Cara Mengatasi Ketombe Yang Berlebihan

Cara Mengatasi Ketombe Yang Berlebihan

Cara memutihkan kulit , kecantikan , cara menghilangkan flek , cara menghilangkan jerawat , Cara Memutihkan Wajah Secara Alami , Leher Semakin Mulus dan Cerah Dengan Alami , Kebiasaan Yang Dapat Merusak Rambut , Cara Mengatasi Ketombe Yang Berlebihan

Cara Mengatasi Ketombe Yang Berlebihan

Ketombe (juga disebut sindap dan kelemumur; dengan nama ilmiah Pityriasis capitis) adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit. Namun, ada orang yang mengalami secara terus menerus (kronis ataupun sekali-sekali, pengelupasan dalam jumlah yang besar yang diikuti dengan pemerahan dan iritasi. Kebanyakan kasus ketombe dapat disembuhkan dengan sampo khusus atau pengobatan bebas.

Ketombe yang tampak dengan jelas di baju berwarna hitam pada seorang wanita.

Ketombe dapat juga merupakan gejala seborrhoeic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur atau kutu rambut. Bila mengalami ketombe, menggaruk kepala secara berlebihan harus dihindari. Menggaruk bagian tersebut dapat menyebabkan kerusakan kulit, yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko infeksi, terutama sekali dari bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus. Walaupun infeksi bakteri ini merupakan risiko terbesar dari ketombe, kebanyakan orang akan menemukan bahwa ketombe dapat menyebabkan isu sosial hilangnya kepercayaan diri bagi penderitanya. Oleh karenanya, pengobatan segera menjadi sangat penting untuk murni alasan sosial. Berikut ini kami akan memberikan anda Cara Mengatasi Ketombe Yang Berlebihan :

  • Garam

Cara menghilangkan ketombe yang pertama dengan menggunakan garam, bila tadi kita sudah membahas tentang baking powder, garam juga bisa untuk mengatasi masalah ketombe juga. Garam yang sangat banyak manfaatnya ini, juga punya kandungan yang efektif untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala anda. Nah, berikut cara mengatasi ketombe dengan menggunakan garam:

1. Bilas semua rambut anda dengan menggunakan air dingin.

2. Berikan garam pada rambut yang basah dan yang sering sekali mengalami masalah ketombe pada kulit kepala anda.

3. Diamkan selama 15 menit, agar penyerapan garam bisa masuk pada kulit kepala anda secara merata dan semua ketombe bisa hilang.

4. Lalu bilas rambut dengan menggunakan shampo, supaya sisa garam pada rambut anda hilang dan rambut anda tidak akan mengalami lepek.

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang mempunyai kandungan air yang sangat asam ini, juga banyak mengandung manfaat juga loh bagi kulit kepala . Salah satunya jeruk nipis ini mampu menghilangkan akibat lebihnya ketombe, berikut cara pengolahan jeruk nipis untuk mengatasi masalah ketombe:

1. Siapkan satu sampai dua buah jeruk nipis yang sudah anda potong-potong menjadi kecil agar lebih mudah diperas.

2. Ambil air jeruk nipis, lalu oleskan pada rambut anda yang mengalami masalah ketombe sambil dipijat-pijat kepala anda.

3. Diamkan kira-kira sampai 10 menit lamanya, supaya kandungan air jeruk nipis lebih terserap pada kulit kepala anda.

4. Setelah didiamkan selama 10 menit, bilas rambut anda dengan menggunakan shampo dengan bersih.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya sering kali dikenal dapat mengatasi masalah rambut yang mengalami kerontokan. Selain mengalami rambut yang rontok, ternyata lidah buaya ini juga mampu menghilangkan ketombe pada kulit kepala anda juga loh. Berikut cara penggunaan lidah budaya untuk kulit kepala agar tidak mengalami ketombe lagi:

1. Siapkan satu batang lidah buaya yang sudah kita potong-potong.

2. Kupas kulit lidah buaya, hanya jel lidah buaya yang diambil untuk diberikan pada kulit kepala anda.

3. Oleskan pada kulit kepala anda, lalu kira-kira diamkan selam 15 menit agar lidah buaya lebih terserap pada kulit kepala anda.

4. Setelah menyerap pada kulit kepala anda, lalukan bilasan pada rambut anda dengan menggunakan shampo dan anda bisa lihat hasilnya dengan perbedaan yang tadi.

  • Daun Neem

Daun neem juga mempunyai banyak khasiat untuk kita, salah satu contohnya adalah daun neem bisa menghilangkan ketombe yang banyak pada kulit kepala anda. Ketombe yang muncul secara berlebihan bisa diatasi dengan melakukan cara yang mudah dengan daun neem ini sebagai berikut:

1. Siapkan beberapa daun neem, lalu ambil ampas-ampas yang ada pada daun neem tersebut.

2. Setelah mengumpulkan ampas daun neem, ini bisa dilakukan dengan ampas daun neem ini bisa anda jadikan shampo untuk rambut anda.

