Cara Mengetahui Posisi Janin

Cara Mengetahui Posisi Janin

pastikan lingkungan yang anda tinggal bersih dan aman dari penyakit apapun, penggunaan softlens yang aman, penyebab bayi susah buang air besar, penyebab kerusakan hati, penyebab maag, pertolongan pertama saat keracunan makanan, resep – resep minuman untuk perokok aktif, resep masker, resep masker gampang, step 1 ketika keracunan makanan, telat datang bulan, tidak mengkonsumsi sembarangan, tips memutihkan kulit, tips memutihkan kulit ketiak secara alami, tips memutihkan selangkangan, tips memutihkankulit ketiak, tips menebalkan bulu mata, tips merawat luka ceasar agar cepat kering , makanan yang menjaga janin agar tetap sehat dan kuat , tips kecantikan meghan markle , jenis – jenis pelembab kulit yang dapat mencerahkan kulit , makanan penunjang nafsu makan saat hamil , alasan mengapa sering digigit nyamuk , jamu untuk sakit batuk , manfaat gula kelapa untuk kesehatan , cara mengatasi sembelit , makanan yang tinggi akan kalsium , makanan yang mengandung kalsium , cara mengatasi bau mulut , minuman yang menyebabkan bau mulut , efek minum air putih terlalu banyak , makanan yang pantang dikonsumsi saat sarapan , jamu alami pengecil perut , obat herbal sakit pinggang , resep jamu penggemuk badan , jambu penambah nafu makan anak dan orang dewasa , ramauan penambah darah , manfaat daun sirih untuk kewanitaan , manfaat daun salam , khasiat daun salam , manfaat cokelat untuk tubuh manusia , manfaat kemangi untuk pria dan wanita , tanda – tanda kehamilan yang harus anda ketahui , resiko terkena kanker kulit , diet tanpa rasa lapar , gejala – gejala keguguran , cara mengetahui posisi janin

Cara Mengetahui Posisi Janin

Janin adalah mamalia yang berkembang setelah fase embrio dan sebelum kelahiran. Dalam bahasa Latin, fetus secara harfiah dapat diartikan “berisi bibit muda, mengandung”. Pada manusia, janin berkembang pada akhir minggu kedelapan kehamilan, sewaktu struktur utama dan sistem organ terbentuk, hingga kelahiran. Janin disebut juga Calon Bayi. Masa kehamilan dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin, adalah kira-kira 280 hari (40 minggu) dan tidak lebih dari 300 hari (43 minggu). Kehamilan dibagi menjadi tiga triwulan, triwulan I dimulai dari konsepsi sampai 12 minggu, triwulan II dari 12 sampai 28 minggu dan triwulan III dari 28 sampai 40 minggu.Kehamilan terhitung dari hari pertama haid terakhir. Pada Minggu ke-12/ Bulan ke-3. Embrio menjadi janin. Denyut jantung terlihat pada USG. Mulai ada gerakan. Sudah ada pusat tulang, kuku, ginjal mulai memproduksi urin. Bagi bumil yang ingin tahu posisi janin anda dimana sekarang , disini kami akan memberikan Tips Bagaimana Cara Mengetahui Posisi Janin , bagi bumil yang penasaran , yuk langsung saja kita ke penjelasan caranya : 

  1. Meraba bayi dengan posisi istirahat atau relaksasi

Meraba bayi merupakan salah satu dari beberapa cara mengetahui posisi kepala janin tanpa usg yang dapat dilakukan secara langsung oleh wanita hamil. Selain meraba bayi ketiga cara lain diantaranya seperti memeriksa perut bayi dengan bidan dan dokter kandungan, mendengarkan detak jantung dari bayi, memperhatikan pergerakan bayi, dan merasakan berbagai macam gejala yang timbul. Meraba bayi untuk mengetahui lokasi bayi atau janin perlu dilakukan dengan benar. Salah satu cara mengetahui posisi janin dengan meraba perut adalah dengan merabanya pada saat tubuh ibu atau wanita hamil diistirahatkan secara menyeluruh. Hal ini dikarenakan respon dari janin di dalam kandungan yang merasakan jika ibu hamil melakukan banyak aktivitas maka seolah olah ia sedang diayun ayunkan. Oleh karena itu, untuk meraba perut bayi guna menentukan posisi dari bayi tersebut dapat dilakukan dengan sportif dan benar.

Cara mengetahui posisi janin dengan meraba perut salanjutnya adalah dengan memberikan tekanan pada posisi perut tertentu secara perlahan dan tidak menimbulkan kondisi berbahaya bagi kehamilan ibu. Tekanan dapat diberikan dengan lembut serta konsisiten di bagian perut ibu hamil. Adanya tekanan pada perut yang diberikan pada bagian tersebut berpeluang untuk direspon oleh bayi dan menyebabkannya bergerak. Bergeraknya bayi tersebut dapat menjadi tanda atau ciri ciri bayi sehat dalam kandungan. Selain meraba dengan tekanan, jika cara tersebut tidak membuahkan hasil maka tekanan yang diberikan dapat diganti dengan menepuk nepuk pada bagian terrsebut.

  • Meraba sambil mengajak janin berinteraksi

Pada usia kehamilan dimana bayi mulai dapat bergerak biasanya juga dalam perkambangan janin tersebut akan memberikan respon ketika diajak berinteraksi dengan ibunya. Salah satu cara lain untuk dapat menentukan atau mengetahui letak janin di dalam kandungan melalui rabaan adalah dengan meraba bagian perut sambil mengajak janin berinteraksi dalam suasana yang relaks atau santai. Bentuk komunikasi dapat dilakukan dengan mengajaknya berbicara, mendengarkan musik, serta mendengarkan bahkan membacakan Al-Quran untuk kaum muslimin.

Penggunaan teknik leopold meskipun dapat dilakukan hanya dengan meraba dan memberikan perlakuan khusus pada perut ibu hamil namun biasanya membutuhkan pengalaman serta pengetahuan yang kuat terhadap teknik tersebut. Penggunaan teknik lepold lebih banyak diterakkan oleh bidan dibandingkan dengan dokter spesialis kandungan karena dokter sekarang lebih banyak mengandalkan USG (Ultrasonografi) yang mudah, simple, serta tidak membutuhkan banyak waktu. Teknik atau metode leopold ini tersusu dalam beberapa cara atau langkah tergantung dari manfaat yang akan diperoleh.

  • Cara pertama dengan meletakkan kedua telapak tangan pada bagian atas perut untuk melihat bagian tubuh mana yang berada disana.
  • Cara kedua dengan meletakkan kedua telapak tangan pada bagian sisi samping perut ibu hamil.
  • Cara ketiga dilakukan dengan tangan kiri menahan bagian atas rahim dan tangan kanan diletakkan dibagian bawah perut. Cara ketiga ini digunakan untuk mengetahui apakah kepala bayi sudah berada di bagian bawah.
  • Cara keempat dilakukan dengan cara meletakkan kedua telapak tangan pada sisi perut yang berbeda dan bagian ibu jari dipertemukan satu sama lainnnya. Cara ini dilakukan untuk memastikan apakah kepala bayi sudah masuk kedalam panggul.

IndoPrimbon