Cara Mengatasi Vertigo

Cara Mengatasi Vertigo

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Susu Bumil Merek Paling Bagus , Cara Mengatasi Vertigo , Khasiat Petai Untuk Kesehatan , Makanan Penyembuhan Kanker Paru Paru , Cara Menangani DBD Di Rumah

Cara Mengatasi Vertigo

Vertigo  adalah salah satu bentuk sakit kepala di mana penderita mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya (biasanya gerakan berputar atau melayang) yang disebabkan oleh gangguan pada sistem vestibular. Vertigo sering kali dengan gejala mual dan muntah serta ketidakmampuan penderita menjaga keseimbangan badan, yang menyebabkan penderita mengalami kesulitan berdiri atau berjalan.

Vertigo dibagi menjadi tiga tipe. Tipe pertama dikenal dengan objektif di mana penderita merasa benda-benda di sekitarnya bergerak. Tipe ke dua dikenal dengan subjektif di mana penderita merasa mereka bergerak pada saat mereka sedang diam. Tipe ke tiga dikenal dengan pseudovertigo,di mana pasien merasa sensasi gerakan berputar di dalam kepalanya. Nah bagi anda yang ingin tahu bagaimana Cara Mengatasi Vertigo , kami mempunyai solusinya , berikut ini adalah ulasannya :

1. Teh dan Jahe

Jahe menjadi salah satu obat yang sangat ampuh untuk mengatasi kepala sering pusing, vertigo, serta mual dan muntah karena sakit kepala berlebihan. Anda bisa mencoba untuk membuat teh panas dengan gula sedikit kemudian tambahkan beberapa potong jahe mentah yang sudah bersih. Minuman ini akan membuat sakit kepala menjadi berkurang, mengurangi rasa mual dan muntah serta mengatasi masalah tekanan darah.

Jahe juga merupakan rempah yang baik untuk :

  • cara mengobati asam lambung
  • cara menghilangkan amandel
  • makanan sehat untuk paru paru perokok

2. Madu dan Ketumbar

Anda bisa mencoba untuk membuat ramuan madu dan ketumbar dengan cara menyeduh biji ketumbar. Rendam dalam air selama 24 jam kemudian ambil airnya. Anda juga bisa menghangatkan airnya kemudian mencampurnya dengan madu serta minum selagi masih hangat. Bisa juga ditambahkan perasan air jeruk lemon agar minuman terasa lebih segar.

3. Stroberi dan Yogurt

Stroberi dan yogurt bisa menjadi tambahan kebutuhan nutrisi yang sangat baik untuk penderita vertigo. Anda bisa mencoba dengan mengambil beberapa buah stroberi yang masih segar kemudian campur dengan yogurt. Konsumsi campuran yogurt dan stroberi selama dua kali dalam seminggu dan rasakan khasiatnya.

Yogurt ini merupakan makanan sehat untuk :

  • makanan penurun kolesterol
  • cara menghilangkan bau mulut

4. Susu dan Kacang Almond

Kacang almond bisa menjadi obat yang sangat nikmat untuk penderita vertigo. Anda bisa mencoba membuat campuran susu dan kacang almond dengan cara, menggiling kacang almond yang sudah matang. Kemudian campurkan dengan segelas susu hangat. Kacang almond dan susu hangat akan membuat tubuh menjadi lebih segar sehingga bisa meringankan vertigo.

Susu dan kacang almond ini juga bisa dikonsumsi sebagai :

  • makanan yang mengandung kalium
  • makanan sehat untuk penderita stroke

5. Jus Lemon

Jus lemon bisa menjadi minuman yang sangat menyegarkan untuk penderita vertigo. Anda bisa mengkonsumsi jus lemon segar dan campurkan taburan lada hitam di atasnya. Aduk minuman ini kemudian minum secara perlahan. Efek jus lemon yang segar dan lada hitam yang menyejukkan akan mengurangi rasa sakit kepala dan mual atau muntah.