3. Dengan cara mencampurkan ampas daun neem dengan shampo yang sering anda pakai.

4. Akan terlihat sedikit perbedaan dari rambut anda yang sebelumnya, pemakaian yang sering menggunakan ampas daun neem ini akan lebih mengilangkan ketombe.

  • Bawang Merah

Bawang merah adalah salah satu bumbu yang sangat penting untuk masakan. Kandungan yang terdapat pada bawang merah juga sangat sekali banyak mengandung khasiat yang penting. Berikut sedikit cara pengelolahan bawang merah untuk rambut yang mengalami masalah ketombe:

1. Siapkan 5 buah bawang merah, yang sudah bagus dengan kulitnya yang sudah terkelupas dan sudah bersih.

2. Tumbuk bawang merah dengan halus, lalu bisa dicampurkan dengan sedikit madu lalu aduk hingga rata.

3. Oleskan pada rambut yang sering sekali mengalami masalah rambut yang rontok, lalu setelah itu bisa anda diamkan selama beberapa menit.

4. Bilas ampas yang sudah diberikan dengan menggunakan shampo, supaya rambut tidak menjadi kotor dan mengalami kekusutan.

  • Daun Pandan

Daun pandan juga sangat mempunyai khasiat yang sangat penting dan sangat bagus untuk kulit kepala kita. Selain daun pandan yang dikenal sebagai bahan perwarna untuk masakan, sari daun pandan yang banyak sekali mengandung vitamin sebagai pengurangan ketombe pada kulit kepala anda. Berikut cara pengelolahannya:

1. Siapkan beberapa daun pandan, haluskan daun pandan dengan cara melakukannya dengan cara ditumbuk.

2. Peras daun pandan sampai mendapatkan sari pandannya dengan asli dan banyak mengandung banyak sari daun pandan.

3. Setelah mendapatkan sari pandan, berikan sari-sari pandan kepada rambut yang sering terjadi mengalami masalah ketombe pada kulit kepala anda.

4. Diamkan selama 15 menit, setelah itu bisa anda lakukan pembilasan rambut dengan menggunakan shampo dengan rata dan bersih.

  • Biji Fenugreek

Biji fenugreek, mungkin sering kali banyak orang yang masih belum mengetahuinya. Untuk bisa lebih jelas anda bisa mengetahuinya dengan internet. Kandungan biji fenugreek ini sangat berperan baik untuk kulit kepala anda, juga sangat baik untuk menghilangkan ketombe. Berikut cara langkah mengatasi ketombe dengan menggunakan biji fenugreek:

1. Siapkan beberapa biji fenugreek, lalu rendam dengan menggunakan air selama satu hari yang penuh.

2. Jika sudah direndam, tumbuk satu-persatu sampai menjadi halus dan lembut teksturnya.

3. Berikan biji fenugreek yang sudah ditumbuk pada kulit kepala anda, yang mengalami masalah ketombe.

4. Diamkan selama beberapa menit, setelah itu lakukan pembilasaan dengan rambut anda dengan menggunakan shampo agar tidak ada sisa bekas biji fenugreek.

  • Lemon

Lemon yang mempunyai air kandungan yang asam, yang bisa memberikan bau amis pada bahan makanan anda. Ternyata selain itu banyak sekali manfaat yang terkandung pada buah lemon yang bagus untuk kepala kita. Kandungan buah lemon ini sangat bagus dan penting sekali bisa menghilangkan ketombe pada kulit kepala anda loh. Berikut cara langkah mengatasi ketombe dengan lemon:

1. Siapkan satu sampe dua buah lemon yang masih fresh dan utuh, lalu potong-potong lemon menjadi beberapa bagian.

2. Peras buah lemon, lalu saring air lemon apabila maih terdapat sisa-sisa bulir dari buah lemon. Hanya air lemonnya saja yang diambil.

3. Oleskan pada rambut yang mengalami ketombe yang berlebihan pada kulit kepala anda, lalu diamkan kurang lebih sampai 15 menit lamanya.

4. Setelah itu bilas rambut dengan menggunakan shampo, agar rambut tidak terasa lengket dan terlalu jadi lepek nantinya.

  • Mengkudu

Buah mengkudu yang dikenal sebagai buah yang bisa mengobati penyakit darah tinggi ini, juga ternyata memiliki manfaat lainnya. Manfaat lain mengkudu antara lain adalah bisa menghilangkan ketombe yang berlebihan pada rambut anda. Berikut cara mengelolah mengkudu untuk mengobati masalah ketombe pada kulit kepala anda:

1. Siapkan dua buah mengkudu yang sudah dicuci dengan bersih, dan juga yang sudah dipotong-potong menjadi kecil.

2. Lalu haluskan buah mengkudu secara halus, sampai terbentuk menjadi bubur buah mengkudu.

3. Oleskan pada rambut anda yang sering mengalami masalah ketombe pada rambut anda, diamkan selama 30 menit lamanya.

4. Bilas rambut dengan menggunakan shampo dengan bersih, agar rambut tidak akan menjadi lepek dan kusut nantinya.

  • Daun Kangkung

Daun kangkung yang biasa sering diolah sebagai masakan manusia, ternyata dibalik itu daun kangkung juga mempunyai kandungan yang penting pada kepala anda. Kangkung sangat berkhasiat dapat menghilangkan ketombe yang secara berlebihan pada kulit kepala anda. Berikut cara mengelolah kangkung untuk mengatasi ketombe pada rambut anda:

1. Siapkan sekitar dua sampai tiga genggam daun kangkung, lalu cuci bersih daun kangkung setelah itu potong-potong daun kangkung menjadi kecil-kecil bagiannya.

