Cara Menghilangkan Sifat Egois

Cara Menghilangkan Sifat Egois

Ciri Ciri Anak Indigo  , kepribadian pria , kepribadian wanita , kepribadian anak , Kepribadian Wanita Dari Model Rambutnya , Kepribadian Seseorang Dari Bentuk Wajah , Kepribadian Seseorang Dari Bentuk Hidungnya , Kepribadian Seseorang Dari Bentuk Bibir , Kepribadian Seseorang Lewat Tanda Tangannya , Ciri Wanita Sederhana Berkelas Dan Anggun , Karakter Wanita Yang Sangat Disukai Pria , Ciri Ciri Orang Yang Sombong , Cara Menghilangkan Rasa Marah , Cara Cepat Meluluhkan Hati Pria , Cara Menghilangkan Sifat Egois

Cara Menghilangkan Sifat Egois

Egoisme merupakan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri. Egoisme berarti menempatkan diri di tengah satu tujuan serta tidak peduli dengan penderitaan orang lain, termasuk yang dicintainya atau yang dianggap sebagai teman dekat. Istilah lainnya adalah “egois”. Lawan dari egoisme adalah altruisme.

Hal ini berkaitan erat dengan narsisme, atau “mencintai diri sendiri,” dan kecenderungan mungkin untuk berbicara atau menulis tentang diri sendiri dengan rasa sombong dan panjanid.wikipedia.org/wiki/Altruismeg lebar. Egoisme dapat hidup berdampingan dengan kepentingannya sendiri, bahkan pada saat penolakan orang lain. Sombong adalah sifat yang menggambarkan karakter seseorang yang bertindak untuk memperoleh nilai dalam jumlah yang lebih banyak daripada yang ia memberikan kepada orang lain. Egoisme sering dilakukan dengan memanfaatkan altruisme, irasionalitas dan kebodohan orang lain, serta memanfaatkan kekuatan diri sendiri dan / atau kecerdikan untuk menipu.

Egoisme berbeda dari altruisme, atau bertindak untuk mendapatkan nilai kurang dari yang diberikan, dan egoisme, keyakinan bahwa nilai-nilai lebih didapatkan dari yang boleh diberikan. Berbagai bentuk “egoisme empiris” bisa sama dengan egoisme, selama nilai manfaat individu diri sendirinya masih dianggap sempurna. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Cara Menghilangkan Sifat Egois :

1. Kenali sumbernya

Cara merubah kepribadian untuk bisa mengurangi bahkan menghilangkan sifat egois yang keterlaluan dari seseorang, dia harus bisa menggali ke dalam dirinya sendiri dan menemukan apa yang menjadi sebab dari keegoisannya. Seorang yang egois biasanya kerap kali merasa takut. Takut bila dirinya tidak diperhatikan, takut tersaingi, takut kalah dalam sesuatu hal, dan lainnya. Ataukah karena dia tidak pernah mengenal kesusahan sehingga tidak punya empati terhadap orang lain.

2. Mulailah tumbuhkan rasa empati

Jika sudah mengetahui sumber dari rasa egoisnya, seseorang bisa mulai mencoba mendengarkan dengan baik. Bila sebelumnya ia selalu sibuk dengan dirinya sendiri, maka sekarang waktunya meluangkan diri untuk kebutuhan orang lain. Dengan mendengarkan, sifat empati perlahan akan mulai tumbuh. Mampu berempati kepada orang lain adalah salah satu cara bersikap tenang dan dewasa. Dari sikap empati itulah akan tumbuh kepedulian terhadap orang lain.

3. Belajar untuk sabar

Salah satu pemicu keegoisan seseorang adalah kesulitan untuk bersikap sabar. Dia tidak sabar menunggu orang lain untuk mendapatkan haknya lebih dulu, sehingga dia bersikap mendahulukan dirinya sendiri. Belajar cara bersikap sabar dan menahan diri akan menjadi cara yang bagus untuk mengurangi sifat egois. Cara mendidik anak perempuan  dan cara mendidik anak laki – laki yang baik juga dengan menanamkan sikap sabar supaya kelak tidak menjadi pribadi yang egois.

4. Berhenti membandingkan

Orang egois akan selalu merasa tidak puas dan membandingkan keadaan dirinya dengan orang lain yang dianggapnya lebih baik. Hal ini berkaitan erat dengan rasa iri hati. Bila ingin menghilangkan keegoisan, dia perlu belajar untuk berhenti membuat perbandingan akan keadaan dirinya dengan orang lain. Cara merubah diri menjadi lebih baik yaitu dengan berusaha menerima keadaan diri sendiri dan kenyataan dalam hidup seseorang terlebih dulu.

5. Kembangkan prasangka baik terhadap orang lain

Pikiran yang buruk mengenai orang lain akan selalu ada dalam benak seorang yang egois, dan karena itulah dia memutuskan untuk selalu mendahulukan dirinya daripada orang lain. Cara menjadi pribadi yang baik dan tidak egois adalah dengan mulai mencoba berpikiran baik tentang orang lain, dan kesampingkan semua prasangka buruk sebelum terbukti kebenarannya.

6. Coba untuk lebih ramah lagi

Biasanya seorang yang egois itu memang jarang menunjukkan sikap ramah. Itu karena mereka terlalu fokus pada diri sendiri sampai tidak menyadari bagaimana cara bersikap yang benar terhadap orang lain. Mulai bersikap ramah dengan sering tersenyum, bisa menjadi cara menghargai orang lain yang benar. Karena dengan bersikap ramah, seseorang telah memberikan penghargaan kepada orang lain yang berinteraksi dengannya.

7. Belajar untuk mulai membantu orang lain

Semua orang memang memiliki masalahnya sendiri dan kesibukannya sendiri. Karena itulah jarang orang yang bisa memfokuskan diri kepada masalah orang lain. Akan tetapi, ini juga merupakan salah satu bentuk dari keegoisan. Belajar untuk meringankan beban orang lain di tengah kesibukan diri sendiri akan menjadi langkah yang bagus untuk mulai mengurangi keegoisan diri. Bila memiliki sahabat, cara membahagiakan sahabat juga dengan belajar untuk mulai mencoba meringankan masalah yang sedang dia hadapi.

8. Introspeksi

Bila seseorang ingin menghilangkan sikap egois, sesekali perlu juga merenungkan apakah dia telah berhasil menghilangkan sifat egoisnya, paling tidak sedikit demi sedikit. Renungkan seberapa besar kemajuan yang dicapai. Apakah sifatnya itu masih menyusahkan dan membuat kesal orang lain, ataukah dia sudah berhasil mengembangkan sesuatu yang positif dari dirinya dalam keseharian. Introspeksi diri juga akan menjadi cara meningkatkan harga diriseseorang.

9. Belajar bersikap dewasa

Sifat egois erat kaitannya juga dengan pola berpikir yang kekanakan. Cara menghilangkan sifat kekanak – kanakan yaitu dengan mulai mengikis keegoisan dalam diri. Seseorang bisa bersikap egois karena dia masih mempertahankan pola pikirnya sejak masih anak – anak dan belum bisa menumbuhkan kedewasaan

10. Lapang dada

Untuk menghilangkan sifat buruk, seseorang harus bisa membuka dirinya terhadap kritikan dari orang lain. Dia harus bisa bersikap lapang dada dan menerima berbagai saran serta nasihat yang penting bagi perbaikan dirinya. Sifat egois bisa menjadi salah satu penyebab pertengkaran dalam rumah tangga, karena itu penting bagi seseorang untuk mau bersikap terbuka dan memperbaiki diri.

IndoPrimbon