Ciri – Ciri Gatal Karena Diabetes

Ciri – Ciri Gatal Karena Diabetes

pastikan lingkungan yang anda tinggal bersih dan aman dari penyakit apapun, penggunaan softlens yang aman, penyebab bayi susah buang air besar, penyebab kerusakan hati, penyebab maag, pertolongan pertama saat keracunan makanan, resep – resep minuman untuk perokok aktif, resep masker, resep masker gampang, step 1 ketika keracunan makanan, telat datang bulan, tidak mengkonsumsi sembarangan, tips memutihkan kulit, tips memutihkan kulit ketiak secara alami, tips memutihkan selangkangan, tips memutihkankulit ketiak, tips menebalkan bulu mata, tips merawat luka ceasar agar cepat kering , makanan yang menjaga janin agar tetap sehat dan kuat , tips kecantikan meghan markle , jenis – jenis pelembab kulit yang dapat mencerahkan kulit , makanan penunjang nafsu makan saat hamil , alasan mengapa sering digigit nyamuk , jamu untuk sakit batuk , manfaat gula kelapa untuk kesehatan , cara mengatasi sembelit , makanan yang tinggi akan kalsium , makanan yang mengandung kalsium , cara mengatasi bau mulut , minuman yang menyebabkan bau mulut , efek minum air putih terlalu banyak , makanan yang pantang dikonsumsi saat sarapan , jamu alami pengecil perut , obat herbal sakit pinggang , resep jamu penggemuk badan , jambu penambah nafu makan anak dan orang dewasa , ramauan penambah darah , manfaat daun sirih untuk kewanitaan , manfaat daun salam , khasiat daun salam , manfaat cokelat untuk tubuh manusia , manfaat kemangi untuk pria dan wanita , tanda – tanda kehamilan yang harus anda ketahui , resiko terkena kanker kulit , diet tanpa rasa lapar , gejala – gejala keguguran , cara mengetahui posisi janin , cara alami menghilangkan kantung mata , manfaat memakan daging ayam setiap hari , penyebab bibir menghitam , manfaat daun kelor untuk kecantikan , cara merawat pankreas , makanan yang menghilangkan kerutan dimata , makanan sehat untuk paru – paru perokok , cara merawat kulit jerawat agar tidak membekas , bahaya memakan mie instan , makanan yang dapat membuat gemuk dengan sangat cepat , ciri – ciri gatal karena diabetes

Ciri – Ciri Gatal Karena Diabetes

Diabetes melitusDM yang juga dikenal di Indonesia dengan istilah penyakit kencing manis adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor seperti kurangnya insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin (Insulin resistance), dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, sebagai akibat dari:

  • defisiensi sekresi hormon insulin, aktivitas insulin, atau keduanya.
  • defisiensi transporter glukosa.
  • atau keduanya.

Glukosa adalah bukan gula biasa yang umum tersedia di toko atau pasar. Glukosa adalah karbohidrat alamiah yang digunakan tubuh sebagai sumber energi. Yang banyak dijual adalah sukrosa dan ini sangat berbeda dengan glukosa. Konsentrasi tinggi dari glukosa dapat ditemukan pada minuman ringan (soft drink) dan buah-buah tertentu. Kadar gula darah hanya menyiratkan kadar glukosa darah dan tidak menyatakan kadar fruktosa, sukrosa, maltosa dan laktosa (banyak pada susu).Yang bukan glukosa akan diubah sebagian menjadi glukosa melalui proses yang bisa panjang tergantung jenisnya, karenanya mungkin tidak cepat menaikkan kadar gula darah. Buah selain memiliki glukosa juga memiliki fruktosa dengan komposisi yang berbeda-beda tergantung buahnya. Sukrosa termasuk cepat berubah menjadi glukosa, tetapi gula batu karena proses pembuatannya berbeda lebih baik dari gula pasir, sedangkan gula aren dan gula jawa jauh lebih baik bagi penderita diabetes. Yuk guys kita kenali Ciri – Ciri Gatal Karena Diabetes berikut ini :

  1. Mati Rasa

Pada rata-rata kasus diabetes, gejala gatal pada kulit dapat juga disertai dengan keluhan lain, yakni seperti misalnya mati rasa. Beberapa bagian tubuh penderita diabetes pada umumnya akan mengalami mati rasa atau yang kita juga bisa sebut dengan kebas.

  1. Kesemutan

Gatal pada penderita diabetes biasanya bukan hanya gatal biasa, melainkan juga disertai dengan rasa kesemutan di beberapa bagian tubuh. Jari tangan, jari kaki, tangan, kaki, lengan, dan beberapa bagian lainnya berpotensi mengalami kesemutan selain dari mati rasa dan rasa gatal yang cukup mengganggu.

  1. Kulit Kering

Pada umumnya, ciri gatal yang disebabkan oleh diabetes juga menyebabkan kulit menjadi kering. Kadar gula darah yang mengalami lonjakan terlalu tinggi dapat menyebabkan kulit kering. Ini karena saat glukosa darah naik, kelebihan glukosa tersebut akan coba tubuh hilangkan dengan cara sering buang air kecil. Karena urine yang dibuang dalam jumlah yang banyak, tubuh akhirnya juga mengalami dehidrasi atau kekurangan banyak cairan yang berdampak pada keringnya kulit diikuti rasa gatal. Tak hanya karena hal itu, diabetik neuropati pun mampu memicu gangguan kelenjar keringat sehingga saraf-sarafnya kurang terkontrol sehingga terjadilah penurunan kadar keringat di mana secara otomatis kulit pun akhirnya kering.

  1. Kulit Pecah-pecah

Bukan hanya gatal, mati rasa, kesemutan, dan kering, kulit pun dapat mengalami pecah-pecah. Inilah salah satu ciri gatal pada penderita diabetes yang paling umum di mana ketika mandi air panas dan terpapar cuaca dingin ataupun udara yang kering maka akan membuat kondisi pecah-pecahnya makin buruk.

  1. Kulit Mengelupas

Ciri lainnya pada kondisi gatal karena diabetes adalah disertai dengan kondisi kulit yang mengelupas. Saat menggaruknya karena tak nyaman, kemungkinan infeksi dan luka pun semakin besar sehingga memang penting dalam menjaga supaya kulit tetap dalam kondisi lembab pada penderita diabetes.

Pada umumnya, kulit gatal yang sampai mengelupas bisa juga berkaitan dengan aterosklerosis, yakni sebuah kondisi penyakit akan adanya penumpukan plak lemak di bagian dalam arteri. Karena hal tersebutlah, sirkulasi pada kulit pun menjadi tidak baik khususnya di area kaki dan tangan.

  1. Terbentuk Luka

Pada kasus diabetes basah akan jauh lebih parah apabila kulit yang gatal digaruk. Hal ini dapat menyebabkan luka terbuka yang bahkan bisa tak kunjung sembuh sebab diabetes adalah faktor penyebab luka tidak cepat kering. Jika terdapat luka bahkan hanya goresan kecil pun Anda tetap harus perlu memeriksakannya atau langsung mengobati. Luka di kulit sebaiknya ditutup dan bila tak mengerti bagaimana mengatasinya, periksakanlah ke dokter secara teratur.

  1. Timbul Lesi

Ciri gatal lainnya pada kasus diabetes adalah timbulnya lesi atau jaringan parut di mana ini adalah wilayah jaringan kulit yang mengalami kerusakan. Kaitan gatal kulit ini bisa jadi ada hubungannya juga dengan impetigo dan ecthyma sehingga harus cepat-cepat ditangani yang biasanya harus diberi jenis antibiotik tertentu.

IndoPrimbon