Cara Menghilangkan Ingus Yang Kental

Cara Menghilangkan Ingus Yang Kental

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Kenali Obat Keputihan Tradisional , Cara Mencegah Terkena Biang Keringat , Cara Menurunkan Hormon Prolaktin , Obat Demam Tradisional , Obat Tradisional Multiple Sclerosis , Obat Tradisional Ginjal Bocor , Obat Cacingan Tradisional , Obat Tradisional Parkinson , Obat Tradisional Alergi Telur , Obat Tradisional Lumpuh Kaki Alami , Obat Tradisional Sembelit , Cara Menghilangkan Ingus Yang Kental , Obat Tradisional Kelenjar Getah Bening , Obat Tradisional Hernia , Obat Lambung Luka Tradisional , Obat Pegal Linu Tradisional

Cara Menghilangkan Ingus Yang Kental

Lendir hidung atau ingus adalah cairan kental, jernih, dan lengket yang berfungsi sebagai filter terhadap partikel udara yang tidak diinginkan untuk mencegahnya masuk ke dalam tubuh melalui hidung. Cairan lendir ini merupakan bagian alami dari pertahanan tubuh, namun terkadang dihasilkan secara berlebihan. Lendir yang dihasilkan terlalu banyak ini bisa membuat Anda frustasi saat berusaha mengatasinya, bahkan tampak seperti tidak akan pernah berhenti. Cara yang terbaik untuk menghilangkan lendir dari saluran hidung adalah dengan menentukan penyebabnya dan mengatasi masalah tersebut. Hal yang lazim menyebabkan produksi lendir di hidung berlebihan adalah reaksi alergi, rinitis nonalergi, infeksi, dan abnormalitas struktur hidung. Berikut ini kami akan memberikan anda Cara Menghilangkan Ingus Yang Kental  :

Penyebab Ingus Kental dalam Rongga Hidung

Munculnya ingus yang kental dalam rongga hidung dapat dialami siapa saja dengan penyebab yang berbeda beda berikut penjelasannya:

  1. Karena alergi

Alergi dapat terjadi ketika ada benda asing masuk kedalam rongga hidup akibat polutan udara yang didalamnya terdapat berbagai macam kuman dan bakteri penyebab peradangan. Pada saat polutan udara terhirup kedalamm rongga hidung maka pada sebagian orang bisa menimbulkan alergi yang merangsang munculnya cairan ingus yang awalnya bening dan encer, Tetapi seiring berjalannya waktu maka ingus akan berubah lebih kental. Alergi juga bisa muncul akibat udara dingin yang bisa menyebabkan masuk angin, Perut kermbung, Sakit kepala, Influenza yang disertai pilek dan penumpukan cairan didalam saluran hidung. Agar saluran hidung tetap sehat pada anaka anak ditengah tengah cuaca yang dingin maka harus mengetahui terebih dahulu cara mencegah alergi dingin secara alami tanpa harus menggunakan bahan kimia, Mengingat tubuh anak anak sangat sensitif terhadap obat yang berbahan kimia.

  1. Kondisi psikologis

Kondisi mental yang tidak stabil akibat stres dan depresi dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh yang memudahkan masuknya polutan udara kedalam tubuh dan memicu bersin bersin, Flu dan masuk angin dimana kondisi tersebut menyebabkan munculnya gejala pilek. Keadaan psikologis yang terguncang sangat rentan menyebabkan seseorang menjadi lebih sering menangis berlarut larut hingga menyebabkan munculnya penyakit pilek.

  1. Infeksi bakteri dan virus

Saluran hidung yang terserang infeksi bakteri dan virus maka sudah bisa dipastikan dinding saluran hidung mengalami luka, Iritasi, Peradangan dan infeksi dimana keadaan tersebut menyebabkan pilek berkepanjangan diman terjadi pula penumpukan cairan ingus yang berlebihan.

  1. Kebocoran cairan cerebrospinal

Ketika seseorang mengalami cedera kepala maka rentan terjadi kebocoran cairan dari cerebrospinal (cairan yang ada didalam otak) yang menimbulkan gangguan terhadap saluran hidung. Gangguan yang muncul adalah hidung berair, Terserang pilek, Demam dan sakit kepala yang muncul timbul tenggelam. tak heran jiak seseorang mengalami sakit kepala yang disertai bersin bersin maka rentan terserang hidung berair.

  1. Penggunaan obat tertentu

Penggunaan obat jenis aspirin, Antidespresan seacaar berlebihan dan jangka panjang dapat mempengaruhi saraf saraf dan fungsi salurabn hidung. Zat zat kimia pada obat dapat menymbat dan mengiritasi bagian dalam rongga hidung yang nantinya dapat menimmbulkan masalah sinus, Seperti pilek dan penumpukan ingus diudalam dsaluran hidung.

