita rela melepas keperawanan sebelum menikah. Apa pun itu, jelaslah bukan hal yang baik dan patut untuk ditiru dan dibenarkan.

Tentunya godaan untuk berhubungan fisik akan sangat besar saat pacaran dan bahkan di zaman seperti sekarang ini godaannya semakin di depan mata. Ingat, cara menjadi pacar yang baik bukan dengan menuruti semua kemauan si pacar ya. Nah, kamu perlu tahu juga cara mengetahui pacar cinta atau nafsu sama kamu agar tidak terus dimanfaatkan. Justru kamu harus belajar cara mengubah pacar yang nakal menjadi baik.

6. Banyak Waktu Terbuang Sia-Sia

Saat hubungan percintaan berjalan baik-baik saja dan membawamu ke arah yang positif, tentu kehidupanmu terasa indah dan bermakna. Selalu ada kekasih yang mendukung setiap prestasi dan sukses yang ingin kamu raih sehingga membuatmu makin semangat untuk mengejarnya.

Kalau yang terjadi malah sebaliknya, justru akan membuat waktumu terbuang sia-sia karena galau terus-terusan. Tidak fokus belajar dan tidak lagi mementingkan prestasi. Murung berkepanjangan karena masalah dengan pacar dan berbagai perilaku buruk lainnya yang memberikan dampak yang tidak baik untuk kehidupanmu.

Related image

IndoPrimbon