Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak

Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah , Manfaat Odol , Kerugian Air Kelapa , Makanan Yang Menyembuhkan Anemia , Penyebab Miss V Gatal , Jerawat Hilang Dengan Cara Alami , Cara Mengatasi Batuk Berdahak , Cara Mendetoksifikasi Usus , Cara Mengatasi Hidung Tersumbat , Cara Mengobati Sariawan , Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan , Makanan Yang Mencerahkan Wajah , Cara Mengobati Amandel , Efek - Efek Dari Bulu Mata Palsu , Efek BB Glow , Penyebab Sakit Perut Kiri Bawah , Alergi Makanan Umum , Cara Menjauhkan Anak dari Rokok , Deteksi Penyakit Dari Rambut , Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami , Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Campak , Cara Mengobati Rematik Di Rumah , Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak

Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak

Gusi yang bermasalah membuatmu kesulitan mengunyah makanan bahkan tidak nyenyak tidur. Agar tak bertambah parah, ketahuilah cara mengobati gusi bengkak dan mencegahnya kambuh kembali.

Gusi adalah bagian dari rongga mulut yang mengandung banyak pembuluh darah. Organ ini memiliki jaringan kulit berserat dan tebal yang berfungsi sebagai tempat melekatnya gigi. Selain mengalami bengkak, ternyata gusi juga bisa berdarah. nah ini penyebab gusi bengkak :

  • Menumpuknya karang atau plang pada gigi.

Umumnya sih, penyebab gusi bengkak karena plak yang adalah sisa-sisa dari makanan yang tertinggal lama dan tidak segera dibersihkan. Lama-kelamaan sisa makanan yang tidak segera dibersihkan ini akan menumpuk dan menyebabkan karang gigi dan mengakibatkan gusi membengkak. Air liur yang mengandung mineral malahan akan membantu sisa makanan tadi mengeras dan karang gigi yang terbentuk pun menjadi keras atau sedimentasi.

  • Gingivitis

Menumpuknya plak pada gusi yang terakumulasi dalam jumlah besar dan lama dapat menyebabkan inflamasi yang disebut dengan gingivitis. Gingivitis juga merupakan penyakit pada gusi.

  • Gigi yang berlubang

Gigi yang berlubang karena kuman juga dapat merambah hingga gusi dan menyebabkan gusi bengkak.

  • Terkena virus atau jamur

Ketika Anda tidak mengatur makanan yang masuk ke dalam mulut Anda, bukan tidak mungkin Anda juga memasukkan virus atau jamur ke dalam mulut Anda sendiri.

  • Kesalahan pemasangan aksesori pada gigi

Pemasangan aksesori gigi seperti gigi palsu atau behel yang salah bisa juga menyebabkan gusi bengkak.

Ketika Anda sudah terlanjur mengalami gusi bengkak dan ingin segera sembuh, Anda bisa mencoba cara mengobati gusi bengkak sendiri dan tentu saja aman dan efektif

 

Cara mengobati gusi bengkak

  1. Garam

Sudah jadi rahasia umum kalau garam biasa digunakan jika ada masalah kesehatan pada gigi. Garam dapat digunakan sebagai cara mengobati gusi gigi yang mujarab. Sodium yang tinggi dapat membasmi bakteri penyebab plak atau karang gigi. Garam menjadi antiseptic alami bau kesehatan mulut Anda. Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali Anda selesai sikat gigi agar bakteri dapat dibasmi sampai bersih.

  1. Lemon

Asam dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Lemon juga dapat menjadi cara alami mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang. Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

  1. jeruk nipis

Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut sehingga kesehatan mulut terjaga. Peras 2 buah jeruk nipis, campurkan dengan segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

  1. Belimbing wuluh

Rasa asam dalam belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri yang tentu saja efektif dalam membasmi bakteri dalam mulut Anda. Caranya adalah dengan menumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. Tumbukan belimbing wuluh ini kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.

  1. Daun Jambu biji

Daun jambu biji juga ternyata berguna sebagai antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu daun jambu efektif mengempeskan gusi yang bengkak karena mengandung antibakteri, antiiflamasi, dan analgesi yang kuat. Yang perlu Anda lakukan hanya mengunyah jambu biji. Atau merebus daun jambu biji dengan segelas air kemudian gunakan untuk berkumur.

  1. Bawang merah

Bawang merah mengandung antiseptic alami yang efektif membunuh kuman. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

  1. bawang putih

Bawang putih sama dengan bawang merah berguna sebagai antiseptic alami. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

  1. Asam jawa

Asam jawa juga merupakan salah satu bahan alami berikutnya yang bisa digunakan sebagai antiseptic alami. Caranya adalah dengan menyangrai biji asam jawa lalu tempelkan pada gigi yang sakit

  1. Cengkeh

Cengkeh juga satu dari banyak bahan alami yang dapat mengobati gusi bengkak. Caranya adalah dengan menumbuk halus cengkeh kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

  1. Merica

Merica berguna sebagai cara mengobati gusi bengkak karena mengandung antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti. Caranya adalah dengan mencampur merica dan garam, tuang sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada gigi yang sakit

  1. Serai

Serai juga dapat menjadi cara mengobati gusi bengkak. Caranya dengan merebus 2 tangkai serai dengan segelas air. Lalu biarkan hingga air berkurang setengahnya. Kemudian gunakan untuk berkumur

  1. Jahe

Ada kandungan antibakteri yang berfungsi memberangus bakteri dalam mulut. Caranya adalah dengan memarut 1 buah jahe. Kemudian peras airnya. Gunakan air perasan jahe untuk berkumur.

  1. Getah jarak

Getah jarak mengandung antiseptic, antibakteri, dan antibiotik yang tinggi. Caranya adalah dengan meneteskan getah jarak pada gigi yang sakit.

  1. air kelapa

Air kelapa juga berguna sebagai antiseptic alami. Berkumurlah dengan menggunakan air kelapa alami setiap sesudah menggosok gigi.

IndoPrimbon