  1. Karena makanan

Makanan yang memiliki citaras terlalu pedas dapat menyebabkan munculnya pilek. Rongga hidung terus mengeluarkan ingus akibat sarf sarf disekitar rongga hidung merasa tertekan dan otak memberi perintah pada tubuh untuk segera tmemberi perahanan bagi rongga hidung untuk melawan rasa panas dari makanan yang telah dikonsumsi. Kondisi itu adalah sebagai bentuk respon alami dari saraf saraf rongga hidung, Yang pada akhirnya munculnya ingus atau pilek.

Jenis Jenis Ingus

  • Berwarna kuning dan kuning kehijauan

Warna tersebut menandakan jika telah terjadi infeksi didalam saluran hidung akibat influenza dan commoncold. Kondisi ini bisa juga disebabkan karena infeksi telinga dan sinus akibat penumpukan ingus dirongga hidung yang telah tercemari bakteri.

  • Berwarna orange, Merah dan kecokelatan

Warna ingus kental yang merah, oRange atau kecokelatan menandakan bahwa didalam saluran hidung telah terjadi radang dan pendarahan, Sehingga ingus bercampour dengan darah. Maka ituylah waenanya bisa menjadi orange, Merah dan kecokelatan.

  • Berwarna biru dan kebiruan

Warna yang menjurus keraha biru dapat dipastikan jika saluran hidung telah mengalami luka akibat serngan bakteri dari jenis psedomonas pycyanea. Namun kondisi ini masih sangat jarang dialami sebagai besar manusia.

  • Berwarna kehitaman

Waerna hitam pada ingus sebenarnya karena reaksi akibat masuknya berbagai macam partikel kecil berupa debu dan kotoran lain yang tanpa sengaja terhirup dan terjebak didalam rambut rambut halus rongga dalam hidung. Bulu bulu halus didalam hidung dapat menghambat dan menghentikan pergerakan polutan udara hanya sampai pada penggumpalan ingus saja namun tidak bisa masuk lebih dalam lagi termasuk menuju keparu paru.

Cara Mengatasi Ingus Kental

Tips cara menghilangkan ingus yang kental dapat berupa cara medis, umum dan tradisional, Anda bisa memilihnya sendiri sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh anda.

  • Cara medis
  1. Mengkonsumsi Obat antihistamin

Obat antihistamin tersedia diapotik dan toko obat. Obata tersebut dirancang khusus untuk mengatasi masalah sinus , Pilek karena alergi dan mengencerkan serta mengeluarkan ingus yang menumpuk disaluran hidung.

  1. Menggunakan Dekongeston oral dan semprot hidung

Dekongesrton oral dan semprot keduanya sama sama memilki kandungan bahan aktif Fenilefrin dan Psedoefedrin untuk mengencerkan lendir, Melegakan pernafasan akibat hidung tersumbat dan mempeersempit pembuluh darah diarongga hidung sehingga efeknya dapat mengempiskan pembengkakan didalam saluran hidung.

  1. Obat semprot hidung Kortikosteroid

Obat semprot kortikosteroid berguna untuk mengurangi peradngan dalam rongga hidung akibat pilek dan penumpukan ingus kental dan mampu mempercepat keluarnya ingus.

  • Cara Umum
  1. Penguapan

Metode penguapan merupaka cara yang sudah sering dipakai masyarakat dalam mengatsi hidung pilek, tersumbat dan memilki ingus yang kental . Pengauapan bisa dilakuakn dengan memasukkan air panas kedalam baskom ukuran lebar lalu masukakan 2 sendok makan garam. Aduklah perlahan sampai garam benar benar larut bersama air. Penguapan adalah cara menghilangkan ingus yang kental paling mudah dan dapat dilakukan swebanyak yang kita mau. Arahkan wajah kedalam baskom sambil menutup area wajah dan leher anada dengan handuk, Agar uap panas hanya beroutar pada kedua lubang hidung anda, Hiruplah perlahan lahan uapnya.

  1. Tidur dengan kepala lebih tinggi

Cara menghilangkan ingus yang kental dapat menggunaka cara yang sederhan yaitu dengan Posisi tidur terlentang dengan ketinggian kepala yang melewati dada dimalam hari sangat berguna untuk mempercepat pengeluaran ingus dan mencegah penumpukan ingus disaluran hidung. Istirahatlah cukup agar daya tahn tubuh semakin meningkat dan mempercepat proses penyembuhan. Cara ini dapat diberikan pada bayi karena relatif aman tidak mengakibatkan tersedak.

  1. Menggunakan neti pot

Neti pot adalah alat yang mirip seperti teko kecil yang gunanya untuk mendorong keluar ingus yang ada disaluran hidung agar bisa lebih encer dan cepat dikeluarkan. Caranya terlebih dahulu masukkan air garam kedalam salah satu lubang hidung saling bergantian dengan lubang hidung yang lainnya. Neti pot dapat diisi dengan 120 ml larutan garam, Bungkuklah punggung anda dan menghadap wastafel. Miringkan kepala anda kesalah satu sisi dan masukan perlahan corong neti pot ke lubang hidung bagian atas. Cara ini bisa dilakukan secara bergantian pada lubang hidung lain. Ulangi beberapa kali sampai ingus benar benar terdorong untuk keluar dengan sendirinya.

