Ciri Ciri Orang Perfeksionis

Ciri Ciri Orang Perfeksionis

Ciri-Ciri Wanita Matre , Cara Cepat Meluluhkan Hati Pria, Cara Menghilangkan Rasa Marah, Cara Menghilangkan Sifat Egois, Ciri Ciri Anak Indigo, Ciri Ciri Orang Yang Sombong, Ciri Ciri Wanita Berhati Busuk, Ciri Wanita Sederhana Berkelas Dan Anggun, Kepribadian Wanita Dari Cara Berjalan , Kepribadian Wanita Cancer , Kepribadian Wanita Aquarius , Kepribadian Wanita Gemini , Ciri-Ciri Depresi Ringan , Fakta Tentang Kepribadian ISTJ , Ciri Ciri Orang Perfeksionis , Tipe Kepribadian MBTI , Karakter Orang Yang Lahir Di Bulan Maret , Kepribadian Cewek Yang Suka Makanan Pedas , Kepribadian Si Penyuka Warna Pink , Kepribadian Penyuka Warna Emas , Varian Kopi Yang Mencerminkan Kepribadian , Kepribadian Cewek Berlesung Pipi

Ciri Ciri Orang Perfeksionis

Salah satu kelemahan dari orang perfeksionis adalah ia sendiri tidak menyadari bahwa dialah si perfeksionis itu. Bagaimana ciri-ciri orang perfeksionis? Apakah kita termasuk orang perfeksionis?. Nah berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Ciri Ciri Orang Perfeksionis :

1. Kamu memiliki standar setinggi langit

Kalimat “gantungkan mimpimu setinggi langit” mungkin hanya omong kosong bagi orang lain, tapi tidak bagimu. Beda dengan orang yang ada di sekitarmu, kamu tidak mudah merasa puas. Di saat orang-orang merayakan sesuatu, kamu justru semakin sibuk membuat impian yang lebih tinggi tanpa menyadari bahwa itu terlalu mustahil untuk dicapai saat ini.

Oke memiliki impian yang tinggi itu boleh, tapi di sisi lain kamu juga harus melihat realita yang ada. Dan daripada membuat impian semakin tinggi akan lebih baik jika kamu memulainya dari target-taget kecil yang mudah dicapai dan menaikkan standarnya sedikit demi sedikit.

2. Kamu bersikap keras pada diri sendiri

Karena standar yang kamu miliki lebih tinggi dari orang lain, maka mau tidak mau kamu juga memaksa dirimu untuk bekerja berkali-kali lipat lebih keras dari orang lain. Di saat ada yang gagal, kamu menjadikan kegagalan itu sebagai kesempatan untuk menyalahkan diri sendiri dan memastikan bahwa besok kamu tidak melakukan hal yang sama. Well, setinggi apa pun mimpimu, jangan bersikap terlalu keras pada diri sendiri. Ingat, kamu hanya manusia biasa yang juga perlu istirahat.

3. Walaupun kamu bukan bosnya, tapi kamulah yang mengatur segalanya

Selain suka mengerjakan apa pun sendiri, seorang perfeksionis juga suka mengatur segalanya. Ini harus begini, dan begitu. Pokoknya semua hal harus sesuai dengan keinginan kamu. Sedikit kekurangan bahkan sudah cukup membuat kamu uring-uringan seharian.

Dan di atas segalanya kamu hanya ingin bekerja dan menghasilkan sesuatu yang memuaskan. Meski niatnya baik, tapi kadang sikap kamu ini bisa membuat kelompok kamu kesal bahkan kapok untuk bekerjasama lagi denganmu.

4. Daripada berbagi tugas, kamu lebih suka mengerjakan semuanya sendiri

Umumnya orang akan merasa senang saat tergabung dalam sebuah kelompok karena itu artinya mereka bisa berbagi beban pekerjaan pada orang lain. Tapi beda ceritanya kalau kamu adalah seorang perfeksionis. Seorang perfeksionis sejati lebih suka mengerjakan apa pun sendiri, bahkan meski sebenarnya dia punya orang lain yang bisa membantu.

Masalahnya adalah, kamu tidak percaya kalau kelompokmu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Apa yang bagus bagi orang belum tentu juga bagus untukmu. Jadi daripada akhirnya kecewa pada teman sekelompok, kamu lebih memilih mengerjakan semuanya sendiri. Kamu puas dengan pekerjaanmu, dan orang lain akan terbebas dari omelanmu jika ternyata pekerjaan mereka tidak sempurna.

5. Kamu terobsesi pada hal-hal kecil

Teman, pacar, keluarga, atau rekan kerjamu menganggap kamu sebagai orang yang super teliti. Sebenarnya itu bagus, karena itu artinya kamu sudah memikirkan segalanya termasuk hal-hal kecil yang sebenarnya tidak terlalu penting. Sisi positifnya kamu jarang sekali melakukan kesalahan yang fatal. Negatifnya adalah, semangat kamu jadi mudah ambruk hanya karena hal-hal sepele.

 

IndoPrimbon