2. Lalu rendam daun kangkung yang sudah diisikan air sampe satu hari, rendam sampai air berubah warna menjadi kebiruan.

3. Ambil air rendaman kangkung, lalu berikan pada kulit kepala anda yang mengalami banyak ketombe diamkan sampe 15 menit lamanya.

4. Setelah itu bilas rambut dengan menggunakan shampo agar rambut tidak lepek dan tidak menjadi bau apek.

  • Baking Powder

Baking powder sering dikenal sebagai tambahan bahan untuk membuat kue, namun baking powder juga sangat bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketombe anda. Berikut cara langkah mengatasi ketombe dengan baking powder:

1. Siapkan baking powder yang masih berlaku kadarluwarsanya, agar baking powder masih bekerja dengan aktif dan bisa berkualitas.

2. Ambil satu sampai dua sendok teh yang sudah ditaruh dipiring ataupun didalam gelas.

3. Campurkan dengan sedikit air, sampai bentuknya agak lebih sedikit mengental. Tidak boleh sampai dibuat dengan encer. Apabila terjadi keenceran sebaiknya dibuat dengan baru lagi.

4. Lalu oleskan pada kulit kepala yang banyak mengalami masalah ketombe yang banyak atau yang juga sering mengalami kelebihan ketombe.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang banyak sekali mengandung banyak manfaat untuk kulit wajah ataupun untuk tubuh. Selain dari itu minyak zaitun juga mempunyai khasiat yang sangat penting untuk kulit kepala juga dengan menghilangkan terjadinya banyak masalah rambut ketombe. Berikut langkah-langkahnya dibawah berikut ini:

1. Siapkan satu botol kecil minyak zaitun yang masih dengan kemasan yang baru dan masih terjamin kualitasnya.

2. Oleskan minyak zaitun ke kulit kepala anda yang selalu mengalami masalah ketombe yang banyak atau sering kali mengalami ketombe yang parah

3. Diamkan selama 30 menit lamanya, supaya ketombe lebih cepat hilang dan lebih mudah pergi yang terletak pada kulit kepala anda.

4. Bilas rambut dengan menggunakan air hangat dengan menggunakan shampo, lakukan pembersihan rambut secara rata agar rambut tidak lepek.

  • Cuka Putih

Cuka putih pastinya sudah sering kali banyak dikenal oleh masyarakat, cuka juga sama dengan jeruk nipis yang mempunyai kandungan yang asam. Selain itu cuka juga memberikan kelengkapan dalam berbagai macam makanan. Cuka juga bisa menghilangkan adanya ketombe pada kulit kepala kita sebagai berikut:

1. Siapkan cuka putih dengan mengambil cuka sekitar 3 sdt, lalu campurkan dengan 1 sdt air putih setelah itu aduk sampai menjadi rata.

2. Usapkan cuka yang sudah dicampurkan pada kulit kepala anda secara rata yang sedang mengalami masalah ketombe yang sangat berat.

3. Lalu diamkan rambut anda selama 10 menit, lalu bilas dengan menggunakan shampo atau juga bisa dengan air hangat.

4. Lakukan penggunaan ini setiap hari, agar ketombe lebih cepat terhenti dengan pertumbuhannya dikulit kepala anda.

Mengilangkan Ketombe dengan Bahan Kimia

Apabila anda lebih tidak suka ribet dan malas untuk melakukan cara tips dan trik menggunakan cara dengan bahan yang ada tersedia dirumah. Ada juga bisa dengan cara menggunakan bahan-bahan kimia yang juga cepat dan mudah menggunakannya. Berikut bahan kimia yang dapat menghilangkan ketombe:

  • Shampo Anti Ketombe

Jika anda masih terus mengalami masalah banyak rambut ketombe, anda bisa menganti shampo anda yang sekarang menjadi shampo yang bisa menghilangkan ketombe. Banyak yang sudah terbukti model-model shampo yang terkenal yang bisa mengatasi ketombe sangat laku dipasaran dan sangat banyak orang yang memakainya.

  • Vitamin Rambut

Gunakan vitamin rambut pada rambut anda, sekarang banyak model vitamin rambut yang dapat menjaga kulit kepala anda. Ini akan bisa merawat kulit kepala anda lebih sehat dan lebih terjaga dari sebelumnya. Penggunaan vitamin rambut, juga sangat bagus bagi rambut anda agar tidak terjadi mengalami kerontokan pada rambut anda.

  • Hair Tonic

Hair tonic juga sangat mampu mencengah ketombe pada rambut anda, sekarang juga banyak macam model hair tonic yang sudah terbukti dapat menghilangkan masalah ketombe. Hair tonic mampu merawat rambut anda tetap sehat dan tetap terawat kuat jadinya.

IndoPrimbon