  1. Kompres air hangat

Cara menghilangkan ingus yang kental dapat menggunakan handuk yang terlebih dahulu telah direndam didalam air hangat. Letakkan beberapa saat pada kedua pipi, Dahi, Batang hidung dan area kelopak mata sambiol memejamkan mata. Cara sederhan aini dapat meredakan rasa nyeri pada hidung akibat tekanan sinus, Membantu mengencerkan dan mengeluarkan ingus yang kental relatif cepat. Cara ini aman diberikan pada bayi yang sedang mengalami pilek.

  • Cara Tradisional
  1. Akar gingseng

Rebusan akar gingseng sangat baik untuk peningkatan daya tahan tubuh, Menyembuhakan pilek, Meredakan rasa nyeri akibat adanya peradangan didalam saluran hidung dan mempercepat keluarnya ingus kental yang telah berwarna keruh. Air rebusan gingseng dapat diberikan pada anak anak, Dewasa dan orangtua 2 kali sehari secara rutin. Minumlah air rebusan gingseng tanpa menambahkan bahan lain seperti gula, Madu ataupun perasan air jeruk nipis.

  1. Teh herbal

Mengkonsumsi teh herbal yang mengandung bahan tradisional manjur untuk mengatasi hidung berair, Mengencerkan dan mengeluarkan debit ingus dari saluran hidung lebih cepat dan mengatasi peradangan akibat serangahn bakteri.

  1. Lempuyang wangi

Cara menghilangkan ingus yang kental dapat menggunakan Lempuyang wangi. Ambillah Satu jari lempuyang wangi , Beberapa potong pepaya matang, Satu jari kulit kina.Haluskan semua bahan alami tersebut dengan air matang dan tambahkan madu serta air jeruk nipis secukupnya dan aduklah perlahan sampai merata. Minumlah ramuan lezat ini 3 kali seharin secara teratur.

  1. Kencur dan kelapa

Kencur merupakan salah satu bumbu masakan yang dapat dijadikan obat manjur untuk cara menghilangkana ingus yang kental dan mengatasi masalah sinus. Dua buah kencur dan ¼ butir daging kelapa yang muda dapat diparut da tambahkan air matang secukupnya untuk kemudian diperas sarinya. Minumlah ramuan unik ini satu kali sehari secara rutin. Aman diberikan pada anak anak, Dewasa dan orangtua,

  1. Jahe dan kunyit

Jahe dan kunyit adalah bumbu masakan yang sudah terbukti selama ratusan tahun sebagai obat tradisional yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk mampu menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan kelainan sinus.
Jahe dan kunyit dapat diparut dan masukkan kedalam satu gelas air matang yang masih hangat. Aduk sampai merata lalu saringlah untuk kemudian diminum 2 kalio sehari sevara rutin. Ramuan ini dapat diberikan pada anak anak dengan menambahkan madu atau gula aren dan air jeruk nipis secukupnya.

  1. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih merupakan tumbuhan herbal yang dipercaya mampu mengatsi masuk angin, Meningkatkan daya tahan tubuh dan melegakan pernafasan akibat serangan bakteri yang bercampur dengan ingus. Cara menghilangkan ingus yang kental dapat menggunakan minyak kayu putih sebagai bahan dasarnya. Campurkan minyak kayuputih dengan air kapur sirih dan perasan jeruk nipis. Aduklah sampai merata lalu gunakan sebagai obat gosok untuk bagian dada, Punggung, Leher dan bagian bahu.Oleskan 2 kali sehari pada pagi dan malam hari menjelang tidur malam.

  1. Ramuan herbal Elderberry

Ramuan herbal yang dibyuat dari bahan bahan herbal bermutu tinggi diantaranya elderberry yang digabungkan dengan Eukaliptis, Licorice dapat menyembuhkan hidung tersumbat, Penyakit pilek, Mengencerkan ingus agar mudah dikeluarkan. Ramuan herbal elderberry dapat mudah didapat ditoko obat dan apotiok setempat.

  1. Suplemen herbal Echinacea

Suplemen herbal echinacea dapat diperoleh diberbagai toko obat dan bisa diberikan pada anak anak, Dewasa dan orangtua. Suplemen ini diformulasikan khusus untuk hidung berair, Hidung tersumbat karena pilek dan membersihkan saluran hidung dari penumpukan ingus yang kental. Mengkonsumsi suplemen herbal adalah langkah yang baik sebagai cara menghilangkan ingus yang kental pada anak anak.

IndoPrimbon