Cara Mengatasi Kram Seluruh Badan

Cara Mengatasi Kram Seluruh Badan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Cara Merawat Rambut Rusak Dan Kering , Manfaat Tape Singkong Bagi Kesehatan , Sembelit , Efek Kekurangan Kalium , Buah Pembunuh Sel Kanker , Efek Samping Susu Kedelai , Tips Kecantikan Bintang Hollywood , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Jenis – Jenis Penyakit Jantung , Bahaya Alkohol , Akibat Jarang Mandi Pagi dan Sore , Cara Mengatasi Kram Seluruh Badan

Cara Mengatasi Kram Seluruh Badan

Kram adalah pengerutan pada otot, yang muncul secara tiba-tiba dan menyebabkan nyeri. Kram bisa sembuh dengan sendirinya selama beberapa detik, menit, atau jam, tergantung dari kontraksi tersebut, dan kram dapat terjadi pada otot rangka atau otot polos. Nah berikut ini kami akan memberikan anda Cara Mengatasi Kram Seluruh Badan :

  1. Hentikan Aktivitas

Jika anda sedang melakukan aktivitas tertentu seperti berolahraga dan secara tiba tiba kram atau kaki mati rasa di seluruh tubuh terjadi, maka segera hentikan kegiatan tersebut. Jika aktivitas tetap dilakukan, maka bisa menambah tekanan di tubuh dan nyeri dari kram akan semakin terasa sehingga semakin sulit untuk dihilangkan.

  1. Regangkan Otot

Penyebab sering kram otot yang terjadi secara tiba tiba bisa terjadi karena kontraksi berulang sehingga kejang terjadi. Untuk menghentikan kram dengan cepat, anda bisa melakukan peregangan otot pada area yang terkena. Peregangan otot ini bisa mencegah posisi kram atau area yang mengalami kontraksi tidak terjadi terus menerus. Untuk melakukan peregangan, pertahankan posisi tersebut selama 1 menit sampai kram mereda dan kontraksi berulang bisa terhenti.

  1. Gunakan Beban

Menggunakan beban pada area tubuh yang mengalami kram juga menjadi cara baik untuk meregangkan otot, tendon dan juga ligamen yang menjadi penyebab betis kram dan beberapa area tubuh lainnya. Saat kram terjadi, segera ubah posisi tubuh anda agar bertumpu pada bagian tubuh yang sedang mengalami kram tersebut.

  1. Berjalan Berkeliling

Saat kram yang terjadi sudah berkurang rasa sakitnya, maka segera berjalan berkeliling yang berguna untuk mencegah kram terjadi kembali pada area yang sama sebab beberapa otot yang terkena kram tersebut kemungkinan masih tetap terasa sakit dan belum rileks secara sempurna.

  1. Lakukan Pijatan

Selain melakukan peregangan tubuh, penyebab kram pada kaki dan bagian tubuh lain juga bisa diatasi dengan teknik pijatan. Pijat area tubuh yang mengalami kram secara lembut dan cari bagian otot yang mengeras karena kram kemudian gunakan ibu jari anda untuk memijat area tersebut dengan perlahan. Awali pijatan pada area sekeliling area kram baru menuju area pusat kram tersebut terjadi dan lakukan teknik pemijatan ini selama 2 hingga 3 menit hingga rasa sakit yang dirasakan bisa hilang.

  1. Pakai Suhu Panas

Otot yang sedang kram di seluruh badan juga bisa diatasi dengan menggunakan suhu tinggi untuk mengurangi ketegangan yang terjadi. Anda bisa menggunakan bantalan pemanas atau kompres panas untuk meredakan area tubuh yang sedang mengalami kram. Sesudah kram mereda, lanjutkan dengan kompres es untuk meredakan dan memulihkan kram secara sempurna.

  1. Pakai Es Batu

Selain melakukan kompres panas, obat kram kaki bisa memakai es batu yang juga bisa digunakan untuk mengatasi kram yang terjadi pada tubuh. Kompres es yang dilakukan secara teratur cukup efektif untuk memulihkan area tubuh yang kram karena penggunaan terlalu berlebihan atau cedera. Hindari menempelkan es secara langsung pada kulit namun lapisi dengan handuk tipis yang ditempel pada kulit sekitar 16 hingga 20 menit dan lakukan selama beberapa kali hingga kram bisa disembuhkan.

  1. Tingkatkan Kebugaran Tubuh

Untuk mengatais kram pada tubuh, maka olahraga rutin sangat penting untuk dilakukan untuk menjaga kondisi otot agar tetap terjaga dengan baik. Salah satu olahraga terbaik yang bisa anda lakukan adalah meningkatkan intensitas aerobik secara bertahap yang baik untuk mengkondisikan tendon, otot dan juga ligamen sehingga kram juga bisa dkurangi.

  1. Hindari Dehidrasi

Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik juga menjadi cara untuk mengatasi kram pada tubuh. Cara mencegah dehidrasi dengan cara:

  • Minum air putih cukup tidak hanya penting dilakukan sesudah berolahraga, namun juga penting dilakukan sepanjang hari untuk mencukupi asupan harian dalam tubuh.
  • Selain itu, tambahkan juga minuman elektrolit untuk menyeimbangkan kadar elektrolit dalam tubuh agar kram bisa dicegah dan bisa diatasi dengan baik.

  1. Lakukan Diet Seimbang

Diet seimbang sangat penting dilakukan untuk mencegah dan menyembuhkan kram yang sedang anda alami. Nutrisi akan memastikan otot dan tubuh agar selalu bisa berfungsi secara baik sekaligus mengurangi berbagai masalah tubuh seperti salah satunya kram.

  • Cukupi asupan kalsium
  • Tambahkan asupan potasium
  • Memberi tubuh asupan magnesium

Ketiganya adalah jenis mineral penting untuk otot yang bisa anda peroleh dari susu, sayuran segar dan juga aneka jenis kacang-kacangan.

Cara mengatasi kram seluruh badan bisa dilakukan dengan beberapa teknik peregangan dan juga mencukupi asupan nutrisi khususnya untuk otot seperti mineral sehingga masalah kram ini bisa diatasi dengan baik dan cepat.

IndoPrimbon