Makanan untuk Penderita Vertigo

Selain melakukan beberapa langkah perawatan, ternyata nutrisi makanan tertentu juga bisa membantu mengurangi vertigo. Konsumsi beberapa jenis nutrisi makanan tertentu secara rutin tidak hanya untuk mengurangi vertigo tapi juga membantu menyembuhkan secara perlahan. Berikut ini adalah beberapa asupan nutrisi penting untuk semua penderita vertigo :

  • Konsumsi Vitamin D

Orang-orang yang mengalami kekurangan vitamin D memang bisa mengalami vertigo. Namun untuk mendapatkan vitamin D tambahan maka pemeriksaan untuk mengetahui jumlah kadar vitamin D dalam tubuh harus dilakukan. Perawatan dengan konsumsi makanan yang mengandung vitamin D tidak boleh dilakukan secara langsung dan harus mendapatkan resep atau tindakan awal dari dokter.

  • Sumber Vitamin B6

Vitamin B6 adalah salah satu jenis vitamin yang berfungsi untuk menjaga sistem metabolisme dalam tubuh, membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penderita vertigo yang disebabkan karena efek samping dari konsumsi obat tertentu bisa diatasi dengan sering mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin B, terutama B6. Vitamin B6 akan membantu meringankan vertigo terutama sangat baik untuk mengatasi mual dan muntah. Beberapa jenis makanan yang penting untuk dikonsumsi seperti :

  • buah pisang
  • alpukat
  • bayam
  • brokolis
  • daging merah
  • daging ayam tanpa kulit
  • ikan salmon
  • ikan makarel
  • ikan tuna
  • Sumber Vitamin C

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C sangat baik untuk mengurangi berbagai gejala vertigo seperti mual, muntah, sakit kepala, dan semua gejala yang membuat tubuh menjadi lebih lemah. Penderita vertigo sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa jenis sumber makanan seperti buah yang mengandung vitamin C yakni jeruk, stroberi, semangka, melon, tomat, brokoli, lobak, bayam, kembang kol, dan paprika.

Rempah untuk Vertigo

Ada beberapa jenis rempah-rempah yang sangat baik untuk membantu mengurangi gejala vertigo. Konsumsi beberapa jenis rempah-rempah secara rutin sangat baik untuk membantu penderita vertigo. Berikut ini adalah beberapa jenis rempah yang terbukti sangat baik untuk meringankan mual, pusing, dan muntah pada vertigo :

  • Ginko Biloba

Beberapa jenis suplemen yang mengandung ginko biloba sangat baik untuk mengurangi gejala vertigo. Ini adalah sebuah tanaman yang sangat penting untuk menyembuhkan beberapa keluhan sakit kepala termasuk seperti sakit kepala karena vertigo. Ginko biloba bisa membantu mengatasi vertigo dengan cara meningkatkan aliran darah ke bagian telinga dan otak serta mendukung produksi sel darah merah. Ginko biloba juga merupakan suplemen yang bisa digunakan untuk cara menjaga kesehatan mata.

  • Cabai Rawit

Cabai rawit merupakan salah satu bahan makanan yang penting untuk meningkatkan aliran darah ke semua bagian tubuh termasuk ke bagian otak. Seringkali penderita vertigo merasa pusing karena suplai darah ke otak terhambat oleh beberapa hal. Konsumsi cabai rawit yang masuk dalam sayuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan tapi jangan terlalu banyak untuk menghindari gangguan pencernaan.

  • Jahe

Jahe sudah lama digunakan sebagai bahan aktif untuk mengurangi rasa mual, muntah, sakit perut dan sakit kepala. Jahe mengandung beberapa senyawa aktif seperti fenol, gingerol, dan shogaol yang bisa meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Bahkan jahe secara efektif bisa meningkatkan aliran darah dari bagian otak ke telinga atau sebaliknya. Konsumsi jahe bisa dilakukan bersama dengan minuman lain seperti susu atau teh.

Jadi, jika bosan dan jenuh dengan serangan vertigo yang selalu muncul setiap saat maka bisa mencoba beberapa cara diatas. Hal paling penting yang perlu diperhatikan adalah ketahui semua penyebab vertigo, setelah itu bisa dimulai dengan merubah gaya hidup dan memilih beberapa bahan alami yang sesuai untuk keluhan vertigo.

IndoPrimbon